Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP

Blog guru-id akan berbagi sebuah alat bantu berupa Aplikasi untuk Penyusunan EDS RKS ke RKAS Untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah menengah pertama (SMP) Berbasis SPM dan SNP terbaru dari Kemdikbud tahun 2016/2017. Tools ini dikembangkan melalui program PKP-SPM Dikdas bantuan Uni-Eropa Melalui Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengapa Admin berbagi? karena beberapa hari yang lalu pengawas pembina sekolah saya datang dan memberikan tools ini. Beliau juga menjelaskan tata cara penggunaan Aplikasi ini, menurutnya ini merupakan aplikasi terbaru, jadi diharapkan para kepala sekolah menggunakannya dan mengganti versi yang lama. Dengan alasan tersebut, maka admin membahasnya disini. Aplikasi ini sangat mudah dipahami penggunaannya karena berbasis Excel dan akan blog guru-id berikan filenya secara gratis sehingga bisa di download.

gambar Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP


Sahabat edukasi yang berbahagia, Perlu diketahui juga bahwa Tujuan utama Penyusunan dan perumusan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dengan menggunakan tools ini adalah:

a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara berkala (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing berdasarkan hasil analisis evaluasi diri Sekolah/Madrasah.

b) Peserta memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan dengan tingkat capaian yang terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekaligus dapat memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.

c) Peserta memahami beberapa hal yang harus direncanakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara bertahap yang dituangkan dalam RKS/M.

d) Peserta memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).

e) Peserta memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan cara pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M.

f) Peserta (Sekolah/Madrasah/madrasah) dapat menyelesaikan dokumen RKS/M dan RKT sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan dan penggunaan angggaran.

Sedangkan Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M dengan menggunakan tools ini memberikan manfaat sebagai berikut:

a) Sekolah/Madrasah memiliki profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M).

b) Sekolah/Madrasah memiliki laporan EDS/M yang dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus memiliki potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.

c) Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKS/M 4 tahun berdasarkan hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus.

d) Sekolah/Madrasah memiliki rancangan RKAS/M untuk 4 tahun.

e) Sekolah/Madrasah memiliki LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah).

f) Sekolah/Madrasah bisa mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP.

Cara Menggunakan TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

Sebelum menggunakan aplikasi tools alat bantu Penyusuan EDS RKS, RKAS sekolah anda, blog guru-id menyarankan untuk membaca penjelasan mengenai petunjuk teknis penggunaan aplikasi ini.

  • Pertama Download terlebih dahulu APLIKASI TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M DI LINK BERIKUT

    Untuk SD - Klik Disini
    Untuk SMP - Klik Disini
  • Buka aplikasi, berikutnya mengaktifkan security warning, yaitu klik option pilih enable this content. Perhatikan gambar di bawah ini :
  • gambar Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
    gambar Juknis Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
  • jika anda menggunakan Microsoft Office 2010 Klik Setting Macro “ENABLE CONTENT”, berwarna kuning di bagian atas tampilan menu Tools. Kemudian jika muncul tampilan berikut, tutup/close *tanda silang) di bagian pojok kanan atas menu pembuka Tools
  • Berikutnya, Ada 2 input dalam penyusunan dokumen RKS dan RKAS pada tools, yaitu Menu Data dan Informasi, dan Menu EDS/M-RKS/M.
  • Pada menu data dan informasi terdapat 2 input penyusunan, yaitu “Data Sekolah” dan “Integrasi SPM”. Pada menu input Integrasi SPM, Kepala Sekolah bersama Tim Pengembang Sekolah membaca dan memahami serta memikirkan apa langkah-langkah yang harus dilakukan sekolah untuk memenuhi indikator pemenuhan SPM Pendidikan Dasar.
  • Pada input Data Sekolah, Tim Pengembang Sekolah dapat mengisi sesuai dengan data-data seperti yang ada pada gambar di bawah ini:
  • gambar panduan penggunaan Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
    Catatan dan cara pengisian tabel data dasar Sekolah/Madrasah:

    1. Data Sekolah/Madrasah (nama Sekolah/Madrasah, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi diisi sesuai dengan posisi Sekolah/Madrasah)

    2. Jumlah siswa dalam penghitungan BOS Pusat, terdapat 3 pilihan yaitu : - Tidak menerima, jika sekolah tidak menerima dana BOS Pusat karena alasan tertentu

    - Sesuai dengan jumlah siswa, jika jumlah dana BOS Pusat yang diterima sesuai dengan jumlah siswa. Termasuk juga jumlah siswa yang kurang dari 60, tetap menerima sesuai kondisi riil di sekolah.

    - Ditentukan = 60, jika dana BOS Pusat yang diterima sesuai dengan kebijakan BOS Pusat, yaitu bagi sekolah yang jumlah siswanya kurang dari 60, maka dana yang akan diterima adalah sebanyak 60 siswa.

    3. Data sumber dana no 1 s/d 3 diisi penerimaan per siswa pertahun

    4. Data sumber dana no 4 s/d 13 diisi penerimaan asumsi pertahun

    5. Jumlah siswa diisi dengan jumlah siswa faktual, tetapi untuk SD, SDLB SMP, SMPLB SLB, SMP Satu Atap dengan jumlah murid kurang dari 60, akan memperoleh kebijakan khusus dan terhitung secara otomatis total penerimaan dengan asumsi jumlah peserta didik sebanyak 60 peserta didik. Sekolah penerima kebijakan khusus, ditentukan dan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kabupaten/kota.

    6. Nama Kepala Sekolah/Madrasah, Bendahara dan Komite Sekolah/Madrasah disesuaikan dengan kondisi saat ini. 7. NIP diisi NIP yang berlaku saat ini dengan cara mengetikkan NIP sebelum angka. Contoh NIP 19670923 198606 1 004 8. Sumber dana dapat diganti disesuaikan dengan sumber dana yang dikelola oleh satuan pendidikan.
    gambar Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
  • Dalam sheet ini, hanya cell yang berwarna putih dan biru muda yang boleh diisi. Coba perhatikan tampilan gambar di atas, terdapat perbedaan rencana penerimaan Tahun ke-1 sampai dengan Tahun ke-4. Maksudnya dalam proses realisasi rencana anggaran program dan kegiatan Sekolah/Madrasah diasumsikan terdapat kenaikan harga barang dan jasa sebesar 10% setiap tahun dari tahun sebelumnya.
  • Langkah selanjutnya dalam menggunakan tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M, yaitu melakukan analisis kebutuhan sekolah pada menu “Analisis Profil”, di bawah ini adalah penjelasan-penjelasan tentang analisis profil sekolah.
BERSAMBUNG....

Lanjutkan membaca tentang ANALISIS KONDISI SEKOLAH/MADRASAH

DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS PENGGUNAAN Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP.PDF - KLIK DISINI

Demikian share Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP tahun 2016/2017. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel