Contoh rpp Sesuai Edaran no 14 Tahun 2019 SD SMP SMA

Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi contoh rpp sesuai edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Contoh rpp ini bisa digunakan oleh guru maupun kepala sekolah penggerak untuk persiapan simulasi mengajar. sebagaimana kita ketahui bersama Penyusunan RPP sebelumnya memang terlalu sulit dan memakan banyak waktu guru sehingga guru lebih fokus ke RPP dari pada pembelajaran.

Oleh karena itu pada kebijakan baru ini mendikbud memberikan kemudahan dalam penyusunan perangkat mengajar guru yaitu guru bebas berkreasi tentang format rpp demi keberhasilan belajar murid.

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin membaca surat edaran mendikbud tentang rpp terbaru berikut ini guru-id tuliskan kutipannya.

Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.

4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.



Tanya Jawab tentang RPP Terbaru

1. Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?

Jawab : Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

2. Apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid?

Jawab :

• Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

• Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

• Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

3. Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya satu halaman?

Jawab : Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

4. Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?

Jawab : o Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya.

o Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.

5. Berapa jumlah komponen dalam RPP terbaru?

• Ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.

• Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.



Download rpp sekolah penggerak

gambar rpp sekolah penggerak sesuai edaran mendikbud no 14 tahun 2019

Di bawah ini adalah dokumen penting terkait dengan Format RPP revisi terbaru tahun 2020-2021 yang sesuai arahan mendikbud.

🟥Contoh RPP 1 Lembar jenjang SD

🟦Contoh RPP 1 Lembar jenjang SMP

🟪Contoh RPP 1 Lembar jenjang SMA



Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel