Cara Membuat Jadwal Pembelajaran di Dapodik 2018 (K13 dan KTSP SD, SMP, SMA, SMK )

BERBAGI CARA PENGISIAN ATAU MEMBUAT JADWAL PELAJARAN DI APLIKASI DAPODIK VERSI 2018 - DOWNLOAD PANDUANNYA DISINI

Seperti yang kita ketahui bersama, pada aplikasi dapodik versi 2018 telah ditambah menu baru yakni "jadwal Pembelajaran" dan pada menu rombel ada menu "Ekskul". Dengan demikian aplikasi dapodikdasmen versi terbaru semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 ini semakin keren dan tentu saja menambah pekerjaan baru bagi operator pendataan sekolah baik jenjang SD maupun SMP, SMA dan SMK.

Adapun pada postingan kali ini tentu saja sesuai dengan judul postingan diatas, admin akan mencoba berbagi pengalaman mengenai cara pengisian untuk membuat Jadwal pembelajaran pada aplikasi dapodik 2018. Sedangkan untuk mengisi menu Ekstrakurikuler kan kami berikan panduannay melalui postingan berikutnya.

Contoh pengisian atau pembuatan jadwal pembelajaran pada dapodikdasmen 2018 yang kami bagikan ini bisa digunakan oleh satuan pendidikan yang menggunakan Kurikulum 2013 ( K13 ) dan juga Kurikulum KTSP. Selain itu karena ada perbedaan baru pada aplikasi dapodik 2018, maka kami juga membagikan cara pengisian jjm pembelajaran untuk mata pelajaran BK, TIK dan Agama terbaru 2018 untuk kurikulum 2013. Untuk lebih jelasnya, pembaca bisa mengikuti langkah-langkah dibawah untuk mulai membuat jadwal pembelajaran di dapodik 2018. Selamat mencoba

Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik 2018

Untuk membuat jadwal pelajaran pada aplikasi dapodikdasmen semester 1 Tahun pelajaran 2017/2018 terlebih dahulu ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, yaitu Print out lembar Jadwal Pelajaran K13 dan KTSP dan juga Lampiran Pembagian Tugas guru dan Proses Pembelajaran terbaru. Jika semua telah siap, maka ikuti panduan singkat berikut:

Pada panduan atau tutorial dibawah kami mencontohkan pembuatan atau pengisian jadwal pelajaran untuk satuan Pendidikan Sekolah Menengah pertama ( SMP ) yang menggunakan Kurikulum 2013 dan KTSP.

Langkah Pertama: Membuat rombel di dapodik, Caranya klik menu "rombel". pilih "reguler" lalu klik tombol "tambah". Jenis rombel pilih "Kelas" Tingkat (misal kelas 7). Kurikulum ( pilih Kurikulum 2013 SMP) Nama rombel (Ketik 7.1 atau VII.1) Wali/guru wali kelas (cukup dimengerti), Prasarana (pilih ruang kelas). Jika sudah selesai klik tombol simpan. Berikut penampakkan contoh pembuatan rombel di dapodik 2018

gambar Cara Membuat rombel di Dapodik 2018 (K13 dan KTSP SD, SMP, SMA, SMK )

Langkah kedua: Menambahkan anggota rombel. caranya sangat mudah, klik menu "anggota rombel" berikutnya seret nama peserta didik dari tabel sebelah kiri ke sebelah kanan. caranya klik nama siswa kemudian tekan dan tahan mouse komputer anda lalu seret ke kiri. sehingga hasilnya seperti penampakkan gambar dibawah

Langkah ketiga: mengisi Pembelajaran. Pada menu rombel klik "pembelajaran" pada edit pembelajaran, PTK pilih guru mata pelajaran, SK mengajar isikan nomor SK, Jam mengajar isi sesuai petunjuk, tanggal SK dan Jam mengajar. contoh pengisian pembelajaran lihat penampakkan dibawah

gambar cara mengisi jjm mengajar di dapodik 2018

Langkah keempat: Klik menu "jadwal" Pilih prasarana. pastikan membuat jadwal pelajaran dimulai dari jam ke 1 hari senin. Klik tombol Tambah. nah pada tabel jadwal, Pembelajaran pilih mata pelajaran, alakosi jam jumlah jam mengajar. alokasi jam dimulai dari jam ke 1 misalnya. jika telah selesai klik tombol simpan. Jelasnya berikut penampakkannya.

Gambar di atas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombongan belajar yang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah 2 jam. Sebagai gambaran, bahwa pengisian alokasi jam disini adalah jumlah jam mata pelajaran per minggu yang dapat dibagi menjadi beberapa jam di hari yang berbeda.

Sebagai contoh, jika dalam tabel pembelajaran di kelas 7A mata pelajaran PKn diisi sebanyak 2 jam selama satu minggu dalam satu rombongan belajar, maka pada pengisian jadwal ini bisa dibagi menjadi 2 hari (Senin dan Selasa) dengan masing-masing 1 jam alokasi.

Penjelasan rincian pemecahannya adalah sebagai berikut:

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari senin sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 1, dengan contoh sebagai berikut,

gambar cara mengisi jadwal pelajaran di dapodik 2018

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari selasa sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 6, dengan contoh sebagai berikut

Masukan semua data pembelajaran ke dalam jadwal sesuai dengan alokasi di setiap masing-masing sekolah, sehingga setiap data pembelajaran pada masing-masing rombongan belajar dapat terjabarkan dalam sebuah format penjadwalan kegiatan belajar mengajar di sekolah

Cara pengisian Pembelajaran MATA PELAJARAN BK DAN TIK (KURikulum 2013) di Dapodik 2018

Ada catatan khusus untuk mata pelajaran BK dan TIK yang mesti operator sekolah perhatikan pada dapodik 2018, yaitu :

Untuk mata pelajaran Bimbingan Konseling pada semua jenis kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran dengan 0 jam.

gambar cara pengisian pembelajaran mapel BK di dapodik 2018

Untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran sebanyak 0 jam.

Hal ini dikarenakan untuk kedua mata pelajaran tersebut tidak masuk ke dalam menu jadwal, apabila terisi jjm nya maka nantinya masuk ke validasi aplikasi dapodik.

Cara pengisian Pembelajaran MATA PELAJARAN Pendidikan Agama di Dapodik 2018

Berikut cara pengisian pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama di Dapodik 2018. Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat mata pelajaran Agama lebih dari satu, maka silakan isikan jjm untuk mata pelajaran agama yang mayoritas dalam kelas tersebut sebanyak 2 jam dan untuk mata pelajaran yang minoritas sebanyak 0 jam.

Sebagai contoh misalkan dalam satu rombongan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mayoritas bagi peserta didik di kelas tersebut maka

- Isikan jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam
- Isikan jam Pendidikan Agama lain sebanyak 0 jam

gambar cara pengisian pembelajaran mapel Agama di dapodik 2018

Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan adalah mata pelajaran untuk pendidikan agama mayoritas di kelas tersebut.

DOWNLOAD PANDUAN LENGKAP CARA MEMBUAT JADWAL PELAJARAN DI DAPODIK 2018 PDF - KLIK DISINI

Demikian informasi tentang panduan cara membuat jadwal pelajaran di dapodik 2018 dan juga pengisian pembelajaran mata pelajaran TIK, BK dan Pendidikan Agama Terbaru pada aplikasi Dapodikdasmen 2018. Berikutnya pelajari lebih lanjut tentang Cara mengisi pembelajaran Ekstrakurikuler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel