Media Pembelajaran Penjaskes SMA/SMK

Di era modern ini, masih sering timbul keraguan dari berbagai kalangan terhadap pentingnya mata pelajaran Penjaskes terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak didik di SMA, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal tersebut tentu sangat mengusik pikiran kita yang sehari hari bergelut dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Karena mengingat kesehatan merupakan hal yang paling penting.

Namun, tidak jarang pula mata pelajaran ini tidak disukai oleh para siswa, barangkali dalam menyampaikannya kurang menarik. Maka dari itu hari ini guru harus mampu memberikan rangsangan bagi siswa untuk bisa menyukai mata pelajaran ini, salah satunya dengan melalui media pembelajaran.

Dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya tentang media pembelajaran Penjaskes SMA. Karena pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan adalah merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, ketrampilan gerak, ketrampilan berpikir kritis, ketrampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olah raga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Dari pernyataan di atas jelas bahwa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mempunyai peran dan fungsi yang strategis dalam mengembangkan anak didik secara totalitas. Olahraga itu sendiri menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah manusia. Olahraga berfungsi sebagai barometer kemajuan dan alat ukur cita-cita manusia. Olahraga juga memberikan mafaat bagi yang melakukannya.

Dewasa ini di era perkembangan Iptek yang begitu pesatnya, profesionalisme guru tidak cukup hanya dengan kemampuan memberikan pelajaran bagi siswa saja, akan tetapi juga harus mampu mengelola informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa. Konsep lingkungan meliputi tempat belajar, metode, media, sistem penilaian, serta sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mengemas pembelajaran dan mengatur bimbingan belajar sehingga memudahkan siswa belajar.

Oleh karenanya, guru dituntut untuk bisa memberikan hal-hal yang inovatif dalam menyampaikan mata pelajaran Penjaskes ini. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar nanti. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Maka dari itu, juga diperlukannya strategi baru yang lebih kreatif, inovatif sehingga dapat merangsang peserta didik dalam mengembangkan dan mememahami konteks pembelajaranya tersebut. Dalam pemilihan media pembelajarannya pun juga harus selektif khususnya pembelajaran Penjaskes. selanjutnya silahkan ...



Demikian informasi tentang media pembelajaran Penjaskes SMA yang dapat kami samapaikan kepada Anda semuanya, semoga dapat memberikanr referensi yang konkrit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel