RPP PKN SMA/MA Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Revisi Tahun 2017/2018

Contoh RPP PKN SMA Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Revisi Tahun Terbaru 2017 kelas x, Xi, XII - Hari-hari terus berlalu, tak terasa sebentar lagi sekolah akan memasuki tahun ajaran baru 2016/2017. Bagi bapak ibu guru yang saat ini sedang mudik, silahkan dinikmati masa liburannya berkumpul bersama keluarga tercinta, bagi yang tidak pulang ke kampung halaman, juga dinikmati liburannya, nah bagi yang jomblo monggo cari pasangan sekarang sudah tahun 2017 loh... hahaha maaf jadi ngawur, soalnya yang nulis masih jomblo.

Bapak ibu guru yang berbahagia, Selama liburan ini mungkin ada yang terlupakan bahkan tidak banyak yang menyadarinya kalau sebentar lagi Tahun Pelajaran baru akan segera dimulai. Masa-masa liburan memang mengasyikkan dan membuat lupa semuanya, namun sekedar mengingatkan bagi pembaca setia blog ini, bahwa Program Pembelajaran tetap harus dibuat karena merupakan kewajiban Pendidik. Tanpa program yang baik tentunya hasil yang didapat tidak akan optimal. Oleh karena itu melalui posting ini saaya selaku admin blog guru-id.com akan berbagi dokumen-dokumen yang mendukung dalam membuat program pembelajaran dan salah satunya Adalah Perangkat pembelajaran.

Dokumen Perangkat pembelajaran harus tersusun dengan benar, dan urutannya adalah Silabus, KKM, Analisis Minggu Efektif, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes) dan yang terakhir Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Nah pada posting kali ini yang akan blog guru-id bahas adalah mengenai RPP.

Baca juga: Urutan susunan perangkat pembelajaran Yang Benar

Pada kurikulum 2013 ada sedikit revisi terkait dengan pembuatan RPP yang perlu diperhatikan yakni, pertama, Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun *KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP. Kedua Dalam RPP*, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan *materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian* (jika ada). Semoga dipahami.

Sedangkan tambahan revisi rpp k13 SMA tahun 2017 adalah terintegrasi 4 poin penting yakni hots, PPK, literasi dan 4c.

gambar RPP PKN SMA Kurikulum 2013 Revisi

Contoh RPP PKN SMA Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Revisi

Sahabat edukasi yang berbahagia, sebelumnya kami mohon maaf, karena Contoh RPP yang blog guru-id bagikan di posting ini hanya khusus untuk Mata pelajaran PKN Kurikulum 2013 Kelas X, XI , dan XII. Untuk RPP Perminatan dan mapel wajib akan kami bagikan pada posting-posting selanjutnya. Selain RPP ada juga Silabus terbaru sudah revisi. nah berikut salah satu contoh RPP kelas X Semester 1 yang kami maksud secara ringkas...

Jangan lupa download juga: RPP PJOK SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013

PERTEMUAN I (HARI I ):
A.    Tujuan
1)      Menganalisis persamaan kedudukan warga negara
2)      Membangun sikap dan perilaku berdasarkan saling menghormati dan menghargai di tengah keberagaman
3)      Menyadari makna keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender.
B.     Materi Pembelajaran
Persamaan kedudukan warga negara

C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan umum      : contextual teaching and learning
Metode                                    : discovery, diskusi
 
D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
a.       PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education  1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.      Alat
a.    Komputer
b.    Infokus
c.    Spidol
d.    Whiteboard
e.    Penghapus
3.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education  1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang persamaan kedudukan warga negara.
b.      Apersepsi: bertanya tentang apa yang siswa ketahui mengenai persamaan kedudukan warga negara.
-          Apa yang kamu ketahui tentang keberagaman?
-          Apa yang kamu ketahui tentang perbedaan?

c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini.

Untuk lebih jelasnya silahkan bapak ibu guru download melalui tautan dibawah

Download RPP dan silabus PKN SMA Kurikulum 2013

Demikian share tentang RPP dan silabus PKN SMA Kurikulum 2013 yang bisa kami bagikan untuk tahun pelajaran 2017/2018. Semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru. Nah berikutnya jangan lupa download RPP Sejarah Indonesia SMA Kurikulum 2013

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel