rpp kelas 4 ktsp 2006 semester 1 & 2 Lengkap Format doc & PDF Tahun 2018/2019

Update nopember 2017! Perbaikan link download rpp kelas 4 sd kurikulum ktsp semua mata pelajaran terbaru kami tambahkan dokumen pendukung perangkat pembelajaran sd kelas 5 sebagai permohonan maaf kami karena telah mengecewakan pembaca.

Untuk lebih jelasnya berikut contoh rpp sd kelas 4 (empat) ktsp terbaru versi revisi dari BSNP 2017 semester 1 & 2 berkarakter. Silahkan simpan file dibawah ini dengan mengklik teks comot disini!.

gambar download RPP kelas 4 SD KTSP
Mata Pelajaran B. Indonesia
  • SK-KD Bahasa Indonesia SD Kelas 4 ktsp doc [COMOT DISINI]
  • Pemetaan SK-KD B. Indonesia Kelas 4 [Download]
  • Silabus Bahasa Indonesia SD Kelas 4 [Download]
  • RPP Bahasa Indonesia kelas 4 ktsp 2006 doc [COMOT DISINI]

Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Mata Pelajaran IPA

Mata Pelajaran IPS

Mata Pelajaran Matematika
  • SK-KD Matematika SD Kelas 4 [Download]
  • Pemetaan SK-KD Matematika Kelas 4 [Download]
  • Silabus Matematika SD Kelas 4 [Download]
  • rpp matematika semester 1 & 2 kelas 4 ktsp [COMOT DISINI]

Mata Pelajaran PAI

Mata Pelajaran PJOK
Mata Pelajaran PKn

Mata Pelajaran SBK
Mata Pelajaran TIK

RPP Kelas 4 SD Kurikulum KTSP Terbaru 2017 - Pada tahun ajaran baru semester 1 tahun ajaran 2018/2019 para pendidik harus mempersiapkan dokumen perangkat pembelajaran dan salah satunya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). nah Menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di SD (Kemdikbud, 2013: 12) pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau disebut dengan RPP Tematik. Penyusunan RPP Tematik idealnya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) menentukan tema yang akan dikaji bersama siswa; (2) memetakan KD-KD dan indikator yang akan dicapai dalam tema-tema yang telah disepakati; (3) menetapkan jaringan tema; (4) menyusun Silabus Tematik; dan (5) menyusun RPP pembelajaran tematik.

Baca juga: RPP SD Kelas 3 Tematik Kurikulum KTSP Terbaru

Sahabat guru yang berbahagia, pada kurikulum KTSP kita mengenal Kelas rendah yakni untuk kelas 1,2, dan 3 sedangkan kelas tinggi dimulai dari peserta didik kelas 4,5, dan 6. nah akan kita bahas pada posting kali ini adalah RPP kelas 4 SD terbaru 2016. nah sebelumnya kami juga telah berbagi RPP untuk kelas rendah yang bisa anda unduh DISINI. berikutnya inilah salah satu contoh RPP Mata Pelajaran IPA dengan Materi POKOk Rangka dan Panca Indera Manusia.

Contoh RPP Kelas 4 SD Kurikulum KTSP IPA Terbaru 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                           :   4 x 45 menit  (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
            secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
o   Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o   Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o   Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.    Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o   Bagian rangka (hlm.2)
o   Fungsi rangka (hlm.6)

Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.

Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.

Demikian share RPP Kelas 4 SD Kurikulum KTSP terbaru 2016. Kami berharap info ini bisa menjadi referensi dalam penyusunan RPP anda. berikutnya jangan lupa Download RPP Kelas 5 SD Kurikulum KTSP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel