Media Pembelajaran PKN Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9 - Info Guru Indonesia

Media Pembelajaran PKN Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9

Ads By Google

Ads By Google

Contoh Media Pembelajaran PKN – pengertian dari media pembelajaran PKn merupakan salah satu media yang sudah terpilih sekaligus sesuai untuk pembelajaran PKn. Selain itu mata pelajaran PKn memang memiliki misi dalam membina nilai, moral, serta norma dengan utuh bulat serta berkesinambungan. Tujuan dalam pembelajaran PKn berguna dalam membentuk sebuah kepribadian warga negara secara baik, yakni yang tahu, ingin dan sadar terhadap hak dan juga kewajibannya sebagai salah satu warga Negara Indonesia.

Sedangkan untuk mencapai sasaran maupun target tersebut, untuk pelaksanaan pembelajaran dibutuhkan penataan alat, bahan, maupun sumber belajar supaya dapat dilihat sekaligus mudah digunakan untuk siswa. Sumber belajar juga bisa berupa media laporan, cetak, model, gambar-gambar, maupun kliping. Selain itu media pembelajaran untuk pembelajaran PKn juga harus mampu menstimulus lahirnya sebuah proses pembelajaran aktif yang juga kreaktif. Sedangkan untuk pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran PKn, terdapat syarat yang harus anda perhatikan dalam memilih Contoh Media Pembelajaran PKN diantaranya :

  • bisa membawakan sesuatu ataupun sejumlah isi pesan tentang harapan.
  • diantaranya memuat nilai dan moral kontras.
  • telah diambil dari dunia yang merupakan kehidupan nyata seseorang.
  • mampu menarik minat maupun perhatian banyak siswa.
  • bisa terjangkau oleh kemampuan dari belajar siswa sendiri.

Sedangkan media-media yang sudah biasa digunakan pada Proses Pembelajaran PKN Dalam merancang media pembelajaran mata pelajaran PKn sangatlah tergantung dengan jenis media yang akan digunakan. Berikut ini akan diulas kembali tentang jenis media yang bisa anda gunakan atau dikembangkan pada pembelajaran PKn, adalah:

  • suatu hal yang memang bersifat visual, misalnya bagan, matriks, gambar, dan juga data.
  • serta hal-hal yang sifatnya materiil, misalnya model-model benda.
  • misalnya gerak, sikap, maupun perilaku, misalnya simulasi, bermain peran, maupun role playing.
  • sebuah cerita, adanya kasus yang mampu mengundang dilema moral seseorang.

Dan berkaitan dengan persoalan diatas, ini membuat pembelajaran PKn bisa menggunakan berbagai jenis sarana media seperti media visual, audio video ataupun media yang berbasis komputer. Tapi dari beberapa pilihan dari media yang diambil haruslah mampu memenuhi ketentuan syarat maupun kerakteristik terhadap pembelajaran PKn sendiri, misalnya saja mampu mengajak para siswa untuk berfikir secara kritis, dan juga peka.

Untuk penerapan sebuah media untuk proses belajar mengajar mata pelajaran PKn yang pastinya haruslah disesuaikan terhadap pokok bahasan yang akan di sampaikan pada siswa. Salah satu contohnya adalah pokok bahasan dari Sumpah Pemuda bisa menggunakan media yang sesuai seperti media video. Karena dalam media video mampu menghadirkan gambaran terkait Tanah air Indonesia ini yang memang terdiri dari ribuan lebih pulau, sekaligus bisa menayangkan sebuah Peta Indonesia. Sebagai salah satu Contoh Media Pembelajaran PKN yang bisa anda gunakan.

gambar media pembelajaran PKN

Selanjutnya silahkan download media pembelajaran PKN melalui link dibawah







Demikianlah semoga bermanfaat bagi guru PKN

Ads By Google

Postingan terkait:

Powered by Blogger.