Buku tematik Kelas 6 SD/Mi Semester 2 Edisi Revisi 2018 Terlengkap

GAMBAR BUKU kelas 6 kurikulum 2013 semester 2 revisi 2018

Assalamualaikum. Saat ini Buku guru dan Siswa Kelas 6 tematik terpadu khusus Semester 2 Edisi terbaru Tahun pelajaran 2018/2019 Telah tersedia di blog guru-id dan bisa di download melalui tautan di bawah ini. Buku ini resmi diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan dan merupakan cetakan ke 2.

Buku ini terdiri dari 4 Tema yaitu Menuju Masyarakat Sejahtera, kepemimpinan, Bumiku dan menjelajah Luar Angkasa. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Dalam setiap subtema terdiri atas 6 pembelajaran dan diberikan refleksi dengan ikon “Sekarang Aku Bisa” di setiap akhir subtema. Melalui refleksi ini diharapkan siswa mampu mengukur sendiri kompetensi yang telah dikuasainya setelah mengikuti proses pembelajaran selama 1 subtema.

Untuk membedakan buku siswa dan guru cetakan 2018 dengan 2017 bisa anda lihat melalui cover buku di pojok kanan atas bertuliskan "EDISI REVISI 2018". Selanjutnya Tema buku yang terbaru juga berbeda dengan sebelumnya. Buku tematik edisi 2018 berisi materi pembelajaran yang lebih ke pembelajaran abad 21 yaitu terintegrasi literasi, PPK, HOTS dan 4C.

Buku k13 Kelas 6 Semester 2

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Tentang Buku Guru

Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:

  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian siswa.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku siswa. Kegiatan pembelajaran pada buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
  8. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya.
  9. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  10. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  11. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  12. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  13. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  14. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Tentang Buku Siswa
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan beberapa kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1-3. Kegiatan pada minggu terakhir ini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Struktur penulisan buku diusahakan semaksimal mungkin dapat memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Cari Tahu, Ayo Belajar, Ayo Berlatih, Ayo Amati, Ayo Lakukan, Ayo Renungkan, Ayo Kerjakan, Ayo Mencoba, Ayo Diskusikan, Ayo Menulis, Ayo Berkreasi, dan Ayo Bernyanyi.
  7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kegiatan untuk orang tua yang berjudul Kerjasama dengan Orang Tua. Kegiatan ini berisi, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua dapat belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
  10. Guru dan siswa dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada siswa terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.

Untuk mendapatkan file buku tematik kelas 6 kurikulum 2013 diatas, silahkan klik teks tema yang diinginkan. Selanjutnya pada laman conver link tunggu proses dan klik tombol visit link. Untuk mencetak buku tersebut sebagai bahan mengajar silahkan pada keyboard komputer anda tekan tombol CTRL+P. Semoga bermanfaat

1. Buku k13 Kelas VI Semester 2 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, UNDUH PDF

2. Buku k13 Kelas VI Semester 2 Tema 7 Kepemimpinan, UNDUH PDF

3. Buku k13 Kelas VI Semester 2 Tema 8 Bumiku, UNDUH PDF

4. Buku k13 Kelas VI Semester 2 Tema 9 Menjelah Luar Angkasa, UNDUH PDF

SEBAGAI REFERENSI SILAHKAN LIHAT JUGA ==> RPP K13 KELAS 6 SEMESTER 2 REVISI 2018

Artikel ini telah tayang di blog guru-id.com dengan judul "Buku tematik Kelas 6 SD/Mi Semester 2 Edisi Revisi 2018". Jika bermanfaat silahkan share. Apabila kesulitan Mengunduh silahkan Hubungi CHAT WA saya Di nomor 085273216532

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel