Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik V.2016 - Info Guru Indonesia

Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik V.2016

Ads By Google

Ads By Google

Sahabat guru-id, Generate prefill dibutuhkan untuk jenis registrasi dapodik Offline, sedangkan bila anda memilih registrasi online tidak perlu men-download prefill. Cara Generate Prefill Dapodik V.2016 sangatlah mudah. Agar berhasil mendapatkan file generate, kuncinya adalah Username, Password dan Kode Registrasi harus benar dalam artian sesuai dengan akun login dapodik anda. Bila dulunya link generate prefill tiap jenjang berbeda, pada versi aplikasi 2016 ini sekolah bisa menggunakan link generate prefill dapodikdas dan dapodikmen sehingga tidak perlu repot-repot lagi berganti link. Walaupun dibilang mudah, namun masih ada rekan-rekan ops yang bingung mengenai cara generate prefill ini. nah untuk mempermudah anda, maka akan admin bagikan langkah-langkahnya melalui postingan


Berikut ini beberapa ketentuan terkait Generate Ulang Prefill:

  1. Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline.
  2. Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.
  3. Masukkan username, password yang lama dan kode registrasi sesuai di aplikasi Dapodik, Jika lupa username/password silakan hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.
  4. Untuk sekolah baru, hubungi admin dinas kabupaten/kota (KKDATADIK) untuk mengaktivasikan username dan password.
  5. Saat registrasi di aplikasi, isi username dan password sesuai pada saat unduh prefill.
  6. Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus online/terhubung internet.
  7. Dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) dapat membantu melakukan generate prefill sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  8. Jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
  9. Kode registrasi, username dan password dapat di-reset oleh admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) jika diperlukan (terjadi pergantian operator).
Cara Generate/Download Prefill Dapodik Versi 2016
  • Menuju link generate prefill Di alamat web berikut: http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dikdasmen/generate_prefill.php - atau klik disini
  • Pilih Jenjang, ketikkan Username, password dan Kode registrasi dapodik terbaru yang tidak kadaluarsa
  • gambar cara generate prefill dapodik V.2016
  • berikutnya Setelah proses generate prefill selesai, selanjutnya akan tampil jendela seperti pada gambar.
  • Klik teks “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.
  • gambar Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik V.2016

Apabila pada saat generate prefill gagal dengan permasalahan USername atau Password salah, solusinya segera hubungi admin dapodik Kabupaten/kota.

Demikian share Cara Generate dan download Prefill Aplikasi Dapodik V.2016 dari blog guru-id. Semoga bermanfaat dan mempermudah rekan-rekan OPS. Berikutnya silahkan baca cara mengatur tanggal dan waktu di komputer untuk menyesuaikan sikronisasi data dapodik

Ads By Google

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik V.2016"

Post a Comment

Powered by Blogger.