Pedoman Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 - Info Guru Indonesia

Pedoman Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013

Ads By Google

Ads By Google

Sahabat guru, Tuntutan Ideal pada Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 ini sebenarnya tema aslinya adalah penyegaran tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik ( Kerangka Programatik, Teoretik, dan Teknis) oleh Narasumber Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Dosen FKIP dan PPs Universitas Terbuka bapak Prof. Dr. Udin S. Winataputra, M.A. kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2015. apa saja yang dibahas melalui file dalam bentuk ppt ini?

Belajar merupakan proses membangun pengetahuan melalui transformasi/pengolahan sistimatis-sistemik pengalaman. Sebagaiaman yang kita ketahui fungsi pendidikan nasional adalah Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. sedangkan tujuannya adalah Untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

standar kompetensi lulusan SD, SMP, SMA dan SMK Kurikulum 2013

Sikap: Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain

Pengetahuan: Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain

Keterampilan: Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.

Konsep Belajar, Pembelajaran, Dan Penilaian Otentik

KI 1: Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

KI 3.Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

TUNTUTAN IDEAL PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 gambar Pedoman Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013

Untuk lebih jelasnya silahkan download file power point lengkap melalui tautan dibawah

Download Pedoman Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013

Ads By Google

Postingan terkait:

Powered by Blogger.