Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

Pada posting kali ini blog guru-id.com akan berbagi beberapa tips atau cara belajar efektif, efisien dan menyenangkan yang ditulis berdasarkan pengalaman salah satu rekan kerja saya selama menjadi pengajar di salah satu sekolah kabupaten Muara Enim. Walaupun yang kami sampaikan hanyalah teori, namun kami berharap bisa menjadi referensi yang efektif bagi rekan-rekan pendidik di Indonesia khususnya yang sedang membaca postingan ini.

Sahabat guru yang berbahagia, Pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdapat langkah-langkah pembelajaran. salah satu langkah pembelajaran adalah menuliskan judul materi dan tujuan pembelajaran pada papan tulis. tujuan pembelajaran haruslah selesai dan tercapai. tujuan pembelajaran dianggap tercapai dilihat dari tuntas dan tercapai bahakn terlampauinya hasil belajar siswa melebihi KKM yang telah ditentukan. agar tujuan pembelajaran tercapai guru harus menciptakan suasana belajar siswa yang efektif, efisien dan menyenangkan yang akan membuat siswa mampu mengingat,mengerti, dan memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Baiklah, Perhatikan 4 hal berikut yang mempengaruhi pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan:

4 Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

1. Guru harus konsisten dengan waktu pembelajaran

Waktu sangat mempengaruhi, jadi guru tidak boleh datang terlambat masuk kelas, tidak mengulur waktu selesai pembelajaran, tidak mengganti/menukar jam pelajaran secara mendadak. Selama proses pembelajaran guru juga harus menggunakan waktu yang ada untuk belajar bukan dengan hal lain yang akan menghilangkan mood belajar siswa. misalnya terlalu larut menceritakan pengalaman hidup layaknya seorang ibu yang mendongengkan anaknya yang ingin tidur

2. Berikanlah materi pelajaran sesuai dengan silabus dan RPP
gambar mengajar sesuai silabus dan RPP

selama waktu belajar tidak membahas hal lain di luar konteks pembelajaran kecuali hanya sekedar ice breaking untuk kembali memfokuskan konstrasi siswa yang lelah belajar. gunakanlah waktu seefektif dan seefisien mungkin selama belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai guru yang profesional tentunya membuat silabus dan RPP bukan hal yang sulit, jika membutuhkan referensi, silahkan download juga silabus dan RPP TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK KTSP dan Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016/2017 (disini).

3. Pemilihan metode/model pembelajaran Kerja Kelompok

Materi pembelajaran dan metode/model pembelajaran haruslah cocok maksudnya metode/model pembelajaran yang digunakan haruslah sesuai dengan materi yang akan disampaikan. misalnya materi yang padat yang banyak penjelasan tidaklah pas jika menggunakan metode ceramah akan sangat membosankan bagi siswa hanya memandang guru berdiri di depan/tengah kelas menjelaskan dengan bahasa buku atau sibuk mencatat di papan tulis. cobalah menggantinya dengan diskusi kelompok yang selain akan terlihat kemampuan presentasi siswa akan terlihat juga keaktifan semua siswa berinteraksi selama diskusi. pemilihan metode/model pembelajaran yang tepat untuk sebuah materi pembelajaranakan menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

4. Gunakan sumber belajar bisa berupa buku atau alat peraga

sumber belajar merupakan referensi yang digunakan oleh guru dan siswa yang relevan dengan materi pembelajaran. sumber belajar bisa berupa buku atau alat peraga yang menunjang proses pembelajaran. materi bagus, metode/model pembelajaran yang digunakan tepat/sesuai dengan materi namun sumber belajar yang berupa alat peraga atau alat bantu mengajar tidak ada atau kurang memadai, hal ini akan membuat kurang tertarik untuk belajar sehingga proses pembelajaran tidak efektif dan efisien. alat peraga dalam pembelajaran sama pentingnya dengan sumber belajar.

misalnya seorang guru IPA yang akan menyampaikan materi struktur organ jantung dan hati namun hanya menjelaskan struktur jantung dan hati dari sebuah buku hanya digambarkan sekilas di papan tulis. apa reaksi peserta didik? tidak ada reaksi, ketika ditanya siswa hanya diam tanpa memberikan pendapat/sanggahan, mengangguk-anggukan atau bahkan menggeleng-gelengkan kepala karena bingung dengan penjelasan gurunya. cobalah menjadi guru yang sedikit kreatif jika tidak ada alat peraga yang tersedia di sekolah, bisa jadi menampilkan video atau slide tentang struktur jantung dan hati atau jika tidak ada bisa menggunakan carta sehingga antara apa yang dijelaskan oleh guru dan apa yang dipikiranpeserta didik bisa dimengerti dan dipahami.

Baca juga:

Demikian share Tips/cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan. semoga bermanfaat dan berkah untuk kita semua :), nah berikutnya jangan lupa baca juga postingan blog guru-id yang membahas tentang Contoh Pembelajaran Yang Menyenangkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel