Sekolah Full Day Menjadi Polemik, Mengapa ?

Sahabat guru-id, Yang Benar Full Day School atau co-ekstrakurikuler?. Gagasan pak mentri untuk sekolah full day sebenarnya bukan sesuatu yg baru. Full day sudah dilaksanakan oleh sekolah-sekolah islam (swasta) sejak tahun 2000. Dan tidak ada masalah bahkan peminatnya semakin banyak. Jika dikelola dengan baik dan serius, justru berdampak positif bagi siswa, guru dan orangtua. Yang penting dikelola dengan manajemen yang profesional, komitmen dan konsisten dengan sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga membuat siswa tidak jenuh apa lagi stress, seperti yang dikhawatirkan sebagian pihak.


Sekolah full day sejak berdirinya sudah menjadi model sebagai sekolah pilihan dan alternatif dimasa kini, jadi kenapa harus menjadi polemik ?. Yang penting pak menteri menyiapkan SDM gurunya, kurikulumnya, sarana dan prasarananya. Orang tua pasti setuju. Dan jangaan lupa juga kesejahteraan gurunya.

Polemik apa?

Polemik adalah sejenis diskusi atau perdebatan sengit yang diadakan di tempat umum atau media massa berbentuk tulisan. Polemik biasa digunakan untuk menyangkal atau mendukung suatu pandangan agama atau politik

Kekhawatiran sebagian pihak atas gagasan pak menteri dapat dimaklumi, selama itu disampaikan dengan saran dan ide-ide baru, yang maksudnya untuk mencegah kekhawatiran yang bakal terjadi. Terutama kekhawatiran kepada siswa yang diduga akan mengalami kejenuhan dan stres. Bukankah full day juga mencegah kekhawatiran kpd siswa yang bakal terpengaruh dengan lingkungan sekitar yg kurang baik. Yang juga akan berakibat buruk bagi anak. Jadi kita dukung saja dulu rencana pak menteri kita, dengan tidak mengurangi niat dan hak kita untuk mengkritik dan mengontrol langkah pak menteri yang baru ini.

Baca juga: "Full Day School" Tak Berarti Belajar Seharian di Sekolah, Ini Penjelasan Mendikbud

Demikian, urun-rembuk saya ditengah polemik dan kontraversi sekolah full day. Kita tunggu saja apa langkah pak menteri selanjutnya. Semoga arah pendidikan kita akan lebih baik dimasa yang akan datang. Terima kasih. Wassalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel