Contoh Media Pembelajaran Fisika SMA Lengkap - Info Guru Indonesia

Contoh Media Pembelajaran Fisika SMA Lengkap

Ads By Google

Ads By Google

Media pembelajaran secara umum merupakan alat di dalam membantu proses belajar mengajar. Apapun dan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar, itulah yang dinamakan media pembelajaran. Adapaun batasan-batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran ataupun pelatihan.

Dalam artikel ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya tentang media pembelajaran fisika SMA, namun sebelum itu kami akan memberikan beberapa ulasan terlebih dahulu yakni tentang posisi media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan salah satu proses dari komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka dari itu media pembelajaran juga menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen dari sistem pembelajaran itu sendiri.

Coba kita bayangkan, jika tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan pernah bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran fisika adalah apapun dan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pembelajar dalam mata pelajaran fisika sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Adapun media pembelajaran terbagi menjadi tiga yaitu:

  1. Media auditif yaitu media yang mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio, kaset rekorder.
  2. Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan karena hanya menampilkan gambar diam seperti film bingkai, foto, gambar, atau lukisan.
  3. Media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik.

Misalnya dalam pembelajaran fisika menggunakan audiovisual, seperti halnya menggunakan power point. Berarti bisa dikatakan power point akan digunakan dalam pembelajaran ini. Media Power Point kini telah banyak digunakan di dalam proses pengajaran di sekolah terutama di dalam perkuliahan. Saat ini banyak universitas yang memberikan fasilitas pengajaran menggunakan media Power Point untuk memudahkan para pengajar menyampaikan materi yang akan disampaikan sehingga pengajaran tidak terasa membosankan.

Media pembelajaran menggunakan power point ini menarik untuk bahan penyampaian materi dalam kegiatan belajar mengajar sehingga mempermudah dalam pengajaran bahasa. Power point membuat lebih mudah memahami pelajaran dan sisanya lagi menyatakan kalau power point membuat lebih susah memahami pelajaran, biasanya dapat disebabkan oleh faktor: materi yang disajikan kurang mendetail, slide yang ditayangkan terlalu cepat pergantiaannya, dan slide yang ditayangkan tidak menarik atau kurang inovatif.





















Demikian informasi tentang media pembelajaran fisika SMA yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya.

Ads By Google

Postingan terkait:

Powered by Blogger.