PPT Pengimbasan Guru Belajar Seri AKM dan Cara Convert Ke Video

Oke, Bagi sobat guru yang mengikuti kegiatan belajar seri AKM baik SD SMP SMA dan SMK, maka perlu membuat file pengimbasan AKM dalam bentuk PPT dan juga Video yang di upload ke chanel youtube peserta.

gambar file pengimbasan guru belajar seri akm

Pada postingan kali ini, guru-id akan berbagi file PPT untuk tahap pengimbasan bagi peserta yang lulus bimtek. Adapun file yang dibagikan ini khusus untuk Jenjang SMP.

Apa saja isi file pengimbasan akm guru belajar seri akm ini. Berikut ringkasannya yang guru-id tuliskan dibawah ini.

Apa Pentingnya Asesmen Nasional

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pertanyaannya, mutu pendidikan seperti apa yang diharapkan? Apakah mutu pendidikan dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional saja seperti yang selama ini terjadi?

Peningkatan mutu sistem pendidikan tidak hanya berorientasi pada pencapaian siswa dalam menguasai materi pelajaran dan nilai ujian akhir, apapun sebutannya. Keberhasilan sistem pendidikan lebih difokuskan pada pencapaian kompetensi siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Terlebih pada era transformasi pendidikan abad ke-21, dimana arus perubahan menuntut siswa menguasai berbagai kecakapan hidup yang esensial untuk menghadapi berbagai tantangan abad ke-21 dimana siswa memiliki kecakapan belajar dan berinovasi, kecakapan menggunakan teknologi informasi, kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi pada masyarakat.

Latar belakang dan Kebijakan Asesmen Nasional

Hasil PISA membuktikan kemampuan belajar siswa pada pendidikan dasar dan menengah kurang memadai. Pada tahun 2018, sekitar 70% siswa memiliki kompetensi literasi membaca di bawah minimum. Sama halnya dengan keterampilan matematika dan sains, 71% siswa berada di bawah kompetensi minimum untuk matematika dan 60% siswa di bawah kompetensi minimum untuk keterampilan sains. Skor PISA Indonesia stagnan dalam 10-15 tahun terakhir. Kondisi ini menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang konsisten dengan peringkat hasil PISA yang terendah. Bagaimana pendapat Anda? 

Menanggapi kondisi tersebut, reformasi asesmen diperlukan guna mendorong peningkatan kualitas pembelajaran. Pemetaan mutu pendidikan secara menyeluruh dibutuhkan. Untuk itu pada tahun 2021 mendatang, Asesmen Nasional (AN) akan resmi diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Ujian Nasional (UN) sudah tidak lagi diberlakukan. Kebijakan ini ditetapkan berdasarkan hasil koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan sejumlah dinas dan lembaga terkait.

Dalam hal ini, AN diterapkan untuk mengevaluasi kinerja dan mutu sistem pendidikan. Nantinya, hasil Asesmen Nasional tidak memiliki konsekuensi apapun pada pencapaian proses belajar siswa namun memberikan umpan balik untuk tindak lanjut pembelajaran dan kompetensi siswa.

Konsep Asesmen Nasional

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi mendasar literasi membaca dan numerasi siswa. 

2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa

3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat sekolah.

Seiring disosialisasikannya Asesmen Nasional, telah banyak respons yang disampaikan terkait konsep dan pelaksanaannya. Siswa, orangtua, guru, bahkan kepala sekolah mulai gelisah terkait penghapusan Ujian Nasional dan pemberlakuan Asesmen Nasional. Untuk menghindari hal itu, pemahaman yang utuh dan menyeluruh mengenai Asesmen Nasional pun perlu terus disebarluaskan

Untuk lebih jelasnya silahkan download file ppt untuk tahap pengimbasan Guru belajar seri AKM Melalui tautan dibawah



Video Pengimbasan AKM

Oke, selanjutnya guru-id akan berbagi cara membuat video pengimbasan guru belajar seri akm dengan mudah menggunakan power point.

Langkah-langkah yang perlu teman-teman ikuti adalah sebagai berikut :

👉 Pertama download file PPT Pengimbasan Guru belajar seri akm diatas, atau bisa langsung KLIK TAUTAN INI.

👉 kedua setelah file terdownload silahkan buka, kemudian klik file lalu pilih Save AS.

👉 ketigaa, pada type file pilih MPEG-4 Video lalu pilih save Jangan lupa menentukan tempat anda menyimpan file video tersebut karena nanti akan di upload ke youtube.

Oke selanjutnya untuk cara upload Video pengimbasan ke youtube, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah

👉 Buka situs https://www.youtube.com/

👉 Login menggunakan akun Gmail anda.

👉 Untuk upload video klik tombol Buat, kemudian pilih upload video.

👉 Pada laman berikutnya klik tombol pilih file, cari file video pengimbasan yang sudah anda simpan tadi dalam format mp4.

👉 Tunggu sampai proses upload selesai. Isikan data yang dibutuhkan mulai dari judul video, deskripsi, dan terakhir pilih publish.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan di laman ini. Semoga bermanfaat khususnya bagi guru yang sedang menyelesaikan tugas tahap pengimbasan guru belajar seri akm.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel