Panduan Penilaian Kinerja Guru Beserta Aplikasi PKG Terbaru

Guru-id.com, Bila teman-teman guru sedang menyusun dokumen untuk proses kenaikan pangkat baru, maka dibutuhkan berkas penilaian kinerja guru. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibagikan Panduan penilaian kinerja Guru (PKG) beserta sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian kinerja Guru. Adapun aplikasi ini dilengkapi grafik penilaian skor dalam format excel.

gambar aplikasi PKG 2021

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Mendikbud yang baru sangat memperhatikan betul masalah pendidikan di negeri ini. Hal ini tak lain karena pemerintah menginginkan adanya pendidikan yang ideal dan sesuai dengan harapan banyak orang. Salah satu yang menjadi perombakan baru di dunia pendidikan adalah masalah PKG.

Penilaian Kinerja guru atau PKG sendiri memiliki fungsi sebagai rekapan nilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi serta keterampilan yang diperlukan pada proses belajar mengajar, pembinaan, atau bisa juga pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.

Dengan cara ini maka di harapkan ada evaluasi terhadap kinerja guru seberapa evisienkan mereka mengajar. Untuk membuat laporan penilaian kinerja guru 2017 - 2018 ini ternyata tidak semudah apa yang kita bayangkan. Meski demikian dengan perkembangan zaman saat ini, sekarang sudah ada yang namanya Aplikasi PKG Terbaru yang bisa anda manfaatkan sebaik- baiknya. Terlebih aplikasi ini dapat anda unduh dan download secara gratis disini

Aplikasi PKG biasanya akan berbasis excel. Untuk menggunakanya, khusus buat anda berikut kami berikan ulasanya mengenai hal tersebut:

  1. Isi tanggal penilaian, periode penilaian yang harus kamu isi dengan semester berapa serta jumlah jam mengajar guru.
  2. Isi secara lengkap data guru serta data sekolah sesuai denga format lalu klik formnya maka akan muncul.
  3. Klik kom satu dan kom dua untuk mengisi nilai yang sesuai dengan kompetensi yang ada.
  4. Tombol menu format 1C untuk nilai akhir, fromat ID guna melihat nilai angka kridit.
  5. Sedangkan yang terakhir adalah tombol print yang berfungsi sebagai tombol untuk mencetak hasil penilaian.
  6. Untuk selebihnya bisa anda pelajari sendiri.

Itulah gambaran mengenai Aplikasi PKG Terbaru 2017. Meski demikian masih ada hal- hal lain yang perlu anda perhatikan untuk menggunakan aplikasi yang sangat membantu ini. yakni,

  1. File ini hanya untuk satu orang guru saja. Oleh karena itu sebaiknya anda gandakan terlebih dahulu apabila hendak digunakan untuk beberapa guru di sekolahan anda.
  2. Jangan lupa untuk mengubah lebih dulu antara pilihan nilai tiap kompetensi.
  3. Gunakan huruf V untuk pilihan skor yang tersedia.

Link Download Aplikasi PKG

Sesuai judul posting Pada kesempatan ini saya akan membagikan format aplikasi penilaian kinerja guru versi 2020 yang bisa di download gratis melalui blog ini.


👉Ayo download aplikasi pkg versi 2020 dengan cara klik "👉COMOT DISINI". Setelah selesai buka aplikasi dengan excel

Isikan data data yang diperlukan seperti yang sudah dituliskan diatas.

Aplikasi PKG lainnya

Berikutnya ini adalah link download aplikasi penilaian kinerja guru format excel terbaru revisi 2017 - 2018.

Source app pkg : http://purnawanto.blogspot.co.id/

Pada tampilan aplikasi pilih Isian identitas untuk mengisi data sekolah data guru. Seperti penampakkan gambar dibawah.

Pada kompetensi yang dinilai, pilih menu kompetensi, misal kompetensi 1 yang telah otomatis terisi. Klik cetak untuk mencetak atau klik format 1A dan isilah data data rekap hasil penilaian kinerja guru juga nilai kompetensi seperti penampakkan dibawah

Selanjutnya buka format f3 yang berisi format refleksi guru yang diisi oleh guru bersama koordinator PKB.

