Contoh Model Pembelajaran Unik, Menarik & Menyenangkan

Update Metode pembelajaran Unik Menarik & menyenangkan. Pada posting kali ini, blog guru-id.com ingin berbagi seputar metode Pembelajaran dan salah satunya adalah yang menyenangkan bagi peserta didik. Sebagaimana yang bapak ibu guru pendidik ketahui, pembelajaran menyenangkan adalah adanya pola hubungan baik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Guru memosisikan diri sebagai mitra belajar siswa, bahkan dalam hal tertentu tidak menutup kemungkinan guru belajar dari siswanya. Dalam hal ini perlu diciptakan suasana yang demokratis dan tidak ada beban, baik guru maupun siswa dalam melakukan proses pembelajaran. (DR.Rusman, M.Pd, 2011, hlm.326). Artinya jika tercipta suasana pembelajaran yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian peserta didik tercurah, lingkungan belajar yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi, maka bisa dikatakan pengajar telah menciptkan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan.

Sahabat pendidik, Ekspresi wajah seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang sedang berinterksi dengan pikirannya. Bentuk ekspresi yang keluar dapat menyimpulkan suasana hati dan pikirannya, misalnya tersenyum itu artinya orang tersebut nyaman atau tertarik dengan apa yang disekitarnya. Wajah tanpa ekspresi atau yang biasa diistilahkan muka datar juga merupakan contoh ekspresi wajah yang ditimbulkan seseorang untuk mengekspresikan ketidaktertarikan perasaannya terhadap situasi yang sedang terjadi atau bisa jadi pikirannya tidak sedang ditempat/di situasi yang sedang terjadi, bisa dibilang tubuhnya disini tapi pikirannya disana. Jadi apapun yang sedang terjadi di sekitarnya walaupun ramai ribut sekalipun tetap tidak dimengerti olehnya.

Terkait dengan Pembelajaran Menyenangkan

Nah bapak ibu guru pernahkah memperhatikan setiap ekspresi yang dikeluarkan pesrta didik anda selama proses belajar sedang berlangsung atau ketika bapak/ibu sedang menjelaskan materi pelajaran? Jika diperhatikan satu per satu maka akan terlihat ekspresi yang berbeda-beda dari setiap siswa. Semua guru/pendidik mengharapkan ekspresi yang menyenangkan dari semua siswa. Tersenyum, fokus dengan penjelasan guru, sibuk memperhatikan dan mencatat di buku, bertanya yang relevan dengan apa yang dibahas. Terkadang apa yang diharapkan berbeda dengan kenyataan, sebagian siswa memasang ekspresi yang datar, bingung bahkan terlihat jelas ekspresi mengantuk di wajah mereka. Bagaimanakah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan? Yang membuat semua ekspresi siswa sama yaitu menyenangkan.

Ada tiga hal penting pada saat proses pembelajaran berlangsung. Ketiga hal ini akan menentukan suatu pembelajaran itu menyenangkan atau bahkan sebaliknya.

Contoh Metode Pembelajaran Yang Menyenangkan

1. Metode Pembelajaran Menyenangkan Di Dalam Kelas

Ada beberapa bab materi yang dianggap berat karena terlalu padatnya materi, siswa biasanya mengeluh, bisan bahkan mengantuk jika mempelajari bab tersebut. Para guru harus pandai-pandai mencari strategi dalam menyampaikan materi seperti ini. Kombinasikanlah beberapa model pembelajaran supaya proses belajar tidak monoton. Materi pebelajaran yang berupa penjelasan yang banyak jangan hanya menggunakan metode ceramah, hal ini tentu akan membuat siswa merasa didongengkan dan sudah jelas mereka mengantuk.

Nah agar pembelajaran menjadi menyenangkan, maka Gantilah model pembelajaran misalnya diskusi, tanya jawab, praktek langsung, atau bahkan bisa juga menambahkan kuis-kuis kecil yang akan membuat siswa sedikit terpacu ketika pembelajaran berlangsung bahkan mampu meningkatkan aktifitas siswa dan pada akhirnya menghilangkan kebosanan siswa.

Berikut contoh pembelajaran menyenangkan di dalam kelas:

  • Cobalah mengajak siswa merubah suasana belajar setidaknya merubah posisi tempat duduk di kelas yang tadinya posisi sejajar menghadap ke papan tulis diubah melingkar mengelilingi kelas atau dibuat berkumpul menjadi satu meja di tengah ruang kelas.
2. Metode Pembelajaran Menyenangkan Di Luar Kelas
gambar model pembelajaran menyenangkan

Sahabat edukasi, Kondisi tempat belajar mempengaruhi menyenangkan atau tidaknya kegiatan belajar. Coba bayangkan jika kita terus menerus duduk atau berdiri pada posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama, jelas merasakan kebosanan yang memuncak, sama halnya dengan siswa yang selama ini duduk di bangku dan ruang yang sama setelah beberapa kali pertemuan belajar.

berikut contoh pembelajaran menyenangkan di luar kelas

  • Jika perlu belajar di ruang lain misalnya ruang multimedia, laboratorium, auditorium atau ke luar ruang/di alam terbuka yang akan membuat siswa menemukan hal baru selama belajar. Dengan perubahan suasana belajar akan menambah semangat belajar dan merubah pembelajaran yang tadinya membosankan menjadi pembelajaan yang menyenangkan.
3. Metode Pembelajaran Interaksi antara guru/pendidik dan siswa/peserta didik

Dalam kegiatan pembelajaran terjadi proses pertransferan ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa. Tujuan pembelajaran dianggap tercapai apabila semua siswa memahami dan mampu menyerap serta mengingat materi pelajaran yang diberikan. Agar tujuan pembelajaran tercapai butuh proses pembelajaran yang menyenangkan. Interaksi antar guru dan siswa yang tidak terlalu tegang/rileks dan terjadi secara continu artinya selama proses pembelajaran guru menanyakan beberapa hal kepada siswa atau sebaliknya yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari. Guru harus pandai menciptakan suasana pembelajaran menyenangkan yang tetap fokus pada pencapaian tujuan pembelajaran

berikut contoh pembelajaran menyenangkan dalam bentuk Interaksi

  • interaksi ice breaking berupa games atau hanya variasi tepuk tangan yang tidak menghabiskan waktu yang lama, hal ini akan sangat membantu untuk membuat semangat siswa kembali meningkat ketika sudah mulai mengantuk dan hilang konstrasi belajar.
  • Bentuk interaksi lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang guru adalah memberikan perhatian lebih dengan motivasi-motivasi yang akan kembali menyemangati siswa untuk belajar. Hal ini bisa disisipkan selama proses pembelajaran atau bisa dilakukan pada akhir pembelajaran bagian penutup sekaligus menambah motivasi belajar pada pertemuan pembelajaran berikutnya.
Download Macam-Macam Contoh Pembelajaran Menyenangkan - DISINI

Demikian share contoh pembelajaran yang menyenangkan. Semoga memberikan manfaat untuk kita semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel