Kunci Jawaban Reviu pembelajaran 1 Bahasa Indonesia SD Seri PPPK

Sobat edukasi, pada postingan kali ini guru-id akan berbagi referensi jawaban yang benar mengenai riviu pembelajaran mata pelajaran bahasa indonesia jenjang SD pada program seri belajar calon guru ASN PPPK.

gambar jawaban soal Riviu pembelajaran Bahasa Indonesia SD pppk

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda terkait materi. Kegiatan ini dapat Anda lakukan berkali-kali sampai dirasa Anda memperoleh hasil maksimal atas pembelajaran yang telah dilakukan.

SOAL 1


baca dan analisislah teks berikut!

Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih tertinggal cukup jauh dengan pendidikan yang berada di negara-negara lain yang ada di dunia.Bahkan Indonesia sendiri masih kalah dengan negara jiran kita, yakni Malaysia dan Singapura dalam bidang pendidikan.Hal ini dapat disaksikan dari banyaknya penduduk mereka yang memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi.Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mendapatkan pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan negara lain, apalagi di daerah-daerah tertinggal seperti NTB, NTT, Papua dan masih banyak lagi daerah lainnya.

Ketertinggalan pendidikan di daerah-daerah tersebut disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Negara Indonesia. Pemerintah hanya membangun fasilitas pendidikan di daerah perkotaan, terkhusus pulau Jawa.Tidak hanya itu, terbatasnya jumlah guru yang ada di daerah tersebut juga ikut menciptakan semakin jauhnya akses pendidikan yang ada di daerah. Akhirnya, pendidikan Indonesia tidak merata serta cenderung tertinggal, sehingga belum mampu untuk bersaing dengan negara lain yang ada di dunia.

1. "Analisislah teks tersebut kemudian tentukan karakteristik teks argumentasi yang mana yang tergambar di dalam teks."

a. Bersifat akibat sebab
b. Bersifat fiksi
c. Bersifat fakta
d. Bersifat mempengaruhi
e. Bersifat sebab akibat (👌jawaban benar)


Bacalah teks di bawah ini!

2. "Malam ini indah sekali. Di langit, bintang – bintang berkelip – kelip memancarkan cahaya temaram. Hawa dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik, burung malam, dan kelelawar mengusik sepinya malam. Angin berhembus pelan dan tenang".

"Teks di atas memiliki empat karakteristik yaitu".

  1. Menuliskan atau Menggambarkan sesuatu.
  2. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan meliputi kesan indera.
  3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri.
  4. Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci
  5. Karakteristik teks di atas termasuk ke dalam ciri pengembangan paragraf...

3. "Karakteristik teks di atas termasuk ke dalam ciri pengembangan paragraf..."

a.Eksplanasi
b.Persuasif
c.Deskriptif (👌jawaban benar)
d.Eskposisi
e.Narasi

Bacalah teks di bawah ini!

Saat ini masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak sabar dalam mendidik peserta didiknya. Padahal, dalam mendidik anak kesabaran sangatlah diperlukan. Seperti yang telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan merupakan proses yang panjang dan dijalani seumur hidup, yaitu mulai manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak dewasa.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya selaku guru dan orang tua murid mendidik anaknya dengan sabar dan berorientasi pada proses. Supaya nantinya anak dapat berkembang dengan baik dan dengan sewajarnya. Dengan demikian pula potensi yang dimiliki anak juga dapat tumbuh berkembang dengan baik dan alami.

4. "Analisislah teks di atas , kemudian berdasar karakteristik yang tergambar, teks di atas termasuk jenis pengembangan paragaraf..."

a.Argumentatif
b.Naratif
c.Deskriptif
d.Persuasif (👌jawaban benar)
e.Eksposisi

Bacalah teks di bawah ini!

Malam ini indah sekali. Di langit, bintang – bintang berkelip – kelip memancarkan cahaya temaram. Hawa dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik, burung malam, dan kelelawar mengusik sepinya malam. Angin berhembus pelan dan tenang.

5. "Berdasarkan teks di atas, sebuah paragraf harus memiliki syarat tertentu yaitu..."

a.Kelengkapan, kesantunan, dan kerancuan
b.Kelengkapan, kesatuan, dan kepaduan (👌jawaban benar)
c.Kelengkapan, persatuan, dan keadilan
d.Kepaduan, kesatuan, dan kesukaan
e. Kepaduan, kedantunan, dan keadilan

Bacalah penggalan teks di bawah ini!
Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif dan di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas.

Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya.Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

5. "Teks di atas adalah teks eksplanasi yang memiliki karakteristik..."

a.Muatannya didasarkan pada pendapat / opini
b.Muatannya didasarkan pada fakta
c.Memuat unsur kekonyolan
d.Isinya memuat fakta (👌jawaban benar)
e. Adanya langkah prosedur

Bacalah teks dibawah ini!

“Aku sangat senang sekali membaca buku. Terkadang karena keasyikan membaca, aku tidak mendengar teman yang berbicara kepadaku. Oleh karena itu aku dijuluki “si kutu buku”. Aku tidak marah dijuluki seperti itu. Kata ibu kutu buku itu artinya orang yang sangat gemar membaca buku.”

6. "Perbaikan yang tepat pada kalimat pertama paragraf di atas adalah…"

a.Aku sangat senang membaca buku. (👌jawaban benar)
b.Kutu buku adalah orang yang sanfat gemar membaca buku.
c.Saking asyiknya membaca aku sampai tidak fokus.
d.Aku dijuluki dengan nama “si kutu buku”
e.Aku adalah orang yang sangat senang membaca.

Bacalah penggalan teks di bawah ini!

“Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata bio yang berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta logos yang berarti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer, biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.”

7. "Peryataan di bawah ini yang sesuai dengan teks di atas adalah …"

Select one:
a.Peristiwa biologi yang menjadi dasar adanya perkembangan bioteknolog
b.Bioteknologi adalah cabang dari keilmuan biologi
c.Bioteknologi diciptakan untuk mencari keuntungan
d.Perkembangan bioteknologi hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi.
e.Bioteknologi adalah hasil penerapan teknologi terhadap prosesi biologii (👌jawaban benar)

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel