RPP 1 lembar Kelas 6 Tema 2 Tahun 2021/2022

Sobat guru SD, Pada Tema 2 pada pembelajaran kelas 6 Semester ganjil membahas materi tentang Persatuan dalam Perbedaan. Dengan demikian kegiatan inti pada RPP guru harus disesuaikan dengan materi tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini kegiatan belajar mengajar akan memasuki semester ganjil tahun 2021-2022. Semua perlengkapan mengajar sudah harus fix di awal masuk sekolah.

gambar rpp kelas 6 tema 2 terbaru

Seorang Guru wajib mengutamakan membuat RPP diawal semester agar kegiatan mengajar di kelas efektif. dengan adanya rpp semua kegiatan belajar akan terarah dan sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan.

Format RPP tahun 2021-2022 sudah lebih sederhana dibandingkan tahun sebelumnya. yang dimaksud sederhana karena hanya berisi tiga komponen inti yaitu tujuan guru mengajar, Kegiatan mengajar yang dilakukan dikelas serta hasil dari kegiatan belajar itu sendiri.

Membahas sedikit tentang penyederhanaan RPP menjadi satu halaman. Mendikbud menegaskan RPP tersebut boleh memuat tiga komponen inti saja yang terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau Asessment. Dengan regulasi baru ini yang dasarnya adalah surat edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019, maka Guru bisa menyederhanakan RPP dari 13 komponen menjadi 3 komponen.

Sesuai dengan judul posting, di laman ini akan dibagikan referensi contoh "rpp kelas 6 tema 2 subtema 1 2 3 4"Hidup edisi terbaru 2020-2021 yang disusun sesuai dengan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Adapun ketiga komponen inti yang dimuat kedalam RPP sebagai berikut :

A. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

2. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.

3. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

4. Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.

b. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Siswa diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit.

 Kemudian, setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya. (Critical Thinking and Problem Solving)

 Siswa kemudian membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.

 Bersama temannya, siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing. Guru berkeliling untuk memastikan semua siswa aktif.

 Siswa menuliskan paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Penutup

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

C. Penilaian

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 6 tema 1 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.



Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa guru-id tulis terkait dengan rpp kelas 6 SD tema 2 ini. Semoga bermanfaat untuk penyusunan perangkat mengajar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel