Contoh Artikel Tema Pendidikan - Info Guru Indonesia

Contoh Artikel Tema Pendidikan

Ads By Google

Ads By Google

Contoh Artikel Tema Pendidikan - Wajib belajar merupakan salah satu program yang gencar digalakkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. sesuai dengan UUD 45 Bab XIII, Pasal 31, ayat (1) Yang menyatakan bahwa: Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. wajib belajar yang dulunya 9 tahun berubah menjadi wajib belajar 12 tahun. mencakup sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas/kejuruan. Sedangkan salah satu syarat untuk mendaftarkan anak ke sekolah dasar adalah cukup umur minimal 6 tahun dan membawa serifikasi/ijazah sekolah TK. hal ini jelas menunjukan bahwa negara Indonesia sangat mengutamakan pendidikan masyarakatnya. yang tentunya untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang akan mewujudkan perbaikan negara Indonesia ysng lebih baik.

Pendidikan anak dimulai semenjak usia anak sedini mungkin. setiap orang tua menginginkan anak yang cerdas dan mampu membanggakan orang tuanya. maka dari itu orang tua bersikeras mencarikan dan memberikan pendidikan terbaik dengan memasukan anak mereka ke sekolah yang terakreditasi dengan jaminan pendidikan yang bermutu. bahkan orangtua tidak segan menambahkan jadwal belajar tambahan khusus diluar jam pelajaran formal di sekolah, misalnya mengikuti bimbingan belajar untuk memperbanyak pengetahuan anak selain yang telah didapatkan selama belajar di sekolah, mengikuti les kemampuan khusus lain seperti les musik, tari, lukis atau bahkan mengikuti cabang klub olahraga tertentu untuk melatih ketangkasan anak seperti karate, sepakabola, basket, volly dan lain-lain.

gambar artikel tema pendidikan

Pendidikan sangatlah penting. kenapa? karena:

- Pembentukan karakter

Sadar atau tidak salah satu wadah pembentuk karakter anak adalah pendidikan baik itu pendidikan formal di sekolah ataupun informal. secara tidak langsung interaksi anak di lingkungan pendidikan akan membentuk kepribadian anak, karena lebih dari 6 jam bahkan ada sebagian anak yang lebih memilih menghabiskan waktu disekolah dengan mengikuti kegiatan diluar jam pelajaran sekolah misalnya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, teman bermain, interaksi guru, kegiatan sekolah dan masyarakat yang ada di sekolah adalah dasar dari pembentuk karakter anak. maka dari itu untuk membentuk karakter anak yang baik juga harus ikut andil dalam penentuan pendidikan anak, lingkungan pendidikan yang baik akan membentuk kepribadian anak juga menjadi baik.

- pengetahuan

Kecerdasan anak dapat dilihat dari seberapa banyak pengetahuan yang anak miliki. sedangkan pengetahuan yang anak miliki bersumber dari pengajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. semakin banyak pengetahuan anak maka akan semakin mudah dalam penyelesaian masalah mereka khususnya permasalahan dalam dunia sekolah. pengetahuan yang dimiliki anak akan membawanya ke tempat dimana pengetahuan itu seharusnya berada. misalnya kecerdasan anak dalam dunia sains (ilmu pengetahuan alam) akan membuat anak dilibatkan dalam kegiatan karya ilmiah, kecerdasan anak dalam perhitungan matematika yang akan membuatnya dilibatkan dalam segala kejuaraan dan olimpiade matematika, atau kepiawaian anak dalam mengekspresikan diri akan membuatnya dilibatkan dalam kegiatan yang bernuansa sastra dan seni.

- jenjang karir

Tidak dapat dipungkiri lagi, sekarang ini sangat sulit sekali mencari lowongan kerja karena semakin semakin tinggi jenjang karir maka semakin tinggi pula syarat jenjang pendidikan seseorang. masayarakat seolah-olah bersaing menggapai jenjang pendidikan tertinggi demi mendapatkan lowongan kerja dengan gaji yang memadai.lapangan pekerjaan yang minim dengan persyaratan kualifikasi yang semakin sulit memaksa masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri salah satunya adalah kualitas pendidikan yang tinggi akan menjadi nilai tambah seorang pelamar pekerja. artinya pendidikan akan menentukan karir seseorang.

- kemajuan negara

Tujuan utama dari program pendidikan yang dibuat pemerintah adalah menciptakan generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas dengan pendidikan yang berkualitas. dengan pendidikan yang berkualitas akan menciptakan generasi-generasi muda yang siap membangun negara Indonesia dari segala aspek kehidupan. banyak kesempatan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan bakat pelajar. salah satunya adalah pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi di sekolah, secara tidak langsung pemerintah mengumpulkan data siswa yang nantinya akan diberikan peluang lebih dalam jenjang karir. perekrutan pegawai negeri yang dilakukan secara transparan dengan berbagai tes adalah salah satu bukti bahwa tujuan program pendidikan adalah membentuk generasi cerdas pengisi jajaran kursi di pemerintahan yang akan merubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

Demikian share Contoh Artikel Tema Pendidikan. Jika anda bertanya apa ide pokok artikel pendidikan diatas? Jawabannya adalah pentingnya pendidikan bagi semua orang. Terima kasih, kalau salah mohon dikoreksi

Ads By Google

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Artikel Tema Pendidikan"

Post a Comment

Powered by Blogger.