Cara Sinkron Dapodik 2022 Beserta Tipsnya Agar Berhasil

Halo sobat dataku, Rekan-rekan operator sekolah dimanapun anda berada, Sebagaimana kita ketahui saat ini, aplikasi Dapodik versi 2022 semester ganjil sudah dirilis. beberapa perubahan dan perbaikan sudah di update melalui versi ini. Salah satunya adalah alur sinkronisasi yang hanya bisa dilakukan melalui akun kepala sekolah. jadi rekan-rekan jangan terkejut apabila di akun admin/operator sudah tidak ada lagi tombol sinkron karena memang fiturnya sudah di update dan digantikan dengan menu tarik data.

sinkron dapodik 2022

Sekedar saran, agar sebelum mengerjakan aplikaasi dapodik ini, rekan-rekan membaca terlebih dahulu panduan manualnya yang bisa di download melalui menu pusat unduhan dapodik sekolah anda. jika ingin langsung mengunduh silahkan download panduan aplikasi dapodik 2022 dengan cara klik TAUTAN INI.

Sesuai dengan judul posting, di laman ini penulis akan mencoba berbagi tips agar berhasil sinkron serat langkah-langkah mudah melakuan sinkronisasi aplikasi dapodik 2022 melalui akun kepala sekolah dengan memanfaatkan menu tuka pengguna. Bagi rekan-rekan yang sudah tahu cara ini silahkan abaikan saja artikel ini, karena artikel ini dikhususnya untuk rekan-rekan operator yang masih bingung baru atau pemula.

TIPS Sinkron Dapodik

beberapa permasalahan gagal sinkron dapodik 2022 banyak terjadi seperti proses sinkronisasi masih berjalan, gagal sinkron karena server sibuk, tidak terhubung dengan server, koneksi internet lambat, sinkron mentok tidak berjalan serta masih banyak mungkin permasalahan lainnya.

Nah, berdasarkan pengalaman, teman-teman operator bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini. Walaupun demikian tips yang guru-id bagikan ini tidak bisa menjamin proses sinkronisasi anda berhasil 100% karena ini hanya berbagi pengalaman. Tapi bisa dicoba

Memilih Waktu Yang tepat

👉 Pertama, Pada saat trafik server dapodik pusat melonjak, maka Waktu yang tepat untuk sinkronisasi dapodik menurut pengalaman saya adalah setelah selesai sholat magrib. kira-kira sekitar pukul 18.30 sampai 20.00 WIB (ini hanya pengalaman ya). Waktu ini tidak berlaku jika server sedang main tenis (Perbaikan)

Koneksi Internet Lancar

👉 kedua, Setelah teman-teman tau waktu yang tepat untuk mengirim data dapodik, pastikan juga koneksi internet lancar. Cek juga apakah paket internet masih memadai. Koneksi internet sangat pentinng. Oleh sebab itu carilah lokasi yang jaringan internetnya lancar.

optimalkan kinerja laptop Dapodik anda

👉 Dan yang tak kalah penting adalah mempercepat kinerja laptop dapodik anda. Bisa dengan menghapus riwayat browser internet terlebih dahulu sebelum sinkron.

atau menghapus file sampah laptop yang tidak berguna, baik melalui Disk cleanup maupun menghapus program yang tidak berguna di laptop anda.

Untuk cara menghapus file sampah pada laptop anda, bisa mengikuti langkah -langkah yang telah guru-id sajikan pada artikel berikut : Cara Agar kinerja laptop Cepat

Tambahan

1. Jika mengalami permasalahan gagal sinkron karena tidak terhubung dengan server cukup anda klik tombol refresh/reload, maka akan berubah statusnya menjadi terhubung dengan server.

2. Jika gagal sinkron karena proses sinkronisasi masih berjalan silahkan hapus riwayart browser kemudian restart laptop. Tunggu sekitar 5 menit baru sinkron lagi.

Cara Sinkron Dapodik 2022

#langkah pertama - Pada Aplikasi Dapodik sekolah anda klik menu Pengaturan. Lalu di pojok kanan atas klik tombol "Tukar akses pengguna" seperti gambar yang rekan-rekan lihat di bawah ini.

gambar menu tukar pengguna di dapodik

#langkah kedua - Pada jendela Validasi yang muncul silahkan entrikan atau pastekan 10 Digit kode registrasi Dapodik sekolah anda, lalu klik tombol "OK".

gambar cara tukar pengguna dapodik

#langkah ketiga - Pada jendela "Tukar akses pengguna"pilih nama kepala sekolah kemudikan klik tombol "tukar pengguna' Tunggu proses sampai tampil di laman beranda kepala sekolah seperti penampakkan dibawah ini.

gambar tukar pengguna dapodik

#langkah keempat Pada akun kepala sekolah, silahkan lakukan sinkronisasi seperti biasanya, mulai dari klik tombol validasi, sampai ke proses sinkronisasi. .

#langkah kelima penjelasan detail : Begi 3 Step cara sinkronisasi pada aplikasi dapodik versi baru 2021. Setelah divalidasi klik tombol "Sinkronisasi".

#langkah keenam Pada lembar konfirmasi sinkronisasi baca terlebih dahulu petunjuk kemudian klik tombol Lanjut seperti penampakkan dibawah.

gambar cara sinkronisasi aplikasi dapodikdasmen 2020 b

#langkah ketujuh Pada step 2, klik tombol "konfirmasi isian dapodik" tapi sebelumnya silahkan buka tiap tiap items (mulai dari GTK, Pembelajaran, Peserta didik, Sarana prasarana, dan sekolah) lalu centang semua isian yang akan di sinkron pada kolom yang tersedia, Jangan lupa menyentang ya. terutama bersedia menerima BoS

Data inilah nantinya yang akan dikirim ke server pusat. Jika tidak dicentang maka data yang anda ubah, tidak akan masuk ke server sehingga tidak akan mengalami perubahan.

gambar cara sinkron dapodik 2020 b

#langkah kedelapan Berikutnya pada laman persetujuan pengiriman data klik tombol "lanjut sinkronisasi".

gambar 3 cara sinkron dapodik 2020 b

#langkah kesembilan - Pada jendela Pernyataan INtegritas Dapodik, untuk melanjutkan proses sinkronisasi silahkan klik tombol lanjut. selanjutnya pada konfirmasi sinkronisasi klik tombol "YA" kemudian klik tombol sinkronisasi

Tips

1. Jangan terkejut jika data kepala sekolah tidak ada lagi di menu GTK, karena sudah dipindahkan di menu tendik. (Perubahan versi 2021).

2. Agar sinkronisasi berhasil, pastikan Koneksi Internet stabil

3. Pastikan tidak ada lagi data Invalid pada dapodik anda

4. Sebelum data disinkron pastikan kepala sekolah mengecek terlebih dahulu kevalidan datanya

Akhirnya

Penulis cukupkan sampai disini dulu tutorial tentang dapodik 2021 ini, semoga bermanfaat ya khususnya rekan-rekan seperjuangan yang baru dalam tugas ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel