Download Prefill PMP 2019 dan Cara Memasukkannya ke Dapodik

Prefill PMP atau database yang di masukkan ke dalam aplikasi dapodik merupakan hasil generate dari laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Saat ini prefill tiap provinsi sudah bisa di download dengan menggunakan username, password dan kode registrasi dapodik.

Kabar terbaru yang guru-id terima dari pengawas binaan PMP sekolah tempat saya bekerja bahwa dalam waktu dekat aplikasi EDS versi offline akan segera dirilis. adapun Versi terbarunya masih belum diketahui.

Dalam informasi tersebut adalah beberapa poin penting yang perlu dibaca dan dipahami oleh operator sekolah. Berikut ini kutipannya.

1. Pastikan di Komputer/Laptop anda terinstall Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020

2. Unduh Aplikasi EDS Dikdasmen Offline pada link berikut (Unduh disini : pmp.kemdikbud.go.id/unduhan )

3. Install Aplikasi EDS Dikdasmen Offline versi 2019.11.11

4. Unduh Prefill dengan menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodik. (Unduh disini : pmp.kemdikbud.go.id/unduhan )

5. Masukkan File prefill sekolah Anda ke Folder C:\prefill_dapodik

6. Buka Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dan lakukan proses registrasi seperti aplikasi dapodik

7. Silahkan Login dengan akun dapodik sekolah Anda

8. Pemilihan kandidat responden pada manajemen pengguna sesuai dengan juknis terdahulu.

9. Pengisian instrumen untuk seluruh responden

10. Lakukan sinkronisasi untuk mengirim data EDS sekolah anda


Catatan:

1. Untuk versi saat ini, rapor mutu belum dapat ditampilkan pada Aplikasi EDS Offline.

2. Fitur Datamart (rekap dari dapodik) belum dirilis.

3. Beberapa saran dan perbaikan dapat disampaikan melalui LPMP/Dinas Pendidikan atau Menu Laporan dan Saran pada EDS Online.

4. Panduan Singkat Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dapat diunduh di tautan ini.



Cara Download Prefill PMP 2019

Tulisan ini ditujukan kepada operator dapodik yang masih pemula, karena jika anda yang sudah menjadi dedengkot dapodik tentunya tidak perlu lagi membaca panduan ini.

Untuk mempermudah penjelasan pada poin-poin diatas, berikut ini adalah langkah-langkah generate dan mengunduh prefill PMP 2019.

Step 1 Klik Link ini : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan, selanjutnya pilih "Provinsi". (Misal : Sumatera Selatan) Lihat penampakkan dibawah.

gambar cara download prefill pmp 2019

Step 2, Pada form yang tersedia ketikkan username, password, dan kode registrasi Dapodik, kemudian klik tombol "Generate". Password yan digunakan adalah password dapodik terbaru.

gambar cara generate prefill pmp 2019

Step 3, Setelah berhasil melakukan generate prefill pmp sekolah anda. pada laman selanjutnya klik teks download warna biru agar prefill terunduh dan bisa dimasukkan ke aplikasi dapodik sekolah anda.

gambar download prefill pmp 2019

Step 4,Setelah file prefill dapodik berhasil di download langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dapodik. caranya cukup mudah, kopi atau cut prefill pmp yang tadi sudah terdownload, kemudian pastekan di Folder C:\prefill_dapodik . Lihat gambar dibawah.

gambar cara memasukkan prefill pmp 2019 ke dapodik


Tips Agar berhasil Generate Prefill PMP 2019

Gagal Unduh prefill PMP offline versi 2019 merupakan ketidakberhasilan melakukan generate prefill. Faktor utama penyebabnya adalah Server PMP tidak bekerja.

Sebagai contoh link prefill yang dipajang di laman unduhan prefill banyak yang tidak berfungsi alias error. entah masalahnnya apa, namun hal ini tentu memperlambat pengisian kuesioner.

Di postingan kali ini guru-id mencoba berbagi tips asal-asalan yang bisa diocoba untuk melakukan generate prefill PMP aplikasi anda.

Jika cara ini berhasil, mungkin ini hanya kebetulan, tapi jika gagal salahkan admin pmp dikdasmen, jangan salah saya. karena saya hanya mencoba berbagi.

Pertama, gunakan browser google chrome, sangat disarankan. karena saya menggunakan browser tersebut

kedua, Pastikan Jaringan Internet di lokasi anda lancar jaya, minimal 4G, arena tanpa Internet percuma tips ini akan gagal.

ketiga, Siapkan secangkir kopi panas dan makanan berat dan ringan agar penantian anda tidak membosankan.

KeempatWaktu generate prefill agar tips ini berfungsi adalah pukul 00.00 s.d selesai. jika anda mencobanya sebelum waktu tersebut, silahkan saja. tidak ada apa

KelimaGunakan link unduh prefill alternatif 10 , 11 dan 12. pastikan melakukan CTRL+F5 jika laman error

Demikianlah Informasi tentang prefill pmp 2019 beserta langkah-langkah singkat cara generate dan mengunduhnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel