Media Pembelajaran Seni Budaya.ppt

Pelajaran seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat erat hubungannya dengan tradisi-tradisi local. Maka dari itu sangat penting sekali mata pelajaran ini digunakan di sekolah-sekolah seperti SMA sederajat. Namun, banyak sekali yang tidak menyukai mata pelajaran ini, karena dianggap kurang keren. Sehingga ini menjadi tantangan terberat seorang guru yang dituntut untuk mengampu pelajaran ini. Karena guru harus bisa menyampaikan pelajaran ini dengan baik, agar disukai para murid-muridnya.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya tentang media pembelajaran Seni Budaya , yang dalam artikel ini nanti kami akan memberikan sedikit ulasan tentang media apa yang tepat di dalam menyampaikan pelajaran Seni budaya tersebut. Adapun penggunaan media yang tepat dan baik dalam pembelajaran Seni Budaya ini diharapkan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dan mampu mendorong siswa untuk memahami pelajaran ini. Selain itu, media pembelajaran yang akan dipakai nanti juga difungsikan sebagai alat komunikasi dalam menyampaikan pesan (materi pembelajaran) yang lebih konkret. Sehingga mampu dipahami oleh siswa. Nah, maka dari itu media pembelajaran ini harus yang kontekstual, inovatif, dan menarik.

Dewasa ini di era perkembangan Iptek yang begitu pesatnya, profesionalisme guru tidak cukup hanya dengan kemampuan memberikan pelajaran bagi siswa saja, akan tetapi juga harus mampu mengelola informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa. Konsep lingkungan meliputi tempat belajar, metode, media, sistem penilaian, serta sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mengemas pembelajaran dan mengatur bimbingan belajar sehingga memudahkan siswa belajar.

Karena kalau kita lihat, dampak dari perkembangan Iptek terhadap proses pembelajaran, yakni dapat diperkaya melalui sumber dan media pembelajaran, seperti buku teks, modul, overhead transparansi, film, video, televisi, slide, hypertext, web, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, guru dituntut untuk bisa memberikan hal-hal yang inovatif dalam menyampaikan mata pelajaran Seni Budaya ini. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar nanti.

Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Maka dari itu, juga diperlukannya strategi baru yang lebih kreatif, inovatif sehingga dapat merangsanga peserta didik dalam mengembangkan dan mememahami konteks pembelajaranya tersebut. Dalam pemilihan media pembelajarannya pun juga harus selektif khususnya pembelajaran Seni Budaya.



Media pembelajaran Seni Budaya harus disesuaikan dengan materi pelajarannya, mengingat pelajaran Seni Budaya sangat luas yang terdiri dari konsep abstrak dan konsep konkret. Sehingga pemilihan dan pemilahan dalam memilih media yang akan disajikan menjadi penting untuk diperhatikan oleh semua guru. Selanjutnya silahkan ...

Demikian informasi tentang media pembelajaran Seni Budaya yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya, semoga dapat memberikanr referensi yang konkrit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel