Geisa Online Versi baru 1.5.4 Download di https://geisa.online/

Pada tanggal 30 juli 2018 geisa online telah merilis aplikasi geisa client terbaru versi 1.5.4 beta yang bisa bapak dan ibu donwload di situs resminya beralamat https://geisa.online/. Sebagaimana kita ketahui aplikasi ini terintegrasi dengan dapodik dan merupakan aplikasi yang nantinya akan digunakan operator sekolah untuk keperluan absen dhgtk, fingerprint yang mengirimkan datanya secara online ke server pusat. Geisa client kepanjangan dari General Equipment and Integritas System Of Attendance. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini masih versi beta, postingan ini sebenarnya hanya wacana saja dan sebagai pengetahuan awal untuk rekan-rekan operator dapodik.

Adapun Sistem Online GEISA Client merupakan Aplikasi tambahan untuk Absensi Online Dapodik (DHGTK). Untuk lebih jelasnya silahkan download terlebih dahulu file penting yang berhubungan dengan aplikasi geisa online melalui tautan yang admin sematkan dibawah


Tampilan aplikasi geisa online yang telah terkoneksi dengan dapodik dan juga aplikasi fingerprnt sekolah dapat bapak dan ibu lihat dibawah penampakkannya.

Jangan lupa untuk cek hasil sinkronisasi aplikasi geisa online finger print ke DHGTK langsung klik Login DHGTK . Disana anda akan menampilkan data guru dan pegawai yang sudah melakukan absen online baik yang hadir maupun yang alpa. Cek penampakkan dibawah

gambar Geisa Online Versi baru 1.5.4

Berikutnya adalah kami share kan secara lengkap Cara Install Aplikasi Geisa Online di Laptop Dapodik anda. Semoga bermanfaat

Langkah pertama: Instal Aplikasi Geisa Client, pada Laptop Anda yang sudah memiliki Aplikasi Dapodik. Buka web http://geisa.online

Langkah kedua:Silakan klik atau download file installer Aplikasi Geisa Client ukuran file installer Aplikasi Geisa Client sebesar 41,2 MB harus Anda download pada saat pertama kali instal.

Langkah ketiga: Setelah proses download complete, buka dan instal Aplikasi Geisa Client pada komputer Anda.

Langkah keempat: Setelah Proses Instal selesai, buka browser, kemudian ketik http://localhost:9315 untuk menjalankan Aplikasi Geisa Client pada browser, kami merekomendasikan browser chrome, untuk kelancaran operasional.

Langkah kelima: Silakan dilanjutkan dengan Login ke Aplikasi Geisa Client, dengan menggunakan username password yang sama dengan Aplikasi Dapodik Anda.

Langkah keenam: Jika Anda sudah berhasil Login, berikut tampilan utama Aplikasi Geisa Client :

gambar aplikasi geisa client dapodik

Adapun Aplikasi Geisa Client berada di tengah-tengah, diantara Mesin Finger Print X100C, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa yang berada terpusat (di Jakarta). Server Geisa bertugas untuk mengumpulkan seluruh data log absensi guru yang berasal dari Aplikasi Geisa Client, kemudian data log absensi guru yang sudah sukses terkirim akan diproses dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya seperti DHGTK, SIMTUN dan lain-lain.

Untuk mengecek Komputer/Laptop anda, apakah sudah berhasil terkoneksi dengan baik secara jaringan ke Mesin Finger Print, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa, Anda dapat cek pada kolom sebelah kanan bawah, di menu utama Aplikasi Geisa Client, sebagai berikut :

gambar status koneksi aplikais geisa online

Pada contoh diatas, terlihat status koneksi yang berwarna hijau menandakan bahwa Aplikasi Geisa Client sudah terhubung dengan baik dengan Server Geisa, sedangkan status koneksi berwarna merah menandakan Aplikasi Geisa Client belum terhubung secara jaringan ke Aplikasi Dapodik dan Mesin Finger Print.

Untuk membuat status koneksi ke Mesin (Finger Print) menjadi hijau, pastikan Mesin Finger Print telah terhubung dengan jaringan ip network sekolah melalui Kabel LAN ke jaringan ip network sekolah (HUB yang sama, Router yang sama, atau WIFI yang sama) sehingga Mesin Finger Print dapat berkomunikasi secara jaringan ke Laptop Anda. Teknisnya, ip address yang digunakan pada Laptop dan Mesin Finger Print harus berada dalam satu segmen ip address yang sama, sehingga keduanya dapat saling berkomunikasi dengan baik lewat jaringan ip network sekolah.

Untuk membuat status koneksi ke Server Geisa menjadi hijau, pastikan laptop Anda sudah terhubung dengan Internet dengan baik.

Secara Periodik Operator Aplikasi Geisa Client dapat melakukan pengiriman data log kehadiran ke Server Geisa yang berada terpusat, dengan cara melakukan klik pada menu “kirim ke Server”.

Dan secara kesisteman, Aplikasi Geisa juga memiliki fitur untuk melakukan pengiriman otomatis, tanpa harus di klik manual, dan atau yang dapat diseting sesuai kebutuhan yang dapat menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Untuk kondisi internet on terus di sekolah, maka aplikasi Geisa Client dapat diseting otomatis dan atau manual klik untuk mengirimkan data log kehadiran, sedangkan untuk koneksi internet yang mengalami terkendala / gangguan / belum ada layanan internet di sekolah, maka operator akan melakukan pengiriman data secara klik manual, setelah menemukan koneksi internet.

sumber: http://geisa.online

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel