Aplikasi Buku Kerja Pengawas Sekolah

Aplikasi buku kerja pengawas sekolah- keberhasilan dalam menjalankan sebuah lembaga pendidikan harus di dukung dari berbagai pihak. Tidak hanya yang terlibat dalam proses belajar mengajar secara langsung, namun untuk lebih memaksimalkan kinerja yang ada maka di butuhkan pengawasan secara berkala dan profesional. Oleh karena itu maka ada yang namanya tim pengawas sekolah. Dikatakan pengawas sekolah karena merupakkan salah satu pendidik dan tenaga kependidikan yang posisinya memiliki peran yang signifikan dan strategis dalam upayanya meningkan mutu dan profesionalisme lembaga pendidikan yang mereka awasi. Jadi sesuai dengan namanya pengawas sekolah ini memiliki tugas untuk mengawasi lembaga pendidikan yang ada mulai dari pengawasan akademik dan kawasan menejerial serta pembimbingan dan pelatihan profesional guru secara optimal.

Untuk memaksimalkan kinerja dari pengawas sekolah ini maka diperlukkan sebuah petunjuk dan arahan. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan buku yang diberi nama buku kerja pengawas sekolah. Di dalam buku tersebut di bahas beberapa hal yang mulai dari bagaiman caranya menjadi pengawas sekolah yang profesional, bagaimana mengenai sistem pengawasan sekolah, peran dari pengawas sekolah, jenjang jabatan pengawas sekolah, bidang kepengawasan, tugas dan fungsi pengawas sekolah, beban kerja pengawas sekolah dan sasaran pengawasan. Selain itu dalam buku tersebut juga terdapat lampiran- lampiran yang berupa:

  1. Peraturan menteri negara pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi no 21 Tahun 2010.
  2. Kode etik menjadi pengawas sekolah
  3. Contoh format evaluasi program tahun sebelumnya
  4. Contoh program pembinaan, pemantauan, penilaian kinerja serta pembimbingan dan pelatihan.
  5. Contoh rencana program tahunan pembinaan guru serta kepala sekolah
  6. Contoh dari program semester RKA dan RKM
  7. Contih jadwal pengawasan tatap muka pada sekolah binaan
  8. Contoh format dari pemantauan 8 SNP dan contoh instrumen supervisnya
  9. Contoh format pembinaan guru dalam teknik penilaian serta analisis SKL
  10. Contoh dari instrumen validitas atau verifikasi dokumen KTSP
  11. Contoh dari supervisi pembinaan guru dan kepala sekolah
  12. Contoh hasil evaluasi atau penilaian dan evaluasi keterlaksanaan program kegiatan
  13. Contoh dari format yang digunakan dalam laporan hasil pengawasan


Sedangkan untuk mendownload buku kerja pengawas sekolah ini bisa dari link atau website yang memang memposting buku pengawas sekolah. Sangat mudah di cari dan yang pastinya free alias tanpa di pungut biaya sepeserpun. Sekali lagi dengan adanya buku ini diharapkan ini merupakan salah satu langkah awal untuk menjadikan pendidikan di negeri ini sesuai dengan apa yang di harapkan. Demikianlah ulasan tentang buku kerja pengawas sekolah, semoga informasi ini dapat memberikan wawasan baru untuk anda. sekian dan terimakasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel