Portal Bos Kemdikbud Dan Cara Login dan Laporan BOS ONline 2021

Sobat Operator, Ada menu baru di portal bos kemdikbud tahun 2021. Silahkan login dan klik menu konfirmasi rekening untuk memastikan bahwa rekening anda sudah sesuai dengan data bank. Semoga dipahami.

gambar login bos 2021

Sahabat edukasi, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa semua satuan pendidikan di lingkungan kemdikbud wajib melakukan laporan penggunaan BOS tiap triwulan secara online melalui portal bos kemdikbud.

Pada tahun ini, memasuki semester genap 2021/2021 sekolah juga wajib melakukan verifikasi rekening sekolah guna kelancaran penyaluran Dana BOS Tahun 2021

Perlu dibaca : Cara verifikasi Rekening Sekolah di bos kemdikbud.

Ok pada postingan kali ini guru-id mencoba berbagi informasi mengenai bos kemdikbud terbaru 2021. Sebenarnya tidak begitu banyak perubahan, hanya cara login saja yang lebih mudah karena menggunakan SSO Dapodik yang artinya kita masuk dari satu pintu menggunakan akun dapodik.

Adapun penggunaan sistem login (Single Sign-on) pada website kemdikbud yang datanya terintegrasi dapodik bertujuan untuk mempermudah pengguna, karena hanya dengan satu kali login menggunakan akun sso, admin/operator dapat mengakses beberapa aplikasi kemdikbud.

Login BOS kemdikbud

Oke langsung saja kita praktikan cara login bos tahun 2021. caranya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah !

πŸ‘‰Pertama silahkan langsung menuju alamat website bos kemdikbud yang baru di link berikut : https://bos.kemdikbud.go.id/portal/welcome

πŸ‘‰ Pada laman utama silahkan teman-teman klik tombol login di pojok kanan atas, atau jika ingin langsung login bisa langsung klik TAUTAN INI.

πŸ‘‰ Pada laman sistem informasi bos, ada beberapa pilihan keperluan login diantaranya :

Bank
Dinas Propinsi
Dinas Kabupaten/Kota
Sekolah
Direktorat
Kemendikbud
Pengelola
KPPN

πŸ‘‰ Pada postingan ini guru-id akan memberitahukan cara login bos untuk sekolah. jadi pada login type silahkan pilih "Sekolah"

πŸ‘‰ Pada laman selanjutnya klik tombol "Login SSO Dapodik", nah setelah diarahkan ke halaman form login SSO Dapodik, silahkan ketikkan email dan password dapodik sekolah anda lalu klik tombol Masuk.

Pengingat

✅1. Jika berhasil login Bos, maka browser internet anda akan diarahkan ke Dashboard bos kemdikbud sekolah anda.

✅2. Lalu bagaimana jika gagal login Bos sehingga tidak masuk ke laman utama bos kemdikbud, pastikan email dan password yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan akun dapodik.

✅3. Periksa kembali email dan password, apakah ada yang kurang, terutama kombinasi huruf password mungkin ada yang kapital atau tombol capslock aktif.

✅4. Coba memilih "Login Alternatif Sekolah" dengan opsi ini, anda wajib menyiapkan email operator sekolah, NPSN dan kode registrasi dapodik.

✅5. Jika masih gagal, silahkan hubungi operator dinas pendidikan kabupaten/kota, dan beritahukan permasalahan ini.

Lapor Bos Online

Berikutnya ada pertanyaan terkait dengan Bagaimana cara lapor bos online tahun 2021 ? tentu saja masih sama dengan tahun sebelumnya, hanya tampilan menu saja yang berubah dan juga navigasi yang lebih mudah diakses pengguna.

Saran guru-id, untuk menghindari kesulitan masuk ke bos kemdikbud, karena lonjakan trafik yang tinggi. pastikan anda laporan di waktu yang bersahabat dalam artian waktu-waktu tertentu misalnya setelah magrib, atau setelah sholat subuh.

Selain itu, demi kelancaran laporan bos online sekolah anda, gunakanlan browser google chrome.

Oke, Untuk mempermudah bapak ibu bendahara Sekolah, telah kami sediakan langkah-langkah bisa anda ikuti:


Step 1 : Untuk melakukan pelaporan penggunaan dana BOS tahun 2021 di laman bos kemdikbud silahkan klik menu LAPOR lalu klik tombol tambah

gambar cara lapor bos 2019

Pada laman berikutnya silahkan pilih tahun dan triwulan, kemudian isikan jumlah dana pada form yang tersedia. Untuk pengisian dana perkomponen harus diisikan oleh bendahara sekolah.

gambar cara lapor BOS kemndikbud
Akhir Kata

Demikianlah informasi terkini tentang bos kemdikbud yang bisa guru-id bagikan. Smeoga bermanfaat khususnya untuk rekan-tekan operator sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel