Soal AN 2021 Materi AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar

Sahabat Edukasi, Asesmen Nasional Disingkat AN tak lama lagi akan dilaksanakan secara serentak mulai tahun 2021 mendatang. Sebagaimana yang telag dipaparkan kemdikbud materi asesmen nasional ada tiga yakni AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

gambar soal akm 2021

Oleh karea itu AN sangatlah berbeda dengan Ujian Nasional (UN) karena materi Asesmen lebih ke menguji kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.

Selain itu yang bakal calon mengikuti AN ini bukan kelas enam, sembilan atau kelas dua belas, tetapi kegiatan ASemesen Nasional akan diikuti oleh peserta didik kelas Lima, delapan dan sebelas.

Bagi satuan pendidikan yang pernah mengikuti pelaksaanaan simulasi AKM, ada sekitar 35 butir soal yang dikerjakan. Sedangkan untuk Soal Angket bervariasi adan yang 15 soal, ada yang 17 bahkan ada yang 20 soal.

Pada Soal-soal AKM agar bisa Menjawabnya, siswa harus melakukan analisis terlebih dahulu membaca setiap pertanyaan dan melihat Gambar (Literasi). Sedangkan untuk Angket materi soal lebih ke Karakteristik pribadi siswa.

Kemampuan literasi disini bukan kemampuan membaca siswa tetapi lebih mengacu kepada siswa/peserta didik memahami konsep suatu bacaan. Sedangkan Kemampuan numerasi bukan sekedar kemampuan siswa dalam menghitung melainkan lebih mengacu kepada kemapuan memahami konsep yang abstrak yang bisa diterapkan di kehidupan yang nyata.

Maksud dan tujuannya adalah agar guru/pendidik memiliki waktu dan bisa memperbaiki kekurangan dan kelemahan siswa dalam memahami materi selain itu mendorong siswa menggunakan kompetensi untuk menyelesaikan masalah

Jika anda mencari referensi latihan Soal AKM Tahun 2020/2021 ??? maka pada laman ini akan disajikan beberapa butir model soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Soal AKM 2021

Sesuai dengan judul Posting, penulis mencoba berbagi contoh-contoh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Jenjang SD SMP SMA SMK yang bersumber dari Puspendik.

Soal yang dibagikan ini hanya contoh dan sebagai bahan belajar peserta didik untuk pengenalan model soal AN tahun 2021 mendatang.

Oke bagi teman-teman guru yang membutuhkan latihan soal AKM bisa melihatnya melalui laman dibawah ini sesuai pilih sesuai kebutuhan.

Demikianlah informasi yang dapat dibagikan pada laman ini, semoga bermanfaat untuk mengenal soal ASesmen nasional tahun 2021 mendatang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel