Laporan Pengembangan Diri Kegiatan Kurikulum 2013 - Info Guru Indonesia

Laporan Pengembangan Diri Kegiatan Kurikulum 2013

Ads By Google

Ads By Google

gambar laporan PKB 2016 Kurikulum 2013

Download Contoh Laporan Pengembangan Diri.Docx

Berikut contoh Laporan Pengembangan Diri Kegiatan Kurikulum 2013 di BAB 1 Pendahuluan (latar Belakang). Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang semakin berkualitas.Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat meniingkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya untuk naik pangkat.

BAB II PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI

Dalam kurun waktu Januari 2013  sampai Desember 2016, penulis telah mengikuti 4 (empat) kegiatan pengembangan diri dengan rincian sbb:

A. Pengembangn Diri  I: Pelatihan Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013

1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan tanggal 02 s.d. 8 Juni 2014 bertempat di SMPN 2 .......................................Kab..................

    2. Jenis Kegiatan
Pelatihan Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang Sekolah Menengah Pertama

    3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

·         Memahami secara utuh rasional dan elemen perubahan Kurikulum 2013.
·         Memahami SKL, KI, dan KD serta strategi implementasi Kurikulum 2013.
·         Mendeskripsikan konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia
·          Mendeskripsikan konsep penilaian autentik pada proses dan hasil belajar.

4. Uraian Materi
a. Rasional Pengembangan Kurikulum 2013
Pengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baiktantangan internal maupun tantangan eksternal.
1. Tantangan Internal
a) Pemenuhan 8 (delapan)Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar pengelolaan, standarbiaya, standar sarana prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar isi, standarproses, standar penilaian, dan standar kompetensi lulusan.
b) Perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif. SDM usiaproduktif yang melimpah apabila memiliki kompetensi dan keterampilan akan menjadi modalpembangunan yang luar biasa esarnya. Namun, apabila tidak memiliki kompetensi danketerampilan tentunya akan menjadi beban pembangunan.

2. Tantangan Eksternal
Tantangan eksternal yang dihadapi dunia pendidikan antara lain berkaitan dengan tantangan masadepan, kompetensi yang diperlukan di masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogi, serta berbagai fenomena negatif yang mengemuka.

Tantangan masa depan antara lain globalisasi, kemajuan teknologi informasi.

Untuk lebih lengkap tentang contoh laporan PKB k13 sebagai referensi anda. Silahkan unduh filenya DISINI

Demikianlah, jika ada kesulitan atau kendala segera hubungi kami. Terima kasih

Ads By Google

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Laporan Pengembangan Diri Kegiatan Kurikulum 2013"

Post a Comment

Powered by Blogger.