Juknis Penulisan Ijazah Madrasah 2021 & Contoh Blangko

Sobat edukasi, Kita semua tahu bahwa Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN) merupakan salah satu dokumen negara yang diperoleh peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu, oleh karena itu kebenaran data dan informasi yang tercantum di dalamnya mutlak diperlukan

Selain itu, dalam rangka meningkatkan ketepatan, kebenaran dalam penulisan dan pengisian blanko Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN), perlu mengatur petunjuk teknis penulisan dan pengisian blanko Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN)

Untuk itulah melalui tulisan ini Kami bagikan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1835 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penulisan Dan Pengisian Blanko Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (Mi), Madrasah Tsanawiyah (Mts), Madrasah Aliyah (Ma) Dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (Shuambn) Madrasah Tsanawiyah (Mts), Madrasah Aliyah (Ma) Tahun Pelajaran 2020/2021

Petunjuk Khusus Penulisan dan Pengisian Ijazah Halaman Depan 1. Pengisian Nomor, diisi berturut-turut dengan kode jenjang satuan pendidikan, nomor urut madrasah penyelenggara, kode Provinsi dan Kabupaten/Kota, klasifikasi surat Kemenag, nomor urut Ijazah yang diterbitkan oleh madrasah penyelenggara, tahun diterbitkan ijazah.

Contoh :
MI.08 /01.12/PP.01.1/001/2016
Untuk MI di Kota Banda Aceh Provinsi Aceh
MTs.05/02.19/PP.01.1/001/2016
Untuk MTs di Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara
MA. 02/11.02/PP.01.1/001/2016
Untuk MA di Kota Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta
Penjelasan:

1) MI, MTs, MA : menunjukkan kode jenjang satuan pendidikan
2) Nomor setelah kode jenjang pendidikan (contoh 08, 05, 02) menunjukkan nomor urut madrasah Penyelenggara Ujian yang ditetapkan melalui surat keputusan Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota dan/atau surat keputusan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.
3) Empat digit yang dipisahkan oleh tanda titik setelah garis miring yang pertama, menunjukkan kode provinsi (contoh 01 = Provinsi Aceh) dan kabupaten/kota (contoh 12 = Kota Banda Aceh).
4) Kode setelah garis miring kedua (PP.01.1) menunjukkan Klasifikasi Surat Kementerian Agama. (ditulis mengikuti contoh)
5) Tiga digit setelah garis miring yang ketiga, menunjukkan nomor urut Ijazah yang diterbitkan oleh madrasah penyelenggara. (contoh : 001) untuk nomor urut Ijazah pertama.
6) Angka 2021 setelah garis miring yang keempat menunjukkan tahun diterbitkan Ijazah.
2. Daftar Kode Provinsi berdasarkan KMA Nomor 8 Tahun 2016, sebagaimana terlampir dalam lampiran.
3. Nama Madrasah ditulis Nama Madrasah yang berhak mengeluarkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur madrasah yang bersangkutan. Contoh : MA Negeri 1 Jakarta (untuk madrasah negeri) MA Nurul Iman Jakarta (untuk madrasah swasta)

Berikut contoh blangko ijazah depan dan belakang MI, MTs, Ma, Terbaru 2021

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh juknisnya DISINI.

Demikianlah tentang petunjuk penulisan ijazah MI, MTs, Ma, Terbaru 2021. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel