Silabus Kurikulum 2013 Terbaru Untuk SD Lengkap

Silabus Kurikulum 2013 Terbaru Untuk SD Lengkap karena kami bagikan untuk semua kelas dan telah dibuat berdasarkan hasil revisi kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 khususnya untuk jenjang SD/MI, terdapat perubahan pada pembelajaran matematika, yaitu konsep pembelajaran terpadu tematik integratif dengan mata pelajaran lain berlaku dari kelas I sampai kelas VI. Perubahan ini tentu saja berdampak pada proses pembelajaran matematika, dimana pembelajaran matematika dapat juga berorientasi pada pengayaan (enrichment) antar mata pelajaran, pengembangan kemampuan berpikir, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, lingkungan sosial, dan lingkungan alam.

Silabus mata pelajaran Matematika SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik

1. Perubahan Silabus Kurikulum 2013 SD

Pembelajaran di SD/MI dari kelas I sampai dengan kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu SD/MI telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

2. Downwload Gratis Silabus Kurikulum 2013 Terbaru Untuk SD

Untuk lebih jelasnya agar bisa bapak ibu pelajari secara mandiri, silahkan download silabus yang kami maksud melalui tautan dibawah ini

gambar silabus sd k13
1. Silabus Tematik Terpadu_Versi120216
2. Silabus PA Islam dan BP SD_versi 120216
3. Silabus Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti SD_versi 120216
4. Silabus Katolik SD_VERSI 140216
5. Silabus PA Hindu dan BP SD versi 120216
6. Silabus Pendidikan Agama Buddha dan BP SD_versi 120216
7. Silabus  Agama Khonghucu SD_Versi 120216
8. Silabus PPKn SD versi 110216
9. Silabus B-Indo SD_Versi120216
10. Silabus Matematika SD_Versi 120216
11. Silabus IPA SD_Versi 120216
12. Silabus IPS SD_Versi 120216
13. Silabus SBdP SD versi 120216
14. Silabus PJOK SD_versi 120216

Demikian tentang Silabus Kurikulum 2013 Terbaru Untuk SD kelas 1,2,3,4,5 dan 6 ini, semoga bermanfaat. Selanjutnya lihat silabus SMP kurikulum 2013 terbaru edisi revisi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel