Jawaban Mendikbud Ketika Ditanya Tentang Kurikulum 2013

Baru-baru ini beredar berita tentang pernyataan dirinya sebagai menteri pendidikan juga merasa bingung terkait masih diberlakukannya kurikulum 2013 tersebut. Nah terkait dengan info ini, maka blog guru-id.com mencoba mencari-cari sumber kebenaran info ini, lah bisa saja beritanya hoak kan. Sebab, saat ini banyak sekali situs yang membagikan berita-berita pendidikan yang belum bisa dipercaya kebenarannya, karena sering terbukti media suka melebih-lebihkan. Usut punya usut ternyata berita tentang Jawaban mendikbud ini sudah lama di publikasikan dan di hebohkan kembali di tahun 2016. Sumber berita ini adalah situs http://bali.tribunnews.com/ dana diposting pada hari Sabtu, 14 November 2015 19:57, untuk lebih jelasnya mengenai kebenaran berita ini, berikut screenshotnya.

gambar sumber berita mendikbud

Benarkah berita tersebut? Bahwa Bapak Mendikbud Indonesia Anies Baswedan bingung ketika ditanya tentang kurikulum 2013. Baiklah untuk menghilangkan rasa penasaran anda, berikut kami tuliskan berdasarkan yang kami kutip dari web resminya

gambar berita Mendikbud tentang kurikulum 2013

Sembari tersenyum mendengar keluh kesah dari siswa SMKN 4 Denpasar tersebut, Anis Baswedan mengatakan bahwa bukan hanya dikalangan siswa, bahkan dirinya sebagai menteri pendidikan juga merasa bingung terkait masih diberlakukannya kurikulum tersebut. “K 13 (Kurikulum 2013) bingung ya? sama saya juga bingung.

Jadi saya jelaskan bahwa kecenderungan pendidikan di Indonesia setiap ganti menteri pasti ganti kurikulum. Saat saya bertugas, K 13 ini baru diterapkan 3 bulan, saya dilantik di bulan Oktober, jadi baru dari bulan Juli, Agustus, September kurikulum ini berjalan. Kemarin ada dua persoalan apakah saya menggantinya, atau tetap melaksanakannya dengan semua permasalahannya, karena selama ini kecenderungan di Indonesia ganti menteri ganti kurikulum,” ujarnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengatakan bahwa permasalahan Kurikulum 2013 ini merupakan permasalahan yang sangat besar, bahkan jika dilakukan evaluasi untuk dirubah ini seperti memutar kapal tanker. “Jadi memang ada masalah di K 13 bahwa ini adalah persoalan yang besar, bila ini dilakukan evaluasi, andaikata kita mau merubah ini, seperti merubah arus kapal tanker dan tidak bisa langsung merubah arah, nanti kapalnya bisa tenggelam,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk sebagian besar belahan dunia khususnya di negara maju, bahwa diperlukan waktu dari 5-6 tahun untuk merubah kurikulum. Sedangkan di Indonesia kebanyakan hanya butuh satu tahun untuk merubah kurikulum.

Demikian berita kurikulum 2013 terbaru, semoga menjadi inspirasi untuk pendidikan indonesia agar lebih baik lagi kedepannya. berikutnya jangan lupa pelajari lebih lanjut tentang Perubahan Kurikulum 2013 terbaru Disini

sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel