Login Dapodik Paud Online Semester Genap 2019-2020

Guru-id.com - Aplikasi Dapodik Paud Dikmas versi 2.0 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 telah di rilis, untuk pengerjaan semester ini rekan-rekan operator bisa login menggunakan email dan password yang telah terdaftar. Selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

aplikasi dapodik paud dikmas 2020

pengisian data Dapodik PAUD dan Dikmas dapat dilakukan kembali. Bagi operator PAUD saat ini, penginputan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi/metode Dapodik Online

Bagi satuan pendidikan PAUD yang hendak menggunakan aplikasi Dapodik Online, silahkan mengubah dulu metode sinkronisasinya melalui aplikasi Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas (http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id)

1. untuk login aplikasi dapodik paud dikmas silahkan menuju link berikut : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/account/login

2. login menggunakan username dan password dapodik sekolah anda, jika belum memiliki akun, silahkan klik tombol registrasi, dan di laman selanjutnya masukkan kode registrasi dan NPSN Sekolah anda.

Untuk meningkatkan kualitas serta pengontrolan sistem pendidikan yang ada di Indonesia pemerintah todak hanya memberlakukan sitem Dapodik untuk sekolah tingkat dasar dan menengah. Lebih dari itu pemerintah juga memiliki sistem Dapodik untuk pendidikan dini (Paud). Dapodik sendiri merupakan kepanjangan dari Data Pokok Pendidikan. Sesuai dengan namanya Dapodik Paud merupakan data pokok pendidikan yang ada di tingkat lembaga pendidikan dini (paud). Sama juga dengan Dapodik pada tingakat sekolah dasar dan menengah, Dapodik Paud memiliki aplikasi sendiri. Adapun kegunaan dari aplikasi tersebut adalah untuk pengumpulan, pengolahan dan analisis data dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Data dari lembaga atau satuan Paud baik itu yang terdiri dari TK, TPA, KB, dan SPS yang sudah mempunyai Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).
  2. Data pendidikan serta tenaga kependidikan yang disingkay PTK PAUD yang terdiri dari pendidik, guru, pendamping, pengasuh, pengelola, pengawas TK yang memiliki tugas di lembaga atau satuan PAUD yang sudah memiliki NPSN.
  3. Data dari peserta didik PAUD yang ada di lembaga atau satuan PAUD yang mempunyai NPSN dan selanjutnya akan diberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta data refrensi dalam Dapodik Paud yang terdiri dari:
    - NPSN (Data Nomor Lembaga)
    - NISN (Data Nomor Peserta Didik)
    - NUPTK/ NIPTK (Data Nomor Pendidik)
    - Data Kode Wilayah
    - Data Refrensi yang terkait dengan lembaga, peserta didik dan pendidik.

Adapun sistem dari Dapodik Paud DIKMAS adalah untuk memberikan harapan baru atas kualitas data pendidikan yang lebih baik efesien dan cepat. Adapun selogan yang di gunakan adalah ‘satu nusa satu bangsa, dan satu data’ menjadi daya penyemangat tersendiri untuk mewujudkan kebijakkan yang saling bersinergi serta terpadu antara unit yang satu dengan unit yang lain sehingga pada akhirnya akan terbentuk efesiensi dalam terbentuknya Dapodik Paud yang baik dan terintegritas.

Adapun dalam pengoprasianya di butuhkan seorang operator yang khusus meng- imput data ke aplikasi Dapodik Paud. Adapun rekomendasi operator dalam memasukkan data paud ke aplikasi yang ada adalah:

Demikianlah ulasan tentang aplikasi Dapodik Paud dikmas versi baru 2020. Semoga bermanfaat buat anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel