Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah MI MTS MA Tahun 2021

Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi sebuah aplikasi pengolahan nilai untuk Mi, MTS dan MA tahun pelajaran 2020/2021. Untuk lebih jelasnya berikut petunjuk penggunaan aplikasi

gambar aplikasi cetak ijazah dan skhu sementara 2021 mi mts ma
PETNUJUK PENGGUNAAN APLIKASI

1. Untuk menggunakan Aplikasi ini, Aktifkan Macronya dengan cara Klik File -->> Options -->> Trust Center -->> Trust Center Settings -->> Macro Settings -->> Enable All Macros

2. Silahkan isi Form Data Lembaga dengan Benar

3. Silahkan isi Form Data Siswa dengan Benar saya hanya membatasi sebanyak 150 siswa

4. "Silahkan isi Nilai Raport Semester 1-5 dan juga Nilai Ujian Akhir dengan cara klik masing-masing form yang diinginkan pada Halaman Menu.

Nilai Raport terdiri dari Nilai Pengetahuan (P) dan Keterampilan (K). Untuk Nilainya, silahkan bisa copy paste dari file Leger yang didownload dari Aplikasi ARD.

Supaya lebih mudah, urutan Mapel di Leger ARD sesuaikan dengan di Form ini. Sehingga nantinya, tinggal copy sekaligus."

5. Setelah masuk pada masing-masing form yang diinginkan, maka klik tombol jika mau kembali ke Menu utama

6. Pada Sub Menu CETAK, terdapat DKN (termasuk Cover dan Halaman Pengesahan), Surat Keterangan Lulus, SKHU Sementara, Ijazah bagian depan dan Ijazah bagian belakang

7. Form DKN

a. Format Kertasnya sudah disetting Kertas F4/Folio, bagi yang tidak ada kertas Folio, cukup pilih Kertas Legal tanpa mengubah marginnya.

b. Silahkan klik tombol Preview untuk melihat hasil sebelum dicetak dan klik tombol Cetak untuk mencetak

c. Jika ingin mencetak banyak halaman, maka Cell Sampai harus diisi dengan angka hasil dari banyak peserta habis dibagi tiga. Karena dalam 1 halaman memuat 3 peserta, maka banyak peserta diasumsikan kelipatan 3. Misal, jika kita isi angka 2, maka disebelahnya akan muncul angka 6. Angka 6 menunjukkan banyak peserta, sehingga walaupun banyak peserta 4 atau 5 siswa, maka akan dihitung 6 siswa dan tabel ke-6 akan bernilai 0 semua.

d. Jika ingin mengubah Logo pada Cover DKN, Silahkan klik kanan kemudian pilih Change Picture (Jika punya Kop berbentuk JPG)

8. Form Cetak Keterangan Lulus, SKHU Sementara, Ijazah bagian Depan dan Ijazah bagian Belakang

a. Format Kertasnya sudah disetting Kertas A4. Khusus SKHU Sementara, disetting Folio.

b. Untuk melihat data masing-masing siswa, silahkan klik tombol , tanda Panah keatas menunjukkan data siswa berikutnya dan tanda Panah kebawah menunjukkan data siswa sebelumnya.

c. Jika ingin melihat hasil sebelum dicetak dari halaman tersebut, maka silahkan klik Tombol Preview dan jika mau mencetaknya, maka silahkan klik tombol Cetak.

d. Jika ingin mencetak beberapa data siswa sekaligus, maka terlebih dahulu isi nomor urut siswa pada sel yang berwarna kuning sebelahnya sel DARI dan SAMPAI, setelah itu klik tombol

e. Jika ingin mengubah Kop pada Surat Keterangan Lulus, Silahkan klik kanan kemudian pilih Change Picture (Jika punya Kop berbentuk JPG). Jika tidak punya, maka kop tersebut di delete kemudian ketik manual

9. Untuk Pembobotan Nilai Ijazah, bisa disesuaikan di Form Nilai Ijazah

"Jika ada kesalahan dari Aplikasi ini, mohon disampaikan ke pembuat aplikasi Dan jika ada yang tidak faham, silahkan bisa Telp. atau WA pembuat aplikasi di 082338977700"

SEMOGA BERMANFAAT SALAM MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

Link download aplikasi diatas, silahkan klik TAUTAN BERIKUT.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan kepada para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel