Info gtk tidak Valid, Jangan panik Cek lagi data dapodik apakah sudah benar?

Bismillah, sahabat guru nusantara, Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini portal info gtk telah menampilkan data validasi data Tunjangan Profesi guru priode Januari-Juni 2022. Status ujicoba juga sudah hilang, artinya data yang tampil sekarang sudah diupdate sesuai dengan data dapodik sekolah. Walaupun demikian masih banyak status info gtk yang tidak valid, namun sudah ada juga yang valid tinggal menunggu verifikasi dinas seperti penampakkan gambar dibawah !

info gtk valid 2022

Data tersebut merupakan validasi data tunjangan guru sebelum diterbitkannya Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP). Dalam hal ini setiap GTK wajib membuka data GTK guna melakukan koreksi data dapodik baik itu guru honor maupun PNS secara mandiri. Saat ini muncul Permasalahan baru pada info gtk misalnya tugas tambahan tidak valid, kabupaten/kota berbeda dengan sk pengangkatan, kelulusan sertifikasi tidak valid dan sebagainya.

Perlu diketahui saat ini memang masih banyak "Info gtk tidak valid" pada status validasi data Tunjangan Profesi tidak ditemukan. Lalu apa penyebabnya?

Jika data dapodik sudah benar, maka jangan panik karena server info gtk saat ini belum stabil, silahkan reload atau f5 browsernya tanpa logout, insyya allah akan berubah valid. atau jika masih tidak valid tunggu saja dulu dan cek kembali 2x24 jam. Selanjutnya Berikut beberapa data yang statusnya belum valid pada info gtk khususnya untuk Guru PNS.

1. Beban Mengajar

Jika ditemukan permasalahan beban mengajar belum valid di info gtk, maka lihat keterangannya. JIka masih proses, abaikan saja karena masih proses perhitungan dari admin simtun pusat.

Namun perlu diketahui cek juga di dapodik apakah data sudah sesuai? jika sudah sesuai abaikan saja, namun jika belum sesuai segera perbaiki melalui dapodik lalu sinkronkan lagi dapodiiknya.

Selain itu untuk memastikan data di info gtk sudah sesuai dengan dapodik, silahkan cek update terakhir data di lembar info gtk, bisa dilihat waktu dan tanggalnya.

2. Kepegawaian

Jika statusnya tidak valid di data BKN maka silahkan klik tombol update data BKN. Data yang ditampilkan pada gambar diatas diambil langsung dari webservice BKN.

Jika ada perbedaan data yang ditampilkan dengan dokumen yang Bapak/Ibu miliki, semua perbaikan/perubahan data hanya dapat dilakukan di BKN/BKD sesuai dengan standar prosedur yang berlaku di BKN/BKD.

Kemdikbud tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan/perbaikan data status kepegawaian PNS.

Jika data yang ditampilkan sudah sesuai dengan dokumen yang Bapak/Ibu miliki dan sudah sesuai dengan entrian pada data dapodik, maka dengan ini diharapkan menunggu proses validasi selanjutnya.

Jika dalam waktu 1 minggu dari sekarang belum ada perubahan data, clik kembali tombol untuk mengecek data BKN pada info GTK.

3. Kelengkapan data

Pada kasus ini misalnya masalahnya mengenai verifikasi manual S1, silahkan cek di riwayat pendidikan dapodik. kemudian edit atau tambahkan ijazah S1 yang sesuai dengan verval ijazah info gtk, baru tarik data di dapodik kemudian sinkron lagi dapodiknya.

Info dari admin pusat

Sehubungan dengan sudah updatenya info gtk 2022 versi terbaru (tanpa ‘Uji Coba’), dan dari hasil pengecekan info gtk, jadi hanya beberapa dari guru yang status info gtknya “VALID”.

Dari hasil validasi tahap ini sepertinya memang status Tunjangan Profesi “VALID” bagi PTK guru yang tidak memiliki ‘TUGAS TAMBAHAN’ di dapodik, dan bagi Bapak/ Ibu yg memiliki TUGAS TAMBAHAN, mohon bersabar menunggu validasi berikutnya dari Pusdatin kemdikbudristek.

Sedangkan bagi PTK Guru yang baru saja lulus Sertifikasi melalui program PPG th 2021, untuk info GTKnya masih berstatus “TIDAK VALID” dikarenakan info GTK masih dalam proses perbaikan data dan NRG Bapak/ Ibu yang dinyatakan “TIDAK VALID” pada menu status verifikasi Status Data Tunjangan Profesi juga masih dalam proses penarikan data oleh pihak Pusdatin Kemdikbudristek.

Bagi Bapak/ Ibu yang ingin mengecek Info GTK nya langsung silahkan login di web https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/, klik menu ‘Biodata’, pilih ‘Identitas’, lalu klik ‘Info GTK’ karena untuk saat ini web https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ masih belum bisa diakses dengan “Akun & PW PTK” Bapak/ Ibu saat ini.

Untuk Status pangkat PTK guru PNS yang masih belum berubah, harap bersabar menunggu validasi dari BKN .

Pelajari juga : Cara Mengganti password gtk di dapodik 2022

Mungkin perlu dibaca CARA CEK INFO GTK JANUARI-JUNI 2022

Pelajari juga : Cara mengatasi Info gtk 2022 tidak bisa login

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel