Contoh Media Pembelajaran Sejarah SMA/SMK kelas 10, 11, 12

Media Pembelajaran Sejarah SMA - Media pembelajaran secara umum merupakan alat di dalam membantu proses belajar mengajar. Apapun dan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar, itulah yang dinamakan media pembelajaran. Adapaun batasan-batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran ataupun pelatihan.

Dalam artikel ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya tentang media pembelajaran sejarah SMA, namun sebelum itu kami akan memberikan beberapa ulasan terlebih dahulu yakni tentang posisi media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan salah satu proses dari komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka dari itu media pembelajaran juga menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen dari sistem pembelajaran itu sendiri.

Coba kita bayangkan, jika tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan pernah bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Di era modern ini, dengan menggunakan teknologi sebagai media dalam pendidikan, kegiatan pembelajaran di kelas tampak lebih menarik dan interaktif serta tanpa memberikan kesan membosankan.

Contohnya dalam hal ini adalah dengan menggunakan media Proyektor (menggunakan Slide Powerpoint) yang didalamnya terdapat macam-macam efek animatif yang bisa dipakai dalam pembelajaran agar isi materi lebih menarik dan memudahkan siswa.

Dalam aspek media pembelajaran sejarah, salah satu media yang sering digunakan di dalam pembelajarannya adalah media peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah adalah peninggalan berupa benda-benda yang mempunnyai nilai sejarah dan masih ada hingga kini. Berdasarkan pengertian tersebut peninggalan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Benda tersebut berasal dari masa lampau.
  2. Bernilai sejarah artinya benda tersebut terkait dengan peristiwa masa lalu
  3. Benda tersebut masih ada wujudnya hingga kini,baik dalam keadaan utuh maupun sudah rusak.

Banyak sekali bentuk - bentuk peninggalan sejarah, sehingga kerapn pula dugunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Salah satunya adalah dalam bentuk tulisan, misalnya prasasti. Prasasti adalah peninggalan sejarah yang berupa tulisan atau gambar pada batu. Sehingga prasasti disebut juga batu tulis. Prasasti berisi tentang suatu peristiwa penting yang dialami oleh suatu kerajaan atau seorang raja.

Kemudian ada juga naskah kuno, naskah kuno merupakan dokumen-dokumen penting yang berisi informasi di jaman dulu. Naskah kuno juga dapat berupa karya sastra seperti syair, hikayat, legenda dan kitab-kitab. Contoh naskah kuno adalah Kitab Sutasoma dan Negara-kertagama dari Kerajaan Majapahit dan Kitab Tajussalatina dari kerajaan Melayu.







Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya tentang media pembelajaran sejarah SMA, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel