Program Kerja Pramuka Penegak, Penggalang 2018/2019

Blog guru-id akan berbagi program kerja kegiatan ekstrakurikuler pramuka penegak dan penggalang khusus SMP, SMA , SMK tahun pelajaran 2018/2019 format doc dan pdf sehingga memudahkan pengeditan.

Sahabat guru-id, sekolah tanpa kegiatan ekstrakurikuler adalah sekolah yang dominan siswanya pasif, mungkin tidak hanya saja kurang pengelolaan yang baik dari guru pembina karena untuk menciptakan suatu kegiatan ekstrakuler diperlukan banyak hal. Para siswa merasa bosan karena tanpa kegiatan lain selain belajar. bahkan setelah bel pulang sekolahpun keadaan sekolah langsung sepi tanpa adanya kegiatan lain. para siswa tidak mempunyai wadah/sarana untuk mengeluarkan bakat/kemampuan lain selain kecerdasan otak mereka. maka dari itu diperlukan beberapa kegiatan ekstrakulikuler diluar kegiatan belajar untuk menghilangkan kebosanan siswa setelah belajar seharian di dalam kelas. selain itu juga kegiatan ekstrakulikuler sekolah akan menciptakan sekolah yang aktif bahkan mampu berprestasi diluar kejuaraan/olimpiade pelajaran. salah satu kegiatan ektrakulikuler yang sering mengadakan perlombaaan hingga tingkat internasional adalah kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Jangan lupa download juga Program Kerja Untuk Kepala Sekolah Lengkap

Dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka terdapat 4 komponen penting yaitu:

  1. Guru pembina kegiatan ekstrakulikuler yang tentunya kompeten dibidangnya, misalnya kegiatan ektrakulikuler pramuka yang harusnya memiliki ijazah/sertifikat kursus pembina pramuka tingkat dasar(KMD).
  2. kader kegiatan yang telah banyak pengetahuan tentang kegiatan ekstrakulikuler karena mereka-mereka ini yang akan membantu guru pembina mempersiapkan kegiatanekstrakulikuler. biasanya direkrut dari tingkatan kelas paling atas.
  3. anggota/peserta dengan semangat yang tinggi dan rasa ingin tahu yang besar terhadap kegiatan ekstrakulikuler.
  4. program kerja yang berisi rencana kegatan dan materi yang jelas dan menarik yang akan diberikan kepada peserta.

Dari keempat hal diatas 3 diantaranya yaitu guru pembina, kader organisasi dan peserta kegiatan ekstrakulikuler pramuka adalah peran-peran yang akan menjalankan rencana yang telah dibuat dalam program kerja kegiatan ekstrakuliker pramuka. program kerja tersebut dibuat atau dirancang oleh guru pembina yang dibantu oleh kader pramuka lainnya. pembuatan program kerja kegiatan ekstrakulikuler pramuka terbilang cukup sulit karena harus memilih materi-materi yang pas yang harus dijelaskan dan dipraktekan secara bertahap antar materi. pembuatan rencana kegiatan yang disesuaikan dengan keadaan dan kesibukan kegiatan lainnya di sekolah. selain itu juga tugas seorang guru pembina bukan hanya bertindak sebagai guru pembina melainkan ada tugas lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai guru mata pelajaran atau sebagai staf administrasi sekolah. karena tugas sebagai guru pembina pramuka hanyalah pekerjaan tambahan diluar jam mengajar/tugas lainnya. akan sangat membingungkan sekali bahkan rumit harus mendahulukan pengerjaan tugas yang sama pentingnya.

Jangan lupa baca juga: 24 Permainan Pramuka yang menyenangkan

Pada posting kali ini blog guru-id akan sedikit membantu para guru pembina pramuka dalam pembuatan program kerja kegiatan ekstrakulikuler pramuka dengan membagikannya melalui blog ini dan bisa di download secara gratis melalui tautan yang kami sematkan dibawah. Sedangkan dalam pembuatan program kerja yang baik dan benar ada beberapa komponen yang harus ada dalam program tersebut

nah berikut urutan penyusunan program kerja pramuka yang baik dan benar.

  • Cover Depan
  • Tim Penyusun
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • BAB 1 Pendahuluan
  • BAB II Program Kerja Gugus Depan
  • BAB III Organisasi
  • BAB IV Penutup

Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka

beberapa contoh program kerja yang admin bagikan disini bisa digunakan untuk pramuka penegak, penggalang, dan siaga dalam bentuk word dokumen sehingga akan lebih mudah mengeditnya.

gambar Program Kerja Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka penggalang, Siaga, Penegak
  • Download Program Kerja pramuka Lengkap Disini
  • Download Administrasi pramuka lengkap DISINI
  • Download Program Bulanan kegiatan pramuka Disini
  • Download Program Latihan Mingguan pramuka Disini
  • Download Proposal Kegiatan Kemah Pramuka Disini

Demikian share Program Kerja Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2019/2020. Semoga bermanfaat khususnya bagi para pembina pramuka. nah berikutnya silahkan download juga program kerja pembina Perpustakaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel