RPP Daring kelas 5 Revisi Terbaru Tahun 2021

Menjelang Tahun pelajaran baru 2021/2022, laman guru-id kembali berbagi contoh rpp daring kelas 5. Teman-teman Guru sd pasti tidak sabar ingin melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka disekolah. Tapi apa daya demi memutus rantai penyebaran covid, daerah yang masih zona merah tetap harus melaksanakn kegiatan belajara moda daring.

Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi untuk membuat RPP Daring kelas 5 SD/Mi sederajat. Akan dibagikan contohnya di laman ini. untuk file lengkapnya belum kami sediakan, dikarenakan metode pembelajaran daring tiap daerah berbeda.

gambar rpp daring kelas 5

RPP daring yang kami bagikan ini hanyalah sebuah referensi. Teman-teman guru bisa mengeditnya sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan sarana belajar daring yang digunakan.

Sebagaimana kita ketahui saat ini, RPP disusun mengacu pada surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2020 dengan format disederhanakan menjadi tiga komponen.

Adapun tiga komponen inti pada format rencana mengajar guru antara lain Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan penilaian. Guru boleh menambahkan komponen lainnya seperti Kompetensi Dasar (KD) Sesuai kebutuhan.

Komponen lainnya bukan dihapus namun bersifat pelengkap saja. Guru bisa menyederhanakan RPP nya menjadi satu halaman saja. Namun jika mau lebih juga tidak masalah :). Kalau mau lebih hemat kertas dan biaya, silahkan dibuat satu lembar.

baik teman-teman, Sesuai judul Posting berikut contoh atau penampakkan rpp daring kelas 5 sd/mi format terbaru satu lembar.

Contoh RPP Daring

Berikut contoh rpp daring kelas 5 SD tema 1 yang dibuat oleh saya sendiri dan bisa dijadikan sebagai referensi oleh teman-teman guru.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan Mengamati Gambar organ gerak hewan dan manusia yang dikirim Guru melalui Grup Whats apps, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.

2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.

3. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.

4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi. (Hots)

2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.

3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.

1. Siswa Menonton Video Tentang Organ Gerak Manusia dan Hewan Yang dikirim Guru ke Grup

2. Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. (Critical Thinking and Problem Formulation)

• Secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan. (Creativity and Innovation)

• Penugasan (Mengerjakan soal daring)

C. Keja Sama Dengan Orang Tua

• Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut

Kegiatan Penutup

Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Untuk melihat contoh rpp daring dalam format word, teman-teman guru bisa melihat penampakkannya dibawah ini.

Butuh referensi RPP lainnya ??? Silahkan klik Laman RPP 1 Lembar.



DOWNLOAD RPP DARING

berikut laman pengunduhan RPP daring kelas 5 format satu lembar dalam bentuk dokumen Word.

NOTE: LINK UNDUHAN SEGERA DI RILIS

SEMESTER GANJIL

1. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 1 SEMESTER 1

2. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 2 SEMESTER 1

3. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 3 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 4 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 5 SEMESTER 1

SEMESTER GENAP

2. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 6 SEMESTER 2

3. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 7 SEMESTER 2

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 8 SEMESTER 2

5. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 5 TEMA 9 SEMESTER 2

RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2020 ini Hanya Sebagai Contoh untuk Bapak Ibu Guru ATM ( Amati , Tiru dan Modifikasi ) Dapat disesuaikan dengan kearifan lokal didaerahnya nya dan disesuaikan dengan Keinginan Bapak Ibu Guru sebagai Guru MERDEKA BELAJAR

Untuk Komponen Utama RPP KURIKULUM 2013 3 KOMPONEN REVISI 2020 Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Terdiri dari

1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Penilaian Asessment

. LAMPIRAN Merupakan Contoh Uraian dari Penilaian / Assesment

Demikianlah informasi tentang RPP daring kelas 5 SD.mi yang dapat kami bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel