CARI KONTEN

Cara Daftar PPG di SIM PKB sebagai peserta sertifikasi tahun 2018 (LENGKAP PANDUAN BERGAMBAR)

Advertisement

SIM PKB PPG 2018 SILAHKAN DAFTAR DI LINK RESMI - BUKA DISINI

Bagaimana cara mendaftar sebagai calon peserta Program Pendidikan Profesi profesi guru (PPG) 2017? itulah pertanyaan dari beberapa rekan-rekan guru. Nah melalui postingan kali ini akan dibahas semua informasi yang berhubungan dengan PPG di SIM PKB. Oleh karena itu jika anda bertemu blog ini di google, maka anda datang ke tempat yang tepat.

Perlu diketahui bahwa ada info dari admin PPG kemdikbud mengenai Program PPGJ 2017 terbaru yakni jika bapak dan ibu guru belum terundang sebagai calon peserta program pendidikan profesi guru 2017 itu disebabkan karena salah satu atau beberapa status data DAPODIK Anda tercatat sebagai berikut:

  1. Telah memiliki Sertifikasi Pendidik, atau
  2. Status Kepegawaian sebagai Honor Sekolah / Guru Tidak Tetap Yayasan, atau
  3. TMT Pengangkatan > 2015, atau
  4. Kualifikasi pendidikan belum mencapai minimal D4/S1, atau
  5. Usia telah mencapai 58 tahun per 2018, atau
  6. Teridentifikasi sebagai peserta PLPG/KG/UTN dari Sistem AP2SG/ASG

Adapun solusi dari masalah tersebut adalah Silakan cek ulang data di aplikasi DAPODIK sekolah anda masing-masing. Bila menurut Anda status tersebut tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya, maka lakukan perbaikan dan sinkronisasi DAPODIK sebelum 18 November 2017. Kemudian laporkan perbaikan dan sinkronisasi dimaksud ke link pengaduan PPG sim PKB http://gg.gg/aduansimpkb

Jangan Lupa ya bapak dan ibu guru, Untuk mendownload dan mempelajari lebih lanjut tentang panduan singkat tata kelola ajuan PPG 2017 - COMOT DISINI FILE PDF

Untuk lebih jelasnya silahkan Ikuti langkah-langkah cara mendaftar PPG di SIM PKB di bawah !

Langkah pertama, silahkan Login di Aplikasi Sim PKB data Individu PTK di http://simpkb.id

Langkah kedua, di beranda sim pkb Akan Muncul Pemberitahuan apabila telah memenuhi Persyaratan diatas tentang Pendataan Calon Peserta Program PPG Dalam Jabatan. nah Apabila Muncul Pemberitahuan Tersebut silahkan Pilih 2 (dua) Pilihan yaitu “Nanti Saja” Atau Pilih Baner Warna Hijau yaitu Mendaftar.

Langkah tiga, Setelah memilih Pilihan Mendaftar, selanjutnya pilih kembali Banner Warna Hijau “Mendaftar Sekarang”. Selanjutnya akan ditampilkan Formulir Pendaftaran online Calon Peserta Program PPG Dalam Jabatan.

Langkah empat, Silahkan bapak dan ibu guru Isi dan Lengkapi Formulir Pendaftaran online Calon Peserta Program PPG Dalam Jabatan tersebut sesuai dengan Pilihan yang telah tersedia. Seperti ; Jenjang Mapel PPG Yang Diajukan, Bidang Studi PPG Yang Diajukan; Kualifikasi Pendidikan; Tahun tamat Ijazah S1; Jenis Studi pendidikan; Jurusan / Prog. Studi pendidikan; Fakultas; Nama Lengkap Perguruan Tinggi Penerbit Ijazah; Upload File Scan Ijazah Asli (Min. 100KB dan Maks. 1 MB dengan format JPG/JPEG/PNG).

Langkah lima, Setelah Selesai Mengisi dan Melengkapi Formulir Pendaftaran, selanjutnya klik Banner Lanjut. Apabila Berhasil akan ditampilkan Sekali lagi Hasil Pengisian Formulir Pendaftaran dan Upload Scan Ijazah asli (proses no.7) sebagai konfirmasi pendaftaran.

Langkah enam, Apabila Isian Formulir pendaftaran telah Sesuai silahkan klik banner warna hijau “DAFTARKAN” Akan ada Pertanyaan “Apakah Anda yakin data yang didaftarkan untuk Prog. PPG sudah sesuai?” Silahkan Klik Pilihan “YA”. Silahkan tunggu beberapa detik proses pendaftaran.

Langkah tujuh, Apabila Berhasil, anda akan disuguhkan pilihan “Cetak Bukti Ajuan” Atau “Batalkan Ajuan”. Dalam tahap ini Silahkan Klik Cetak Bukti Ajuan apabila anda benar-benar ingin mendaftar atau Batalkan ajuan apabila anda ingin memperbaiki kembali formulir pengajuan.

Bagaimana mudah kan? hanya mengingatkan bahwa anda harus memantau Terus ajuan pada halaman tersebut. Halaman Tersebut dapat bapak/ibu akses melalui menu Prog. Pendidikan Profesi Guru dari halaman beranda akun simpkb.

Batas akhir Pendaftaran pada Tanggal 20 Nopember 2017 pada pukul 23.59 WIB

Untuk panduan cara daftar ajuan Diklat PPG di sim pkb yang dilengkapi dengan panduan gambar seperti penampakkan gambar dibawah. Silahkan COMOT DISINI

gambar cara daftar PPG di SIM PKB

Demikian info tentang SIM PKB AJUAN PPG GURU TAHUN 2017. Semoga bermanfaat

Advertisement

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Cara Daftar PPG di SIM PKB sebagai peserta sertifikasi tahun 2018 (LENGKAP PANDUAN BERGAMBAR)"

  1. Pak kok ajuan ppg di sim pkb saya belum diterima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar bu butuh proses atau silahkan hubungi admin sim pkb

      Delete
  2. Salam, terima kasih atas info yang diberikan. Saya sudah terdaftar sbagai peserta PPG tahun 2017, jenjang SMA, mapel: Kimia. Apakah saya bisa mengajar ipa di jeniang smp? Apakah hal tersebut linier? Karena yang saya dengar jenjang yg di atasnya boleh mengajar jenjang yang serumpun pada jenjang yang lebih rendah. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tidak akan linier bu, itu menurut pendapat saya

      Delete
  3. Kemudian laporkan perbaikan dan sinkronisasi dimaksud ke link pengaduan PPG sim PKB http://gg.gg/aduansimpkb

    disini diminta uplode file dengan format PDF,PNG JPG!
    yang saya tanyakan file apa yang dimaksud?

    trimaksih

    ReplyDelete
  4. Kemudian laporkan perbaikan dan sinkronisasi dimaksud ke link pengaduan PPG sim PKB http://gg.gg/aduansimpkb
    disini diminta uplode file PDF,PNG,JPG
    yang saya tanyakan file apa yang mau diuplode ?

    trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan download panduan lengkap ajuan PPG di sim pkb

      Delete
  5. ajukan ppg karena kesalahan pilih kulifikasi, bisa diulang

    ReplyDelete
  6. bagaimana cara memperbaiki data di dapodik yg dengan sengaja operator memasukkan data yg salah.
    kalau saya pindah sekolah, bagaimana data dapodik saya, tolong solusinya.... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti data dapodiknya di perbaiki saja di sekolah yang baru,

      Delete