Berikutnya buka format f4 yakni Deskripsi Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri. lihat contoh format dibawwah ini

Berikutnya buka format F1A yang berisi laporan dan evaluasi penilaian kinerja guru mata pelajaran seperti penampakkan gambar dibawah.

Mengenai contoh cover dan laporan penilaian kinerja guru (pkg) terbaru bisa anda download didalam aplikasi.

Berikut kami bagikan cara penilaian kinerja guru kelas dan guru mata pelajaran terbaru tahun 2017/2018.

Kompetensi 1: Mengenal karakteristik peserta didik
Pernyataan
Guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.

Cara Penilaian: Pengamatan dan Pemantauan
Sebelum Pengamatan:

1. Mintalah daftar nama peserta didik.
a. Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik secara random. Tanyakan bagaimana kemampuan belajar keempat peserta didik tersebut. Mintalah bukti hasil ulangan terakhir keempat peserta didik tersebut.

b. Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain. Tanyakan bagaimana karakteristik keempat peserta didik tersebut (aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb.).

2. Mintalah guru untuk memilih satu nama peserta didik dengan karakteristik teretntu (misalnya aspek intelektual). Tanyakan bagaimana cara membantu mengembangkan potensinya tersebut.

3. Mintalah guru memilih satu nama peserta didik dengan kekurangan tertentu (misalnya aspek sosial). Tanyakan bagaimana cara membantu peserta didik tersebut untuk mengatasi kelemahannya.

4. Tanyakan kepada guru, apakah di kelas ada peserta didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu. Bila ada, bagaimana cara memastikan bahwa peserta didik tersebut dapat belajar dengan baik.

5. Tanyakan kepada guru, apakah baru-baru ini ada kejadian luar biasa dalam keluarga peserta didik (kelahiran, kematian, sedang ada yang sakit, dsb.). Tanyakan apakah hal tersebut berdampak terhadap pembelajaran peserta didik yang bersangkutan, dan bagaimana mengatasinya.

6. Tanyakan kepada guru apakah ada peserta didik di kelas yang selalu menggangu peserta didik lain. Bila ada, bagaimana upaya untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lain.

7. Mintalah guru untuk menjelaskan karakteristik umum kelas yang diajarnya (kelas yang rata-rata memiliki peserta didik yang cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam mata pelajaran tertentu, dsb.).

Selama pengamatan

1. Amati apakah guru mengatur posisi tempat duduk peserta didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan.

2. Amati apakah guru hanya diam di depan kelas atau berkeliling mensupervisi semua peserta didik.

3. Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin dengan bertanya kepada peserta didik tentang keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan pada papan tulis).

4. Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin bahwa semua peserta didik secara aktif melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

5. Amati apakah ada peserta didik yang melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang seharusnya dilakukan dan bagaimana guru bersikap terhadap peserta didik yang demikian.

Setelah pengamatan

1. Tanyakan kepada guru apakah ada alasan tertentu dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di dalam kelas (karena pendengaran atau penglihatan yang kurang jelas, karena perlu konsentrasi, dsb.

2. Mintalah guru menjelaskan persepsinya tentang hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah ada anak yang tidak berpartisipasi, dsb.).

Pemantauan:

Periksa pada awal dan pertengahan semester apakah guru membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik.

Segera unduh Instrumen penilaian kinerja guru diatas untuk memudahkan anda dalam merekap nilai PKG. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bia bekerja lebih efisien dan bisa menggunakan waktu anda untuk hal- hal lain yang lebih bermanfaat. Selain itu dengan anda semakin memutakhirkan teknologi yang ada di lingkungan sekolah itu berarti anda juga ikut secara aktif untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang ideal dan banyak di harapan orang.

demikianlah ulasan tentang Aplikasi PKG, semoga apa yang kami paparkan bermanfaat untuk anda. sekian dan terimakasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel