RPP k13 kelas 4 Revisi 2017 Semester 1 & 2 Lengkap Tema 1, 2, 3, 4 & 5

Update Januari 2018! Kami bagikan rpp k13 kelas 4 semester 2 revisi 2017 terintegrasi literasi, PPK dan 4C disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016 telah tersedia di blog guru-id. Semoga bermanfaat.

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan silahakan download rpp kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2 tema 6, 7, 8 dan 9 dengan cara klik SIMPAN RPP DOC.

Apakah bapak ibu guru SD sudah menyiapkan perangkat pembelajaran semester 1 & 2 untuk persiapan di tahun ajaran baru 2018/2019 nanti? sekedar mengingatkan, segala pekerjaan akan cepat selesai bila dikerjakan secepat mungkin. Oleh karena itu, jika bagi bapak ibu guru yang belum punya referensi untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 SD khusus untuk kelas 4 yang telah di revisi tahun 2017, maka kami bagikan melalui posting ini.

Sahabat guru, Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP berisi Nah di tahun 2016 ini ada beberapa perubahan yang terjadi pada kurikulum 2013, nah salah satu yang penting dalam rpp k13 revisi 2017 adalah harus memunculkan 3 poin yakni HOTS, PPK, dan LITERASI.

Baca juga: perubahan Kurikulum 2013 Terbaru

Perlu juga diketahui pada postingan sebelumnya kami telah membagikan rpp Kurtilas REvisi 2017 untuk SD lengkap semester 1 dan 2 semua tema dan sub tema pembelajaran. Menurut kami para guru perlu mengetahui secara jelas apa saja perbedaan RPP kelas 4 SD tahun 2017 dengan 2016 sehingga dapat lebih kreatif lagi menyusun perangkat pembelajaran di tahun ini. Jelasnya dibawah adalah contohnya

gambar rpp kelas 4 k13 revisi 2017 semua tema

DOWNLOAD RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SEMUA TEMA PEMBELAJARAN doc - DOWNLOAD DISINI

Slide diatas merupakan salah satu contoh RPP edisi revisi kurikulum 2013 tahun 2017 SD kelas 4 semester 1 tema Indahnya kebersamaan, Fokus pembelajaran untuk Mapel IPA, Bahasa indonesia dan IPA. RPP diatas dibuat oleh rekan-rekan guru saat pelatihan pembuatan RPP Kurikulum 2013. Yang terpenting Pemetaan KI dan KD sudah direvisi pada bulan maret tahun 2016 seperti penampakkan pada gambar kompetendi dasar, inti, dan indikator disamping.

Jika bapak ibu guru SD berminat untuk menjadikannya referensi dalam membuat RPP kelas 4 SD, silahkan unduh melalui tautan yang kami sematkan dibawah. rpp DALAM BENTUK doc

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :  4 /1
Tema                         :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema                   :  Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :  1
Alokasi waktu         :  1 Hari

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : IPA
Kompetensi Indikator
3.6  Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
3.6.1  Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.

4.6  Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang
sifatsifat bunyi.Indikator:
4.6.1  Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.

Muatan : IPS
Kompetensi Indikator
3.2  Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
3.2.1  Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-
teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia

4.2  Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. 4.2.1  Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi Indikator
3.1  Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1. Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1  Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar
gagasan ke dalam kerangka tulis. 4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.


C. TUJUAN
1. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4. Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5. Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6. Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.


D. MATERI
1. Teks “Keragaman Budaya”
2. Keragaman budaya, etnis, dan agama.
3. Alat musik berbagai daerah.

E. PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pembukaan 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku.
Apa judul buku
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
15 menit
Inti A. Mengamati
1. Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.
2. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya.
3. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia.



B. Membaca
1. Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka,
siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya.
2. Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya.

3. Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.

4. Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
5. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.

6. Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf.
7. Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu.
8. Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.

9. Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.

10. Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua.

11. Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

Tugas Mandiri
Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia.
Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari guru.

Mengisi Diagram
Pastikan siswa memiliki diagram.
Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram.
Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasan pendukung untuk setiap satu gagasan pokok.
Siswa menuliskan setiap satu gagasan di satu kolom di sekitar gagasan utama.
Isi sisi bintang searah jarum jam.

C. Berlatih
1. Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas.

Tugas wawancara
Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi pada tabel yang tersedia. Motivasi siswa untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari teman-teman di kelas.
Guru mengawasi jalannya wawancara dan berjalan berkeliling untuk memastikan dan memotivasi siswa untuk aktif menjalankan tugasnya.
Guru juga memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung.
Kegiatan wawancara ini dapat dilakukan lintas kelas untuk memperkaya informasi yang didapat siswa tentang keragaman budaya dan etnis di antara mereka.
2. Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masingmasing untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.
3. Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang berbeda, dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?
Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!
4. Beberapa siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Siswa kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda
5. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia yang membuat bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki kekayaan budaya, suku, dan agama yang berbeda-beda.
Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
Wujud syukur tersebut dapat dilakukan dalam bentuk sikap saling menghargai antarsuku dan pemeluk agama/kepercayaan yang berbeda.
6. Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri.

7. Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.
8. Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.


D. Mengamati
1. Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.

2. Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?
3. Beberapa siswadiminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
4. Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
Kerja Mandiri
Siswa membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada di buku, kemudian mengisi tabel yang tersedia.

5. Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
6. Setiap siswa diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan sekitarnya. Ingatkan siswa untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda.

7. Siswa diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
8. Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi.
9. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi.

10. Guru memberikan penguatan.


E. Mencoba
1. Siswa dibagi dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 siswa.Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
2. Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.

3. Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
4. Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
5. Siswa menyimpulkan kegiatan belajar. 140 menit



Penutup A. Ayo Renungkan/Refleksi
1. Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
2. Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.


1. Siswa diminta berdiskusi bersama orang tua di rumah untuk berbagi cerita tentang pengalaman menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah.
2. Siswa diminta melaporkan hasil diskusi kepada guru.

B. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
C. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit

G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan menggunakan rubrik.

Pasword rar file rpp adalah "gurusd.net" tanpa tanda petik

  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Indahnya Kebersamaan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Indahnya Kebersamaan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Indahnya Kebersamaan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Indahnya Kebersamaan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Indahnya Kebersamaan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Indahnya Kebersamaan - (COMOT DISINI)

  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Keberagaman Budaya Bangsaku - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Keberagaman Budaya Bangsaku - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Keberagaman Budaya Bangsaku - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Keberagaman Budaya Bangsaku - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Keberagaman Budaya Bangsaku - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Keberagaman Budaya Bangsaku - (COMOT DISINI)

  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Sumber Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Sumber Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Sumber Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Sumber Energi - (COMOT DISINI)

  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Manfaat Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Manfaat Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Manfaat Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Manfaat Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Manfaat Energi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Manfaat Energi - (COMOT DISINI) RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)

  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Hewan dan Tumbuhan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Hewan dan Tumbuhan -(COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Hewan dan Tumbuhan -(COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Hewan dan Tumbuhan -(COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Hewan dan Tumbuhan -(COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Hewan dan Tumbuhan -(COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Keberagaman makhluk hidup - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Keberagaman makhluk hidup - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Keberagaman makhluk hidup - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Keberagaman makhluk hidup - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Keberagaman makhluk hidup - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Keberagaman makhluk hidup - (COMOT DISINI)

  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Ayo Cintai Lingkungan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Ayo Cintai Lingkungan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Ayo Cintai Lingkungan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Ayo Cintai Lingkungan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Ayo Cintai Lingkungan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Ayo Cintai Lingkungan - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 1 Kegiatan Literasi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 2 Kegiatan Literasi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 3 Kegiatan Literasi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 4 Kegiatan Literasi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 5 Kegiatan Literasi - (COMOT DISINI)
  • RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 sub tema 1 Pembelajaran 6 Kegiatan Literasi - (COMOT DISINI)

Untuk lebih lengkapnya silahkan bapak ibu guru Lihat Juga rpp k13 sd edisi revisi 2017 lengkap semua kelas dan tema

Demikianlah tentang contoh RPP kelas 4 Kurikulum 2013 revisi 2017 yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. Akhir kata sekian dan terima kasih. Selanjutnya baca Perangkat Pembelajaran SD Lengkap KTSP Berkarater 2017

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel