Cara Menjadi Guru Yang Disenangi Siswa - Info Guru Indonesia

Cara Menjadi Guru Yang Disenangi Siswa

Ads By Google

Ads By Google

Bagaimana kriteria guru yang disenangi oleh siswa? sahabat guru. Menjadi guru adalah cita-cita yang sangat mulia bagi kebanyakan orang. Guru merupakan panutan bagi siswa-siswanya dan tanpa adanya guru maka proses pembelajaran tidak mungkin ada. Namun ada permasalahan yang terjadi pada guru, salah satu nya adalah siswa kurang suka terhadap guru tersebut, sehingga siswa enggan untuk mendengarkan dan memperhatikan pelajaran. Maka perlu adanya cara agar siswa mau menerima dan mejadikan guru sebagai guru idaman bagi siswa.

Melalui tulisan ini ada 13 tips agar siswa menjadikan anda sebagai guru idaman :

Kriteria Guru Yang Disenangi Siswa

gambar guru yang disenangi siswa

1.Percaya Diri.
Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat percaya diri diantaranya kurang menguasai materi. Banyak cara untuk meningkatkan percaya diri,berbicara jelas dan lantang ketika mengajar dan menatap mata siswa,menjawab pertanyaan siswa dengan benar.

2.Ramah dan Selalu Riang.
Selalu menyapa,murah senyum,memancing pertanyaan,menceritakan sesuatu yang unik dan lucu,mendemontrasikan percobaan sederhana yang menarik,dan tanggap terhadap komentar siswa.

3.Kreatif dan Menarik.
Seorang guru harus menguasai metode-metode dalam mengajar sehingga mampu melakukan eksperimen agar pembelajaran menarik.

4.Menguasai Materi.
Maka perlu adanya penyusunan materi yang dituangkan dalam RPP.

5.Penuh Keakraban.
Berinteraksi dengan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung,hafal dengan nama-nama siswa,memberikan penghargaan pada siswa yang menjawab pertanyaan dan yang tercepat dalam kelompoknya mengumpulkan hasil karyanya,ataupun bagi kelompok siswa yang paling terlambat mengumpulkannya.

6.Menghargai Siswa.
Tidak melecehkan dan mempermalukan siswa di kelasnya,tidak memotong pembicaraan siswa,katakan tidak bisa menjawab pertanyaan siswa kalau betul-betul tidak bisa menjawabnya (menjawab tidak bisa adalah proses pembelajaran).

7.Peduli.
Membantu siswa yang membutuhkan bantuan.

8.Berpenampilan Baik.
Harus dapat menata penampilan, dengan cara berpakaian rapi, bersih, tidak kusut, dan kotor.

9.Semangat dan Antusias.
Menyajikan kegiatan belajar yang menarik,menampilkan ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu,pulang sesuai jadwal.

10.Adil dan Sabar.
Jangan pilih kasih antara satu siswa dengan siswa lain, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa.

11.Tidak Gaptek (Gagap Teknologi).
Seorang guru harus mampu menggunakan komputer atau laptop , mampu menggunakan alat-alat tayang seperti infocus, mampu melalukan surat menyurat melalui e-mail.

12.Memberikan Umpan Balik Konstruktif.
Memberi komentar pada kertas kerja siswa, dan memberi saran.

13.Berfikir Kritis.
Kritis dalam memecahkan masalah serta mampu mengupdate informasi-informasi terkini seputar dunia pendidikan.

Demikian tentang cara menjaid guru yang disenangi serta 13 kriteria nya. Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi bapak ibu guru. Selanjutnya silahkan baca : 15 Cara Mengajar guru yang disenangi Siswa

Ads By Google

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menjadi Guru Yang Disenangi Siswa"

Post a Comment

Powered by Blogger.