RPP 1 Lembar Kelas 1 sampai 6 Semester Ganjil dan Genap 2021/2022

Pembelajaran tatap muka kini telah dimulai tepat pada tahun pelajaran 2021/2022. Istilah pembelajaran terkini dikenal dengan pembelajaran tatap muka terbatas. oleh karena itu guru-id akan memberikan referensi contoh perangkat mengajar sebagai persiapan pembelajaran dikelas semester ganjil dan genap jenjang SD.

RPP 1 Lembar

Selanjutnya Bagi teman-teman guru yang ingin menghemat kertas, disarankan membuat rpp format selembar. Selain hemat biaya teman-teman guru cukup memasukkan tiga komponen penting saja. Sebagaiman kita ketahui bersama, Rpp format 1 lembar atau satu halaman merupakan hasil penyederhanaan berdasarkan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Dilaman ini kami coba berbagi referensi untuk teman-teman guru.

Lebih dari itu, guru-id kembali berbagi kumpulan RPP Terbaru format satu lembar. Kali ini guru-id membagikan RPP khusus untuk guru sd kelas 1 sampai 6. RPP yang guru-id bagikan ini tersedia untuk semester ganjil dan genap dan sudah di edit sesuai aturan baru pemerintah.

Sebagaimana kita ketahui bersama RPP merupakan dokumen penting yang menjadi Kebutuhan Guru Nomor satu di kelas. Dengan RPP pembelajar guru di kelas lebih terarah dan efektif.

Sesuai dengan judul posting RPP yang guru-id bagikan ini disusun berdasarkan edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Jadi RPP ini sudah guru-id sederhanakan menjadi tiga komponen saja. Sehingga Formatnya lebih hemat kertas karena hanya memuat satu halaman atau satu lembar saja.

Jika teman-teman guru bertanya, Bisakah saya melihat rpp 1 lembar sesuai edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019? Tentu saja bisa. karena di laman ini tersedia contoh-contoh lampiran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Atau Lesson Plan Merdeka belajar versi mendikbud

Sebelum menuju ke contoh, bahwa pak menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Anwar Makariem menerbitkan surat edaran tentang penyederhanan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru karena guru cukup terbebani dengan 13 komponen pada rpp kurikulum 2013 yang harus disusun secara rinci. Oleh karena itu, melalui pidatonya beliau mengungkapkan RPP bisa dibuat satu lembar saja.

Jadi dari belasan Komponen RPP, kini mendikbud telah melakukan penyederhanaan menjadi 3 Komponen inti yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Asesmen (Penilaian Pembelajaran.

Mendikbud mengatakan bahwa yang penting dalam RPP bukan hanya Penulisannya saja. Sebenarnya esensi rpp atau lesson plan adalah proses refleksi daripada guru itu.

Pada saat guru tersebut menulis RPP dan diajarkan di kelas dan dia kembali kepada rpp itu untuk melakukan refleksi apakah sudah tercapai atau belum. Nah dari situlah pembelajaran terjadi.

Contoh RPP sATU lEMBAR

Menurut mendikbud seluruh pengawas harus mengkoordinasikan perubahan rpp ini kepada sekolah agar dalam penyusunan RPP guru tidak merasa tebebani. Apalagi hanya untuk administrasi saja.

Mendikbud nantinya akan memberikan berbagai macam conton rpp yang singkat tapi berkualitas. Jadi rpp cukup satu halaman saja.

Sambil menunggu contoh rpp dari kemendikbud, sesuai judul posting, berikut contoh rpp sd yang telah diedit menjadi 1 lembar. format Ini hanya referensi saja, silahkan di sesuaikan dan dikembangkan sendiri oleh bapak dan ibu guru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan : .................................................

Kelas / Semester : 6 /2

Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera

Sub Tema 1 : Masyarakat Peduli Lingkungan

Muatan Terpadu : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke : 1

Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN

1. Setelah siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2. Setelah siswa berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3. Setelah siswa membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.

4. Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).

3. Menyanyikan Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.

4. Pembiasaan membaca/menulis 15-20 menit dimulai dengan guru. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan memberikan stimulus, ide, dan gagasan kepada siswa melalui gambar yang berisi tentang kepedulian terhadap lingkungan. Kemudian, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa

Kegiatan Inti

Ayo Mengamati

· Siswa mengamati berbagai gambar pada buku Siswa

· Siswa secara bergantian menceritakan kegiatan yang dilakukan pada buku

· Siswa mampu menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Berdiskusi

· Guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 5 anak.

· Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berlatih

  • Setelah siswa membaca teks Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia, guru dan siswa membahasnya sebentar

· Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.

· Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Renungkan

· Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Mandiri)

· Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung dalam bentuk tulisan (Creativity and Innovation)

Kerja Sama dengan Orang Tua

· Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

· Siswa juga menanyakan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan oleh keluarga untuk memaknai kemerdekaan yang diraih pahlawan.

Kegiatan Penutup

· Siswa diminta menyampaikan hasilnya kepada guru dan teman di sekolah. (Mandiri)

· Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

C. PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan

a. Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara memperkenalkan diri yang benar.

Penilaian Keterampilan



link Download RPP SD 1 Lembar

RPP kurukulum 2013 sd format 1 lembar ini tersedia untuk Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 . Sengaja guru-id share kan khusus semester 2, karena tak lama lagi kita akan memasuki tahun pelajaran 2019-2020 semester genap.

Adapun untuk Semester ganjil insya allah akan dibuatkan setelah ada contoh rpp resmi dari kemendikbud.

bagi bapak dan ibu guru yang ingin filenya dalam format PDF ataupun WORD bisa mendownloadnya melalui tautan google drive dibawah.

Semoga bermanfaat dan membantu, berikut link download

BUTUH REFERENSI RPP DARING ? =====> YUK LIHAT CONTOH RPP DARING 1 LEMBAR.

SEMESTER 1

1. Download rpp 1 lembar kelas 1 Semester 1, SELENGKAPNYA

2. Download rpp 1 lembar kelas 2 K13 SD/MI Semester 1, SELENGKAPNYA

3. Download rpp 1 lembar kelas 3 K13 SD/MI Semester 1, SELENGKAPNYA

4. Download rpp 1 lembar kelas 4 K13 SD/MI Semester 1, SELENGKAPNYA

5. Download rpp 1 lembar kelas 5 K13 SD/MI Semester 1, SELENGKAPNYA

6. Download rpp 1 lembar kelas 6 K13 SD/MI Semester 1, SELENGKAPNYA



SEMESTER 2

1. Download rpp 1 lembar kelas 1 K13 SD/MI Semester 2, UNDUH

2. Download rpp 1 lembar kelas 2 K13 SD/MI Semester 2, UNDUH

3. Download rpp 1 lembar kelas 3 K13 SD/MI Semester 2, UNDUH

4. Download rpp 1 lembar kelas 4 K13 SD/MI Semester 2, UNDUH

5. Download rpp 1 lembar kelas 5 K13 SD/MI Semester 2, UNDUH

6. Download rpp 1 lembar kelas 6 K13 SD/MI Semester 2, UNDUH



Berikut RPP k13 1 lembar SD/Mi khusus mata pelajaran di luar tematik revisi 2020.

1. Download RPP matematika satu lembar kelas 4 SD/Mi revisi 2020, Selengkapnya

2. Download rpp matematika satu lembar kelas 5 SD/Mi revisi 2020, Selengkapnya

3. Download rpp matematika satu lembar kelas 6 SD/Mi revisi 2020, Selengkapnya

4. Download RPP PJOK satu lembar kelas 4 SD/Mi revisi 2020, Selengkapnya

5. Download RPP PJOK satu lembar kelas 5 SD/Mi revisi 2020, Selengkapnya

6. Download RPP PJOK satu lembar kelas 6 SD/Mi revisi 2020, Selengkapnya



Penutup

Demikianlah Informasi tentang RPP 1 LEMBAR terbaru sesuai arahan Mendikbud. Jika bermanfaat silahkan share artikel ini ke guru yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel