RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, LITERASI)

Download RPP Kelas 1 K13 Revisi 2017 Memunculkan PPK, Literasi dan HOTS Semua Tema - DOWNLOAD DISINI

Sahabat guru, revisi kurikulum 2013 menyebabkan rencana Perangkat Pembelajaran para guru kelas rendah atau 1 SD juga mengalami perubahan mislanya saja pada Kompetensi dasar untuk kelas 1 SD dan pemetaan KI dan KD. Oleh karena itu melalui tulisan ini kami ingin membagikan RPP yang telah direvisi sesuai dengan perubahan kurikulum 2013 yang telah disosialisasikan ke sekolah-sekolah di tahun 2017 ini.

Perlu diketahui rpp kurtilas kelas 1 SD ini memang telah banyak dibagikan di internet, namun perlu diperhatikan ada rpp k13 terbaru revisi 2017 jelas berbeda dengan 2016, jadi anda sebagai pendidik harus benar-benar mencari rpp k13 yang memuat HOTS, PPK, LITERASI khususnya di tahun pelajaran baru 2017/2018.

PAda RPP kurikulum 2013 revisi terbaru untuk SD kelas 1 ini kami bagikan dalam bentuk word doc agar siap edit sehingga mempermudah rekan-rekan pendidik. RPP yang admin bagikan ini dalam bentuk kelompok sub tema. Artinya rpp dibagi dalam dalam satu sub tema pembelajaran. Tentu saja dalam sub tema terdapat 6 pembelajaran. Selanjutnya di akhir sub tema para guru harus mengadakan tes tertulis dengan sioal-soal UTS.

Adapun RPP kelas 1 SD kurikulum 2013 yang kami bagikan ini berasal dari sumber terpercaya yaitu blog yang pernah mendapat Anugerah Peduli Pendidikan tahun 2015 yaitu milik Deni Ranoptri beralamat di www.gurusd.net. Nah RPP k13 jenjang SD/MI ini dibuat saat pelatihan kurikulum 2013 jadi insya allah telah dibimbing oleh instrukturnya dengan sistem Kelompok Kerja guru dan juga RPP ini tersusun atas pemetaan KI dan KD terbaru dari tema dan sub tema serta pembelajaran sehingga bukan RPP ini bisa dijadikan referensi oleh bapak ibu sebagai pedoman pembuatan rpp kurikulum 2013 untuk SD/MI.

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap Semua Tema Tahun Pelajaran 2017/2018 - DOWNLOAD DISINI

Dibawah ini adalah contoh RPP kelas 1 kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran (PB) 1 Aku dan Teman Baru yang memuat HOTS, PPK, LITERASI. Semoga bermanfaat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)




Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PPKn
Kompetensi
Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1  Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.1  Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1  Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1  Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah

Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.9  Merinci kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9.1  Mengidentifikasi kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9  Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
4.9.1  Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat



Muatan: SBDP
Kompetensi
Indikator
3.2  Mengenal elemen musik melalui lagu
3.2.1  Mengidentifikasi elemen musik melalui lagu
4.2  Menirukan elemen musik
melalui lagu
4.2  Mempraktekan elemen musik
melalui lagu


C.   TUJUAN
  • Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
  • Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
  • Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
  • Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
  • Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.

D.   MATERI
  • Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
  • Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi atau permainan memperkenalkan diri,  lirik lagu “Siapa Namamu”
  • Buku Siswa.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

    15
    menit
Kegiatan
Inti
A. Ayo Berlatih
  1. Pembelajaran 1 di buku siswa dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.


B. Ayo Mencoba
  1. Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
  2. Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
  3. Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
  4. Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
  5. Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.
  6. Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
  7. Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
  8. Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
  9. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
  10. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
  11. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.

C. Ayo Bernyanyi
  1. Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.


D. Ayo Bermain Peran
  1. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
  2. Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
  3. Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
  4. Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
1.    Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
2.    Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai.
3.    Menyanyikan lagu daerah.
4.    Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
5.    Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

    15
    menit


G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.



1.  Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

1.a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

Bagi bapak dan ibu yang berminat menjadikan rpp kelas 1 kurikulum 2013 ini sebagai referensi bisa mengunduhnya melalui link dibawah. Cara download RPP ini sangatlah mudah. namun harus menggunakan Laptop atau komputer. Pertama klik link download teks COMOT DISINI. dan kemudian klik tombol get link here.

Demikian tentang RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semoga bermanfaat, selanjutnya unduh rpp dan silabus kelas 1,2,3,5 dan 6 Kurikulum 2013.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, LITERASI)"

Powered by Blogger.