Media Pembelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK - Info Guru Indonesia

Media Pembelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK

Ads By Google

Ads By Google

Belajar dan mengajar bahasa inggris bukanlah hal yangb mudah, ia butuh keasabaran dan keluesan serta membutuhkan energi, waktu, kreativitas dan kompetensi. Adapun keberhasilan pengajaran dan pembelajaran keterampilan bahasa asing ataupun bahasa inggris termasuk Inggris ditentukan oleh steak holdernya, yakni siswa, guru, metode, materi dan media atau alat bantu yang digunakan.

Dalam artikel ini kami akan menginformasikan kepada Andas semuanya tentang media pembelajaran bahasa inggris sma/smk, media pembelajaran bahasa Inggris ini sangat penting sekali untuk membantu siswa memperoleh konsep baru, keterampilan dan kompetensi bahasa. Terdapat banyak jenis media yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar ini, Akan tetapi guru juga harus selektif saat memilih media pembelajarann yang cocok digunakannya. Demikian ulasan detail tentang media pembelajaran bahasa inggris yang seringkali digunakan:

1. White Board (papan tulis putih).

Sebuah papan tulis memiliki permukaan putih mulus mengkilap, yang dapat ditulis: dengan pena atau spidol khusus yang berwarna warni dan mudah dihapus. Anda akan memerlukan pena dan papan tulis tebal khusus yang memiliki tinta yang bisa dihapus. Spons atau penghapus untuk membersihkan papan. Whiteboard dapat digunakan dalam cara yang sama seperti papan tulis untuk menulis atau menggambar. Pada awalnya mungkin akan mendapatkan kesulitan menjaga menulis horisontal, dan juga ukuran yang sama dan gaya, sehingga Anda akan perlu berlatih.

2. Poster.

Poster merupakan sebuah perangkat pembeljaran yang bergambar dan dirancang untuk menarik perhatian serta dapat pula digunakan komunikasi cerita, fakta, ide, atau gambar dengan cepat dan jelas.

3. Flashcard.

Flashcards adalah kartu kecil dengan gambar atau simbol pada mereka digunakan baik dalam mengajar dan dalam pekerjaan pembangunan. Di dalam kelas, flashcards biasanya digunakan untuk mengajar “Vocabulary” atau “Reading”. Misalnya dalam sebuah gambar gajah dapat ditarik atau terjebak pada kartu dan kata.

Adapaun cara menggunakan flashcards dalam situasi kelas, seperti belajar membaca menunjukkan gambar dan kata bersama-sama. Biasanya guru meminta siswa untuk melihat gambar dan mengucapkan kata. Kemudian murid melihat kata dan mengatakannya lagi. Setelah menghadirkan sejumlah kata dengan gambar yang siswa sudah tahu, meminta relawan untuk keluar dan mencocokkan gambar dan kata-kata. Ketika siswa telah belajar untuk membaca kata-kata, Anda dapat membagi mereka menjadi tim dan bermain game membaca menggunakan flashcards.

Jika membutuhkan silahkan download media pembelajaran bahasa inggris lewat tombol link dibawah

















Demikianlah ulasan mengenai beberapa media pembelajaran bahasa inggris sma/smk. Masih banyak sekali media yang dapat digunakan dalam pebelajaran Bahasa inggris. Akan tetapi yang jelas kita harus memilih media yang tepat agar dapat memperkuat pemahaman siswa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semuanya.

Ads By Google

Postingan terkait:

Powered by Blogger.