Download program kerja laboratorium Tahun 2019/2020

Blog guru-id akan berbagi program kerja laboratorium IPA SMP dalam forma DOC sehingga mempermudah pengeditan. Sebagaimana kita ketahui bersama, sebagian besar siswa lebih menyukai kegiatan pembelajaran yang diimbangi dengan praktek karena akan lebih memahami konsep materi yang sedang dipelajari dan yang dijelaskan oleh guru. salah satu mata pelajaran yang sering menggunakan metode praktek adalah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). histeria siswa sangat berbeda ketika guru mengajak siswa untuk melaksanakan praktikum materi dibandingkan metode pembelajaran di dalam ruang kelas. sebagian besar materi mata pelajaran IPA didominasi materi yang mengharuskan materi untuk dipraktekan untuk menunjang dan menguatkan pemahaman konsep materi. biasanya praktek dilakukan di ruang laboratorium IPA atau lapangan lingkungan sekolah. Jangan lupa download juga Program kerja Kepala Perpustakaan Sekolah

Laboratorium diartikan sebagai suatu tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu fisika, kimia, bahasa, dan biologi atau bidang ilmu lain.

Adapun laboratorium IPA berfungsi sebagai:

  1. sumber belajar khususnya untuk mata pelajaran olmu pengetahuan alam (IPA).
  2. metode pembelajaran karena di dalam laboratorium bisaenggunakan metode percobaan dan pengamatan.
  3. prasarana pendidikan. Laboratorium terdiri dari ruang yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dengan bermacam-macam kondisi yang dapat dikendalikan, khususnya peralatan untuk melakukan percobaan dan pengamatan.

Pengelolaan laboratorium merupakan tanggung jawab dari beberapa pihak yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, laboran dan guru IPA. semua pihak harus saling bekerja sama untuk menjaga kualitas dari laboratorium. hanya saja terkadang laboratorium jarang sekali digunakan atau dimanfaatkan oleh guru IPA dengan berbagai alasan misalnya praktikum yang membutuhkan waktu yang banyak, susah mengendalikan siswa yang sedang melaksanakan praktikum, kurangnya alat bahan di laboratorium, bahkan dikarenakan pengelolaan laboratorium yang buruk.

Jika pengelolaan ruang laboratorium yang baik dan profesional, maka akan menjadi nilai plus dan membuat semangat para guru untuk memanfaatkan dan menggunakan laboratorium sebagai sarana dan metode pembelajaran. selain terawatnya fasilitas laboratorium kriteria pengelolaan laboratorium yang baik adalah lengkanya administrasi laboratorium salah satunya adalah program kerja laboratorium.

Contoh Program Kerja Laboratorium IPA

nah kali ini blog guru-id akan membagikan contoh program kerja laboratorium yang akan melengkapi administrasi laboratorium yang bapak/ibu kelola seperti jadwal kegiatan laboratorium ipa, program pengembangan lab ipa dan sebagainya. untuk mempermudah membuat program kerja lab IPA yang baik dan benar, ada baiknya bapak ibu kepala Lab, mengetahui bagian-bagian dari program kerja lab IPA berikut.

  1. Cover Depan Program Kerja
  2. Lembar pengesahan
  3. Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. BAB I pendahuluan
  6. BAB II Rencana Kegiatan Laboratorium IPA
  7. Keterangan Gambar
  8. BAB III Organisasi Laboratorium IPA
  9. Struktur Organisasi Laboratorium IPA
  10. BAB IV Penutup
gambar struktur program kerja Laboratorium IPA SMP
BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang


Dalam rangka mencapai standarkompetensi siswa sekolah menengah pertama (SMP) khususnya dalam penguasaan ilmu pengetahuan alam (IPA) sebagai bagian dari kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, maka perlu dilaksanakan program kegiatan pengembangan laboratorium IPA sebagai sarana bagi siswa dalam pelaksanaan praktikum di sekolah yang menunjang pengembangan sikap ilmiah dan pemecahan masalah sebagi karakteristik mata pelajaran IPA. Berdasarkan analisis masalah yang dihadapi guru dan siswa SMPN 3 Rambang Dangku, dalam penguasaan standar kompetensi IPA khususnya yang berkaitan dengan pemecahan masalah melalui metode ilmiah, maka SMPN 3 Rambang Dangku merasa perlu adanya suatu program kerja laboratorium IPA sebagai salah satu upaya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam penguasaan standar kompetensi tersebut. Program kerja yang dilaksanakan merupakan kegiatan terstruktur baik dalamperencanaan, pengorganisasian, penyediaan, pemanfaatan dan perawatan alat dan bahan praktikum, pengelolaan ruang laboratorium, evaluasi maupun penyusunan laporan program kerja laboratrium IPA.

B. Dasar Pemikiran

a. Pasal 12 ayat (1) danPasal 30 UU No. 20 Tahun 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. VIsi, Misiserta Program Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim
c. Visi, Misi, Tujuan, dan Program Kerja SMPN 3 Rambang Dangku
d. Program Kerja Laboratorium IPA SMPN 3 Rambang Dangku

C. Tujuan Program Kegiatan

Program kegiatan laboratorium IPA bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan praktikum IPA sekaligus membantu pihak sekolah dalam pemberdayaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, secara khusus tujuan program laboratorium IPA antara lain:

  1. Memotivasi siswa dalam belajar IPA dengan melaksanakan kegiatan praktikum
  2. Mengembangkan keterampilan dasar bereksperimen melalui praktikum sebagai salah satu tuntutan dalam pembelajaran IPA
  3. Sebagai wahana dalam pembelajaran melalui pendekatan ilmiah berdasarkan fakta dan data yang diperoleh
  4. Menunjang materi pembelajaran dalam kegiatan tatap muka di dalam kelas melalui kegiatan praktikum sebagai upaya pembuktian teori-teori ilmiah.
  5. Membantu sekolah dalam program pemberdayaan sarana dan prasarana sekolah, khususnya dalam perawatan dan penambahan fasilitas pokok dan failitas pendukung yang terdapat di dalam laboratorium IPA agar fungsi laboratorium IPA dapat berjalan seusai dengan yang diharapkan.
SELENGKAPNYA...

Download Program Kerja Laboratorium IPA.DOC - DISINI

Download Program Kerja Pembina Pramuka.DOC - DISINI

Itulah share Program Kerja Laboratorium IPA Tahun pelajaran 2019/2020 dari admin. Semoga posting ini memberikan manfaat dan membantu penyelesaian program kerja laboratorium bagi bapak/ibu guru.yang membutuhkan. jangan lupa dishare kepada rekan-rekan seprofesi yang lainnya. Selanjutnya pelajari lebih lanjut tentang program kerja wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel