Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA, SMK Secara Online - Info Guru Indonesia

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA, SMK Secara Online

Ads By Google

Ads By Google

Cara Cek atau mengetahui NISN Siswa itu mudah. Mengapa? karena pada posting kali ini blog guru-id akan membahasnya secara lengkap disertai dengan panduan gambar agar mudah dipahami oleh pembaca. ada sebuah pertanyaan sederhana, apakah NISN itu Penting? jawabnya sangat penting, alasannya apa? tidak ada alasan, namun sebagaimana yang kita ketahui, NISN menjadi salah satu syarat seorang siswa ketika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, baik itu SD, SMP, SMA/SMK maupun ke perguruan tinggi. Nah atas dasar inilah Nomor Induk Siswa Nasional harus Valid dalam artian sudah terdaftar di website resmi kemdikbud dan PDSPK di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Semoga dipahami.

Nah pada posting kali ini ada 4 topik yang akan blog guru-id.com bahas terkait dengan pembahasan mengapa NISN itu penting, apa saja itu? berikut kami tuliskan

  1. Pengertian NISN
  2. Kebijakan Pengelolaan Dan Penerbitan NISN Tahun 2016/2017
  3. Tujuan dan Manfaat NISN
  4. Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA, SMK Secara Online
  5. Solusi NISN siswa Tidak Ditemukan
gambar NISN siswa tahun 2016/2017

1. Pengertian NISN

Agar kita semua tahu apa itu NISN, maka berdasarkan informasi yang blog guru-id kutip dari http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home, Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

2. Kebijakan Pengelolaan Dan Penerbitan NISN Tahun 2016/2017

Nah jika anda bertanya bagaimana cara memperoleh NISN?, maka Pada tahun 2016 ini Pemerintah mengeluarkan Kebijakan Penerbitan NISN dan pengelolaan NISN Terbaru yang didasari permendikbud Nomor 79 tahun 2015 (Download Disini) baca pasal 11. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman kebijakan yang kami maksud.

  • NISN untuk siswa baru tingkat 1 di jenjang Sekolah Dasar diterbitkan oleh PDSPK secara sistematis melalui aplikasi VervalPD (http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/), tidak lagi secara mandiri oleh Operator Sekolah.
  • Memastikan semua siswa baru yang sudah diajukan melalui aplikasi Dapodik agar segera mendapatkan NISN. Pemberian NISN untuk siswa Taman Kanak-Kanak Kelas B (TK-B) akan diujicobakan, dan dikelola oleh Admin dari PDSPK.
  • Saat ini Dapodik Paud dan Dikmas sudah memulai terintegrasi dengan data base-nya PDSPK. Persetujuan perubahan identitas siswa terkait NISN dikelola oleh Operator Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten/Kota, dengan dibantu Admin dari PDSPK.
  • PDSPK menerbitkan dan mengelola data referensi pendidikan untuk menjamin integrasi data pendidikan;
  • Data referensi merupakan data yang terverifikasi dan tervalidasi keabsahannya untuk memenuhi kualifikasi sebagai acuan yang terdiri atas referensi data wilayah, referensi data operasional dan referensi nomor identitas;
  • Kualifikasi sebagai acuan wajib memenuhi persyaratan identitas tunggal;
  • Referensi nomor identitas meliputi:
    1) Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional yang merupakan pengkodean referensi satuan pendidikan;
    2) Nomor Induk Siswa Nasional yang merupakan pengkodean referensi peserta didik;
    3) Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan pengkodean referensi pendidik dan tenaga kependidikan; dan
    4) Nomor Pokok Yayasan Pendidikan yang merupakan pengkodean referensi yayasan yang memiliki satuan pendidikan.
  • Penerbitan nomor identitas ditetapkan oleh PDSPK

3. Tujuan dan Manfaat NISN Tahun 2016/2017

Sebagai pendidik, tenaga Pendidik, orangtua, dan siswa serta seluruh masyarakat Indonesia yang tahu pentingnya pendidikan, maka harus mengetahui tujuan dan manfaat dari NISN ini, berikut kami tuliskan tujuan dan manfaat NISN:

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

4. Cara Mudah Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA, SMK Secara Online

sahabat edukasi yang berbahagia, setelah membaca pengertian NISN, mekanisme penrbitan, serta tujuan dan manfaat NISN, maka saya yakin anda tentunya sudah mengerti kan mengapa NISN itu sangat penting. Oleh karena itu, pastikan NISN valid dan terdaftar di dapodik dan web kemdikbud PDSPK tahun 2016/2017 dalam artian tidak mengalami NISN Ganda, untuk mengetahuinya silahkan melakukan cek NISN secara Online

Adapun pada posting kali ini blog guru-id akan berbagi 3 cara cek NISN dengan mudah yakni berdasarkan NISN, dengan menggunakan pencarian Nama, dan meminta bantuan operator dapodik. Nah, Bagi anda yang belum tahu caranya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah

1. Cara Mengecek NISN Siswa Berdasarkan Pencarian NISN
  • Masuk ke alamat berikut: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  • Browser akan dibawa ke laman pencarian NISN, pada kolom "Masukkan NISN Siswa" ketikkan 10 Digit nomor Induk siswa nasional, awas jangan sampai salah ketik. Jika sudah anda anggap benar silahkan klik tombol "cari" sehingga akan tampil hasil pencarian NISN seperti penampakkan pada gambar dibawah
  • gambar cara cari NISN Siswa berdasarkan NISN
    gambar Hasil cek NISN Siswa berdasarkan pencarian NISN
  • Hasil yang ditampilkan dapat anda lihat seperti gambar diatas yaitu NISN, Nama, Jenis Kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahir siswa.
2. Cara Mengetahui NISN Siswa Berdasarkan Pencarian Nama
  • Klik Link berikut: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  • Pilih "pencarian berdasarkan nama"
  • Pada kolom pencarian, ketikkan Nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir sesuai dengan data sebenarnya misal berdasarkan akte kelahiran (untuk siswa SD), Ijazah SD (untuk siswa SMP), dan Ijazah SMP, (untuk siswa SMA), jika benar maka akan tamil hasil pencarian seperti penampakkan gambar dibawah
  • gambar cari NISN Siswa berdasarkan Nama
    gambar hasil pencarian NISN Siswa berdasarkan Nama
3. Cara Cek/mengetahui NISN Siswa melalui Operator Dapodik

Sahabat edukasi, cara ini dapat anda gunakan bila:

  • di daerah anda tidak terjangkau jaringan Internet
  • setelah anda menggunakan 2 cara diatas namun DI Hasil pencarian NISN siswa mengalami data ganda atau muncul keterangan "Nisn Siswa Tidak ditemukan"

Bila 2 kasus tersebut yang terjadi, maka segera hubungi operator sekolah untuk memastikan apakah NISN anda telah di entri secara benar ke dalam aplikasi dapodik, dan sudah dilakukan Vervalpd melalui website PDSPK di Link login verval pd http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id (Disini).

4. Solusi NISN Tidak Ditemukan

Sahabat operator sekolah, di awal tahun ajaran baru 2016/2017, tugas anda adalah memastikan semua NISN peserta didik di sekolah anda valid dan terdaftar di web kemdikbud PDSPK. Nah biasanya banyak pertanyaan dari rekan-rekan maupun siswa misalnya saja, Mengapa NISN tidak ditemukan? atau Mengapa NISN ganda atau ada 2, bahkan ada yang menanyakan mengapa NISN tidak terdaftar di dapodik. nah solusinya adalah sebagai berikut:

  • Jika NISN tidak ditemukan, mohon hubungi layanan sistem NISN dinomor telepon: 021-57905777, 021-57904804
  • Jika muncul keterangan “No records to display”, silahkan hubungi sekolah setempat untuk dicek lebih lanjut terkait NISN anak tersebut, dan apabila mungkin memang belum ada NISN, maka sekolah akan segera memproses NISN baru tentunya.

Jika membutuhkan anda bisa men-donwload Aplikasi Cetak kartu NISN Siswa

Demikian share Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA, SMK Secara Online dan juga informasi seputar NISN terbaru yang bisa kami sampaikan. Lebih dan kurnag kami mohon maaf. berikutnya baca tentang cara mendapatkan NISN bagi Sekolah di lingkungan Kemdikbud dan Kemenag tahun 2016/2017

Ads By Google

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA, SMK Secara Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.