Panduan Dapodik 2020 b Semester Genap 2019-2020

Guru-id-com - Setelah rilis Patch Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.b operator sekolah mulai melakukan pembaharuan pada aplikasi dapodik sekolahnya. Dari proses download sampai install patch tidak ada kendala semuanya berjalan lancar. Selanjutnya operator sekolah mulai masuk ke aplikasi dapodik nya masing-masing dan mulai melakukan validasi untuk mengetahui data yang masih invalid.

gambar panduan aplikasi dapodik 2020 b

Beberapa data yang invalid ditemukan mulai dari data sekolah, data GTK dan juga pada pembelajaran, namun semuanya diperbaiki dengan mudah. Sampai pada akhirnya beberapa rekan Operator sekolah akan melakukan sinkronisasi tapi bingung karena tidak ada menu sinkronisasi di aplikasi. Pertanyaannya dimanakah tombol sinkronisasi bersembunyi ???

Jawabannya bisa rekan-rekan operator sekolah ketahui apabila sebelum mengerjakan/mengisi data sekolah anda di dapodik terlebih dahulu membaca panduan aplikasi dapodikdasmen 2020 b.

Dengan membaca dan memahami panduan aplikasi dapodik 2020 b yang dipublikasikan pemerintah, rekan-rekan oeprator sekolah akan mengetahui materi seputar langkah-langkah pengisian, perbaikan dan pembaruan Aplikasi.

Terutama pada versi baru ini ada perubahan yang cukup esensial yaitu Alur sinkronisasi data. Selain itu perubahan lainnya meliputi penambahan fitur tukar pengguna menggunakan login utama sebagai operator sekolah, lembar konfirmasi sebelum melakukan sinkronisasi, perubahan mekanisme penginputan buku, dan penambahan validasi lokal.

Pada bab satu panduan, dijelaskan secara ringkas mengenai alur penggunaan aplikasi dapodikdasmen pertahap mulai dari pengunduhan aplikasi sampai melakukan pembaharuan data sekolah hingga sinkronisasi ke server pusat.

Adapun pada bab dua dijelaskan secara detail proses pengerjaan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.b dari wal sampai akhir. Semoga dengan adanya panduan ini, bisa menjawab permasalahan yang rekan-rekan hadapi saat ini.

Untuk buku pdf lengkap panduan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.b semester genap bisa di unduh dengan mudah melalui aplikasi dapodik sekolah anda masing-masing. Cara cukup klik menu pusat unduhan. Namun bagi yang ingin mengunduh melalui link alternatif yang tersedia di blog ini silahkan download filenya melalui tautan google drive dibawah ini.



Akhirnya

Sampai disini dulu informasi yang bisa guru-id bagikan dilaman ini, semoga postingan ini bermanfaat dan menjadi jawaban atas kueri yang anda cari di google. terima kasih

3 Responses to "Panduan Dapodik 2020 b Semester Genap 2019-2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel