Manajemen Pdun Untuk Cek Peserta UN SMP SMA SMK Tahun 2020-2021

guru-id.com - PDUN merupakan salah satu situs milik kemendikbud yang beroperasi di bidang pendataan peserta Ujian Nasional. Semua data yang sudah valid kemudian di convert ke file DZ untuk di upload ke aplikasi Bioun

Agar dapat masuk ke Halaan Manajemen Pdun kemendikbud. Operator sekolah login menggunakan email dan password serupa dengan akun login verval pd.

gambar pdun tahun 2020

Alamat manajemen PDUN yang baru silahkan akses melalui LInk berikut : https://sso.data.kemdikbud.go.id (klik Untuk Masuk).

Cek peserta Ujian 2020 dilakukan melalui laman manajemen PDUN oleh operator Sekolah. Jika ada perbaikan data peserta Un, maka sekolah memperbaikinya melalui aplikasi verval pd. Dan apabila Sekolah Melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) peserta UN bisa dilihat melalui laman UNBK kemendikbud. Selengkapnya baca panduan dibawah.

Blog guru-id akan berbagi alamat login website manajemen PDUN terbaru tahun pelajaran 2019/2020 yaitu di pdun.data.kemdikbud.go.id. Untuk masuk ke beranda pdun operator menggunakan email dan password aplikasi dapodik sekolah masing-masing. Jika lupa password cukup gunakan alternatif yaitu kode registrasi dapodik.

Manajemen PDUN digunakan untuk cek data peserta UN baik UNKP maupun UNBK semua data bersumber dari laman tersebut. Jika ada kesalahan data calon peserta UN (CPUN), maka perbaikan bisa dilakukan melalui operator sekolah dengan mengeditnya melalui dapodik dan verval pd.

Bagaimana cara cek data peserta UN tahun 2020 di website manajemen un http://pdun.data.kemdikbud.go.id/?. Sebagaimana kita ketahui bersama Pdun merupakan aplikasi manjemen calon peserta un tahun pelajaran 2017/2018 jenjang SMP/SMA/SMK. Sedangkan untuk SD tidak melaksanakan UN tapi Ujian Sekolah. Pada aplikasi PDUN operator sekolah bertugas mengunduh file DZ kemudian melanjutkan upload file data peserta didik ke aplikasi BIOUN. Perlu di ingatkan bahwa sebelum upload data ke BIOUN pastikan data peserta didik di aplikasi dapodik sudah valid.

Adapun Postingan kali ini menjelaskan cara memverifikasi dan validasi calon peserta un melalui pdun. Alamat pdun 2018 adalah http://pdun.data.kemdikbud.go.id/. Awas jangan salah ya.

Dibawah ini merupakan langkah-langkah verval data un melalui pdun. Yang dimulai dari pengaturan nomor kursi, unduh file CPUN fromat dz dan excel, juga cetak berita acara yang nantinya kesemuannya itu diserahkan ke admin dinas pendidikan kabupaten/kota.

Dengan demikian pastikan data yang ada di pdun telah benar sebelum file dz dikirim ke admin dinas pendidikan kabupaten kota. semoga bermanfaat.

CEK PESERTA UN DI MANAJEMEN PDUN ALAMATNYA http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KLIK DISINI

Sahabat operator dapodik yang admin hormati. Pada posting kali ini akan admin bagikan sebuah website penting yang dibuat oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan untuk keperluan pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun pelajaran 2016/2017.

Pelaksanan Ujian Nasional Sendiri masih menunggu jadwal UN terbaru melalui POS UN yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Melalui badan standar nasional pendidikan (BSNP). Nah aplikasi Manajemen PDUN ditjen dikdasmen yang beralamat di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ ini merupakan sebuah situs yang mengambil data CPUN langsung dari dapodik sehingga valid tidaknya data anda tergantung dari entrian data dapodik sekolah anda.

Untuk lebih jelasnya akan admin bagikan cara penggunaan website manajemen PDUN beserta menu-menu di dalamanya melalui tulisan dibawah yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya.

CARA CEK PESERTA UJIAN di MANAJEMEN PDUN

Bagaimana penggunaan aplikasi manajemen PDUN?
Pertama pastikan Perangkat komputer/laptop terkoneksi dengan Internet. Berikutnya buka browser Internet anda dan copy lalu pastekan alamat web berikut: http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ di tab browser anda. Jika benar akan tampil menu login manajemen PDUN. Berikutnya gunakan username dan password dapodik sekolah anda. Kode registrasi silahkan dikosongkan, kemudian klik tombol "login" seperti yang anda lihat pada penampakkan gambar dibawah.

gambar login di web manajemen UN http://pdun.data.kemdikbud.go.id/

Berikutnya akan tampil beranda informasi manajemen UN. Untuk melihat Calon Peserta UN sekolah anda, klik Menu "Calon Peserta UN" seperti penampakkan gambar dibawah

gambar cara melihat data peserta UN

Pada tampilan Daftar Calon Peserta Didik Ujian Nasional. ada 5 (lima) menu penting yang harus kita pelajari dan dipahami cara penggunaannya. namun sebelum kita membahasnya. silahkan dicek lagi data-data cPUN yang meliputi Nama, Jenis kelamin, NISN Perbaiki melalui vervalpd), Tempat tanggal lahir, Agama, Nama orangtua, Nomor peserta UN Jenjang SD, Nomor seri Ijazah dan SKHUN, NIS dan data lainnya.

Adapun kelima menu-menu aplikasi manajemen PDUN yang admin maksud dan akan kita bahas pada posting kali ini adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan Nomor Kursi

Menu pengaturan nomor kursi digunakan untuk membuat nomor urut rombel Ujian Calon Peserta Ujian Nasional. jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah

  1. Klik tombol "pengaturan menu kursi"
  2. pilih salah satu rombel yang akan di buatkan nomor urut, kemudian klik di bagian nama urut rombel lalu pilih nomor. Jika sudah selesai klik tombol simpan seperti penampakkan gambar dibawah
  3. gambar membuat nomor urut calon peserta un 2016
  4. pastikan semua nomor urut rombel terisi agar nantinya data CPUN Excel bisa di buka.
2. Unduh File Calon Peserta UN

Menu ini digunakan untuk mengunduh file Calon peserta UN dalam Bentuk file DZ. Jika bertanya bagaimana cara membukanya, maka jawabannya itu tidak perlu dibuka oleh operator sekolah, tapi file tersebut nantinya diserahkan ke Panitia UN dan KKDATADIK Kabupaten/Kota, jadi tidak usah bingung mengapa file dz tidak bisa dibuka

Cara mengunduh file DZ sangatlah mudah. silahkan langsung klik tombol "Unduh File Calon Peserta UN", kemudian jika muncul notofikasi " Pastikan data siswa calon peserta UN sudah lengkap dan valid, sebelum file ini diberikan ke panitia UN Dinas Kab/Kota" pilih Ya, berikutnya tunggu proses download file sampai selesai.

gambar cara unduh file dz calon peserta UN

Pastikan file dz yang berhasil terunduh dan dikirim ke dinas formatnya berakhiran dz contoh nya bisa lihat melalui penampakkan gambar dibawah

gambar nama file dz UN


3. Unduh CPUN ke Excel

Pada menu ini digunakan untuk mempermudah operator dapodik dalam melakukan pengecekkan data peserta UN melalui excel, namun saat ini walaupun berhasil di unduh file excelnya masih belum bisa dibuka. Jadi harap bersabar sampai aplikasi nya disempurnakan oleh admin pusat. cara mengunduh data UN excel sangatlah mudah langusng saja klik tombol "Unduh CPUN ke Excel"

4. Unduh Berita Acara

menu ini sama dengan excel, bedanya file yang terunduh dalam bentuk pdf, dan juga file berita acara UN ini menyatakan " SERAH TERIMA PENDAFTARAN CALON PESERTA UJIAN NASIONAL" yang ditandatangi oleh Kepala sekolah (pihak pertama) dan diserahkan ke pihak pertama yakni Ketua Panitia Ujian Nasional Kab. Muara Enim. selain itu file berita acara juga berisi Lampiran Daftar Calon Peserta Ujian Nasional .Untuk mencetaknya tinggal meng klik tombol "unduh berita acara". dibawah ini contoh penampakkan berita acara yang berhasil dicetak

gambar Berita Acara UN 2016
5. Filter PD berdasar NISN

Nah menu ini cukup penting untuk diketahui karena berguna dalam mengecek peserta didik yang belum memiliki NISN. Caranya klik icon panah kecil pada menu "Filter PD berdasar NISN" lalu pilih " tampilkan PD tidak memiliki NISN" seperti penampakkan gambar dibawah

gambar cara cek nisn peserta UN

Demikianlah artikel terkini tentang laman PDUN sebagai wadah melihat peserta Ujian. Semoga bermanfaat. berikutnya silahkan pelajari contoh latihan soal UN SD, SMP, SMA SMK tahun 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel