Info GTK Penting Untuk Sertifikasi Guru

Info GTK adalah website kemdikbud yang membantu guru melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang telah dikirim melalui aplikasi Dapodik. Nah, Berdasarkan informasi yang kami kutip dari posting fb bapak Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Ditjen Guru dan Tendik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tagor Alamsyah Harahap.

Beliau memposting Info GTK kami tutup karena guru yang mengirim datanya hanya mengandalkan info gtk satu satunya alat untuk melihat status data sehingga peran guru wajib mengontrol datanya ditingkat sekolah tidak dilakukan. merasa data sudah benar padahal salah sehingga jika sktp tidak terbit yang dipersalahkan adalah info gtk tanpa tau sebenarnya data yang dikirim salah. Contoh kemarin ada guru isi nuptk salah sehingga sk tidak terbit karena saat sertifikasi nuptknya bukan itu. Ini sangat jelas tidak akan nyambung. Lalu yang dipersalahkan adalah info ptk karena tidak bisa menampilkan data kelulusannya. Dengan demikian kami minta masing-masing harus memastikan datanya sendiri harus benar sebelum menyalahkan pihak lain. Dan info ptk sebagai alat bantu kami turup dan digantikan dengn proses cek and recek setiap field saat entri dapodik sehingga yang lolos adalah data yang sudah benar. Mohon dinas pendidikannya juga ikut mengingatkan para guru agar mengecek datanya sebelum dikirim.

Cara Cek Info GTK Guru SD, SMP, dan SMA 2016/2017

sumber:
gambar info GTK terbaru dari Kepala Ditjen GTK

Pemahaman Regulasi Data Yang Benar di Info GTK

sahabat GTK, 24 jam yang dientri di dapodik tidak menjamin di info ptk diakui 24 jam. jika rombel guru mengajar ada pada rombel yang total jjm melebihi batas maksimal jjm yg diperbolehkanb ktsp, selain itu apakah mapel yang diajar sesuai dengan sertikasinya, apakah siswanya dirombel kurang dari 20 dan ada kelas paralelnya, apakah jam yang diisi sudah dikunci untuk guru lain, apakah nuptk kelulusannya sama dengan nuptk yang dientri di dapodik, dll. Tanpa info ptk kasus ini bisa dicek didapodik sekolah jika memang aturan main dipahami. Jadi jangan tergantung info ptk tapi mari kita kembali bahwa info ptk dipersalahkan karena faktor ketidaktauan aturan main yang sebenarnya padahal semua ada dalam peraturan.

Kepada semua pendidik dan tenaga pendidik, pesan dari beliau, isi dapodik dengan teliti dan pastikan benar dengan melibatkan guru untuk memastikan kebenaran datanya. Pahami aturan main sehingga bisa memilih ini boleh dan itu tidak boleh dilakukan. Jika itu semua kita pegang maka tidak akan berbenturan dengan aturan yang dipasang di aplikasi dan pasti selaras. Salam hormat untuk semuanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel