Jokowi Panggil Mendikbud, Bahas Kurikulum Baru

Ads By Google

Ads By Google

BENARKAH KURIKULUM 2013 AKAN DIGANTI LAGI DENGAN KURIKULUM YANG BARU? APA PENGGANTI KURIKULUM 2013?

kedua pertanyaan diatas tentunya semakin membuat para pendidik bingung, pasalnya disalah satu media online blog guru-id membaca salah satu berita bahwa mendikbud dipanggil oleh Presiden untuk membahas Kurikulum baru.

Jika demikian, maka artinya akan ada kurikulum pengganti k13. apa itu? tentu saja ini masih wacana dan rahasia pemerintah. nah untuk lebih jelasnya mengenai informasi ini dan agar rekan-rekan tidak salah paham, berikut ini kami tuliskan informasi lengkapnya.

jANGAN LUPA DOWNLOAD BUKU KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017

gambar Jokowi Panggil Mendikbud, Bahas Kurikulum Baru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dipanggil Presiden Joko Widodo bahas penyusunan kurikulum baru pengganti kurikulum 2013. Muhadjir menyatakan hal itu saat ditemui awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Menurutnya, kurikulum anyar nanti akan ditata sedemikian rupa mengikuti kebutuhan dunia usaha. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci perbedaan dasar kurikulum baru nanti dengan kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 kan hanya intinya, core kurikulum. Itu kemudian bisa diimprovisasi. Misal, jurusan elektro, elektro itu kan sangat umum. Nah, maunya Presiden Joko Widodo itu lebih spesifik sehingga betul-betul proses belajar-mengajar merespon kebutuhan pasar yang terus berubah," katanya, Rabu (2/8/2017).

Kurikulum 2013 memiliki konsep seimbang antara hardskill dan softskill, dimulai dari standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian.

Muhadjir mengaku pertemuannya dengan Presiden membahas hanya soal kurikulum baru, bukan soal lain seperti rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang pendidikan karakter.

Menurutnya, urusan Perpres tersebut sudah diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Saat ditanya adanya perubahan dalam proses penyusunan Perpres saat ini dibandingkan dengan saat medio Juli silam, Muhadjir hanya menjawab "Tanya kok tajam sekali ini, memojokkan sekali. Ini yang bikin saya susah menjawab."

Pada 19 Juli 2017 Muhadjir menyambangi Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Keduanya membahas soal Perpres tentang Pendidikan Karakter yang mengatur sekolah delapan jam.

dEMIKIAN informasi mengenai kurikulum 2013 akan diganti dengan kurikulum baru. Semoga bermanfaat

SUMBER: http://kabar24.bisnis.com/read/20170802/255/677547/jokowi-panggil-mendikbud-bahas-kurikulum-baru

Ads By Google

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jokowi Panggil Mendikbud, Bahas Kurikulum Baru"

Post a Comment

Powered by Blogger.