Cara Mengajukan nuptk 2022 serta tips Agar pengajuan Di diterima

Bismillah, Jika anda belum memiliki NUPTK dan ingin mendapatkannya, maka pengajuannya bisa melalui Portal verval ptk dengan beberapa syarat. Sebagaimana kita ketahui bersama nuptk menjadi salah satu syarat agar guru bisa mengikuti program ppg dalam jabatan tahun 2022. oleh karena itu bagi guru ynag ingin mendaftar ppg wajib punya NUPTK.

Lebih dari itu, Untuk memperoleh NUPTK tahun 2022 khususnya bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal, maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap, benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan Persesjen Kemdikbud yang berlaku

Adapun Persyaratan lain yang harus dipenuhi guru agar bisa mengajukan NUPTK adalah mempersiapkan berkas-berkas pendukung diantaranya KTP, SK Kepala dinas, dan Ijazah.

Semua dokumen diatas wajib discan dan kemudian harus jelas tidak boleh buram. Maka maksimalkan ukurannya agar hasilnya bagus namun tetap sesuai ukuran file yang ditentukan sistem.

Langkah-langkah pengajuan nutpk tahun 2022

cara pengajuan nuptk tahun 2022

Sahabat gtk, Nuptk diajukan melalui portal verval ptk kemendikbud menggunakan akun operator sekolah yang telah terdaftar pada sdm pdsp. untuk lebih jelasnya berikut ini panduannya

Langkah pertama siapkan scan dokumen berikut :

1. SCAN Kartu Tanda Penduduk

2. SCAN SK CPNS atau PNS, Pengangkatan guru non PNS Dari Dinas Pendidikan

3. SCAN IJazah mulai dari SD hingga sampai dengan Diploma 4

4. SCAN Penugasan dari atas baik SK pembagian Tugas maupun SKMT (surat Keterangan Melaksanakan Tugas)

πŸ‘‰ Buka web verval ptk kemendikbud melalui link berikut : https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/ (panduan login verval ptk) , jika halaman tidak bisa dibuka dengan notif "halaman tidak berfungsi" ulangi saja mungkin servernya sedang penuh sehingga error.

πŸ‘‰ jika laman terbuka silahkan login menggunakan akun sso dapodik, kemudian

πŸ‘‰pilih menu calon penerima NUPTK yang ada di menu paling atas dengan menu awal “NUPTK

πŸ‘‰ Setelah itu anda pilih nama GTK yang akan diajukan sebagai penerima NUPTK selanjutnya silahkan upload dokument tadi.

πŸ‘‰ kemudian setelah anda upload semua jenis syarat pengajuan nuptk selanjutnya anda klik OK dan Selesai.

Tips agar pengajuan NUPTK diterima admin verval ptk

Jika anda bertanya, Bagaimana cara agar cepat diterima pengajuan dan penerbitan NUPTK Oleh LPMP dan Admin Pusat ? Jawabannya adalah memenuhi syarat yang telah guru-id tulis diatas.

Namun Yang paling penting dan cukup menentukan saya ulangi lagi adalah Berkas/dokumen yang di unggah di laman NUPTK harus jelas tidak buram sehingga akan mudah di aprove pengajuan NUPTK anda.

Selain itu dibawah ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan bagi rekan-rekan operator/guru yang akan mengajukan NUPTK tahun 2021 sebagai berikut.

1. Pastikan Dokumen Ijazah yang diunggah dilengkap dengan nilai atau transkrip nilai dan ingat file scan harus jelas jangan buram.

2. Perhatikan Ukuran File Yang di unggah, jangan lebih dari 2mb.

3. Selanjutnya bagi Pegawai NOn PNS SK Pengangkatan GTY 2 tahun terakhir sedangkan yang bertugas di yayasan dan SK Bupati atau Dinas Pendidikan bagi yang bertugas di sekolah negeri kemudian disatukan dengan SKBM 2 tahun terakhir dalam satu PDF (guru Paud)

4. Khusus Guru TK berdasarkan pengalaman SKBM yang diminta 3 tahun terakhir.

5. Kunci Terbit tidak nya NUPTK ada pada proses aprove awal (Admin dinas), kalau di admin dinas sudah di setujui, insya allah LPMP dan admin Pusat siap menerbitkan.

6. Selanjutnya upload semua dokumen pengajuan NUPTK dan pantau terus situs verval PTK Secara berkala agar tahu pengajuan anda diterima atau ditolak.

7. Memantau Status Pengajuan NUPTK (Juklak hal 10)

8. Menu tersebut bisa diakses melalui menu NUPTK > Status Penerimaan NUPTK.

9. Ketika Pengajuan Penerbitan NUPTK ditolak (tanda silang pada lingkaran merah), maka klik pada tulisan di bawahnya. Kemudian akan keluar teks box yang berisi keterangan dimana letak kesalahan beserta solusinya.

Cek NUPTK Sudah Terbit

Baca juga ::==> Juknis Penerbitan NUPTK tahun 2021

Beberapa minggu yang lalu Sekolah kami mengajukan NUPTK, alhamdulillah NUPTK salah satu tenaga pendidik di sekolah kami sudah diterbikn oleh dmin pusat. Dan sangat cepat tidak sampai seminggu proses penerbitannya.

Untuk melihat NUPTK yang rekan-rekan ajukan sudah terbit apa belum silahkan ikuti langkah-langkah singkat dibawah ini.

#Pertama Rekan-rekan silahkan login ke situs verval ptk kemendikbud menggunakan username dan password yang sudah terdaftar. (Minta bantu Operator sekolah) agar lebih mudah. Link login verval PTK klik tautan ini.

gambar login verval PTK

#Kedua Pada laman depat web verval ptk klik menu NUPTK, pilih Status Penerimaan NUPTK. maka akan muncul tampilan Status NUPTK anda, jika sudah terbit maka statusnya sepperti penampakkan gambar dibawah ini.

Untuk juknis NUPTK dapat di unduh melalui tautan berikut : (SIMPAN JUKNIS NUPTK PDF)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel