CARI KONTEN

Bio Un SMP 2018

Advertisement

Update Desember 2017! link bio un smp/mts terbaru 2018 silahkan login di http://biounsmp.kemdikbud.go.id/ yang digunakan untuk keperluan pendataan un online tahun 2017/2018. Semoga bermanfaat.

Bio un adalah kepanjangan dari biodata ujian nasional. Bagaimana cara login Bio Un SMP, SMA, SMK 2018? Itulah pertanyaan dari salah satu rekan operator sekolah yang masih kebingungan. Sebelum menjawabnya ada baiknya operator sekolah mengetahui teknis pendataan Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018. Mengapa? Karena sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

berdasarkan hasil sosialisasi yang telah saya ikuti di Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Maka dijelaskan oleh admin pendataan UN dinas, ada 2 (dua) aplikasi yang beperan penting dalam pendataan un tahun 2018. Pertama aplikasi pdun yang beralamat di pdun.data.kemdikbud.go.id, kedua aplikasi bio un.


untuk mempermudah jangan lupa donwload panduan aplikasi bio un smp sma smk 2018 pdf dengan cara klik COMOT FILE PDF

Dalam hal ini peran operator Sekolah sangatlah penting. adapun beberapa tugas operator sekolah yang perlu diketahui dalam pendataan un tahun 2018 sebagai berikut:

Pertama: Mengecek dan memvalidkan kebenaran data peserta didik kelas 9 SMP dan 12 SMP baik menyesuaikan nama, tempat tanggal lahir, NISN, nama orang tua, nomor peserta un, nomor seri ijazah sesuai dengan yang tertulis di ijazah jenjang sebelumnya.

Apabila ada data salah atau kurang tepat silahkan lakukan perubahan data di situs vervalpd data kemdikbud go id

  1. Nama, tempat tanggal lahir > approve dinas
  2. Verval perubahan NISN>> approve pusat

kedua: Seteah data valid operator sekolah Unduh file dz melalui web pdun dan cetak berita acara kemudian diserahkan ke kepala sekolah untuk ditandatangani dan di stempel basah.

ketiga: Operator sekolah mengupload file dz ke aplikasi bio un dan melakukan validasi data, jika sudah benar baru mencetak Daftar nominasi tetap (DNT) calon peserta UN 2017/2018

Adapun yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah cara upload file dz ke aplikasi bio un. Bagi yang belum paham silahkan ikuti langkah-langkah dibawah!

Cara Login Bio Un SMP SMA SMK 2018 dan Upload File Dz

Langkah pertama! Masuk ke situs manajemen pdun, di alamat berikut: http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ atau LOGIN DISINI. seperti penampakkan dibawah

gambar login di web manajemen UN http://pdun.data.kemdikbud.go.id/

Langkah kedua! klik menu calon peserta un, nah disini pastikan data peserta didik sudah valid dan pengaturan nomor kursi sudah selesai kemudian baru klik tombol "unduh file calon peserta UN"

gambar cara unduh file dz calon peserta UN

Langkah ketiga! Silahkan anda simpan file dz ditempat yang aman. dan jangan lupa tempat menyimpannya karena akan kita upload ke aplikasi bio un.

gambar nama file dz UN

Langkah keempat! disini saya akan mencontohkan cara upload file dz untuk jenjang SMP, tapi sebelumnya saya juga akan memberikan daftar alamat atau link aplikasi bio un 2018 untuk smp mts, sma, smk agar diketahui

  • http://biounsmp.kemdikbud.go.id/ - Login DISINI (Untuk SMP/Mts)

  • https://biounsmama.kemdikbud.go.id/ - Login DISINI (Untuk SMA/Ma)

  • https://biounsmk.kemdikbud.go.id/ - Login DISINI (Untuk SMK/MAK)

  • https://biounsdmi.kemdikbud.go.id - Login DISINI (Untuk SD)

Langkah kelima! Karena saya adalah operator dapodik SMP, maka saya akan mencontohkan cara upload dile dz di aplikasi bio un smp. Silahkan login ke alamat bio un smp 2018 yang telah saya tuliskan diatas.

Langkah keenam! Pastikan anda sudah memiliki user dan password login bio un 2018. Jika belum, silahkan minta ke admin dinas pendidikan kabupaten/kota di wilayah kerja anda.

Langkah ketujuh!ketikkan Username dan password pada kolom yang tersedia, lalu kode Captcha sesuai dengan yang muncul di layar pada kolom Security Code lalu Klik tombol Login. seperti gambar dibawah

gambar cara login bio un smp 2018

Langkah kedelapan! Klik menu profil sekolah. silahkan anda edit identitas sekolah, alamat sekolah, data kepala sekolah, jumlah siswa per-rombel dan password sesuai dengan data yang benar sekarang lalu kelik tombol simpan.

Langkah kesembilan! untuk mengupload data siswa dari database dapodik dan Emis ke dalam system pendataan Online bio un silahkan Pilih menu Upload Dapodik/Emis, lalu pilih hasil database Dapodik/ Emis (file dz) yang tadi anda download.

Langkah kesepuluh!Klik tombol Validasi untuk memilih sekolah sekolah yang akan dituju dan memvalidasi file yng sudah diupload sebelumnya di langkah 3

Langkah kesebelas!Klik tombol Proses untuk memasukan data Dapodik/Emis yang telah divalidasi ke dalam database sistem pendataan Online

gambar cara upload file dz ke aplikasi bio un smp 2018

Jika tombol atau menu upload database dapodik file dz belum tersedia silahkan ganti password aplikasi bio un anda atau hubungi admin dinas pendidikan kab/kota yang mengelolah aplikasi bio un dinas. Semoga dipahami

Demikian info bio un smp 2018 terbaru tentang cara upload file dz data peserta UN ke Bio Un SMP, SMA, SMK. Semoga bermanfaat

Advertisement

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Bio Un SMP 2018"

  1. Maaf pak kenapa di aplikasi bio un smp saya belum ada menu upload file dz

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan ganti password bio un anda pak :) melalui menu profile

      Delete
  2. Untuk bio un mts 2018 apakah sama dengan smp pak

    ReplyDelete